Analisis Faktor Anteseden yang Mempengaruhi Niat Berperilaku Berbelanja Online

  • Ariya Tetuka Puspayuda Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Perilaku Konsumen, Faktor anteseden, Perdagangan elektronik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara faktor-faktor anteseden seperti pengorbanan, nilai layanan online, kualitas layanan online, dan kepuasan layanan online terhadap perilaku pada layanan toko online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini dirancang dengan memberikan kuesioner kepada 270 responden. Interpretasi sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Unit sampel penelitian ini adalah individu di Indonesia yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pembelian barang di toko online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa niat perilaku pada toko online dapat dijelaskan oleh variabel pengorbanan, nilai layanan online, kualitas layanan online dan kepuasan layanan online. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen toko online dapat dijelaskan dengan model yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R., & Natalia, T. S. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA BATURAJA. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 75–84.

APJII, P. (2014). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Chang, H. H., Yang, W.-Y., & Wang, Y.-H. (2009). The impact of e-service quality, customer satisfaction and loyalty on e-marketing: Moderating effect of perceived Quality. Quality Control and Applied Statistics, 54(5), 529–531.

Hackman, D., Gundergan, S. P., Wang, P., & Daniel, K. (2006). A service perspective on modelling intentions of on‐line purchasing. Journal of Services Marketing.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis (Vol. 6).

Krisanty Sunardi, S., & Sriwardiningsih, S. E. (2013). Analisis Pengaruh Service Encounter Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Behavioral Intention Pada Pt Lamuda Tenka (Groupon Disdus). BINUS.

Kusuma, A. W., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2021). Relevansi Strategi Pertahanan Laut Berdasarkan Doktrin Jalesveva Jayamahe Terhadap Globalisasi Dan Perkembangan Lingkungan Strategis. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 6(1).

Mizan, A. (2020). Perilaku konsumtif mahasiswa fisip universitas airlangga dalam membeli produk fashion melalui online shop. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36–53.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). ES-QUAL: A multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.

Rosmina, R., Sarkum, S., & Syahputra, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Kualitas Layanan Dan Environment Dengan Persepsi Harga Terhadap Word Of Mouth Dan Revisit Intention. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1359–1374.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

SIMORANGKIR, T. (2022). PENGARUH ULASAN KONSUMEN ONLINE, KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI.

Yassir, M., & Akram, H. (2022). Paikem’s Approach to See Student Responses on Food Biotechnology Materials at SMP Negeri 3 Bambel. Journal of Business Social and Technology (Bustechno), 3(1), 26–33.

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.
Published
2022-11-25