Perancangan UI/UX Aplikasi Belajar Bahasa Arab Berbasis Mobile App

  • Hanif Hanif Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Irving Vitra Paputungan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Hendrik Hendrik Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Keywords: nahwu sharaf, ui/ux, wireframe

Abstract

Bahasa arab umumnya sangat sulit dimengerti, karena banyak sekali sub keilmuan dari Bahasa arab yang sangat banyak. Selain itu sangat sulit sekali untuk mempelajari Bahasa arab. Di era digital seperti saat ini, banyak sekali beberapa orang sulit dalam menerapkan dan mempelajari bahasa,termasuk juga bahasa arab. Salah satu upaya untuk membantu nahwu sharaf dalam Bahasa Arab maka perlunya bantuan teknologi. Untuk mengenai gramatikal kebahasaan dari bahasa Arab. Diperlukannya beberapa pemahaman dalam menghafal kosa katanya karena seperti Bahasa inggris pada umumnya ada vocabollary ,tenses dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukannya teknologi dengan tujuan memepermudah pembelajaran Bahasa termasuk bahasa arab itu sendiri

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).

Elmuna, E. A. F. (2021). Pemodelan UI/UX aplikasi belajar nahwu sharaf berbasis mobile app menggunakan Metode User Centered Design. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fauziah, S., Rembulan, I., & Ambarwati, M. N. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Studi Arab Di Universitas Al Azhar Indonesia Dan Solusinya. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 579–592.

Gayonita, I. R. (2022). Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Pesantren Modern Az-Zahrah Bireun. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Habibah, N. (2016). Lingkungan artifisial dalam pembelajaran bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(2), 173–196.

Kusnan, K. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Pondok Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Banyumas). Jurnal Kependidikan, 5(1), 103–114.

Mahyudin, R., Alwis, N., & Sri, W. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–12.

Putri, W. N., & Billah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berwawasan Sains Berbasis Mobile Android. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 163–179.

Rambe, P. (2019). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(1), 55–64.

Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(2), 167–180.

Setyawan, C. E. (2015). Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab Menggunakan Metode Induktif Berbasis Istilah-Istilah Linguistik. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 4(2).

Syakur, N. (2010). Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia.

Widodo, A., Abidah, Z., Fahmi, N., & Chebaiki, H. (2021). Development of Arabic Learning Design Based on Higher Order Thinking Skill With Discovery Learning Model/Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skill Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X SMKM 8 Paciran. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 27–44.
Published
2022-11-25