Tinjauan Fenomenologi Heideggerian Tentang Prapemahaman Pemilik Usaha Etnis Tionghoa Dalam Dunia Bisnis

  • Ban Jung Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Hendrawan Supratikno Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Fransisco Budi Hardiman Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Rudy Pramono Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Keywords: prapemahaman, fenomenologi, hermeneutika, martin heidegger

Abstract

Perkembangan ilmu manajemen dan bisnis sangat cepat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang turut mengubah cara manusia menjalani kehidupannya. Namun, perubahan yang terjadi jangan sampai meminggirkan begitu saja nilai-nilai kehidupan yang kita yakini. Sudah saatnya teori manajemen dikonstruksikan dan dikembangkan selaras dengan cara hidup manusia di dalam lingkungan dan budayanya. Untuk itu, penelitian mencoba mengeksplorasi manajemen dan bisnis lewat interaksi kompleks antara dunia kehidupan dan praktik-praktik usaha yang dimiliki secara langsung oleh kelompok etnis Tionghoa di Jakarta. Duduk perkaranya akan sesak jika kita mencoba untuk memahami kesuksesan mereka dalam berbisnis hanya dengan mengandalkan narasi teknis dalam sistem manajemen dengan metodologi yang ketat. Cara mereka menjalani kehidupan dan mengartikulasinya dalam bisnis hampir seragam. Oleh karena itu, penelitian mengambil lintasan lain, yaitu dengan masuk ke persoalan filosofis tentang manusia yang berciri antropologis, ontologis dan epistemologis. Tujuannya adalah untuk memperkaya wawasan kita terkait ilmu manajemen dan binis yang berbasis pada praktik-praktik hidup pemilik usaha dari etnis tertentu di negara kita. Untuk menjawab duduk perkara dan tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi fenomenologi hermeneutika Martin Heidegger dan konsep prapemahaman. Hasilnya diharapkan dapat menyeimbangkan ketimpangan pemahaman kita terkait teori manajemen yang umumnya didominasi oleh penelitian di dunia barat ke dalam praktik-praktik kearifan lokal masyarakat kita

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. N. (2021). Susila Wartawan Muslim. UGM PRESS.

Che Hasan, M. K., Azman, M. S., Sidek Ahmad, Z. N. Bin, Che Jamaludin, F. I., & Hasymi Firdaus, M. K. Z. (2020). Assessing carpal tunnel syndrome among administrative staff of a higher learning institution: A preliminary study. Belitung Nursing Journal, 6(6), 209–213. https://doi.org/10.33546/BNJ.1191

Duha, T. (2018). Perilaku organisasi. Deepublish.

Faruq, M. A., & Usman, I. (2014). Penyusunan strategi bisnis dan strategi operasi usaha kecil dan menengah pada perusahaan konveksi scissors di surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 7(3), 173–198.

FoEh, J. E. H. J. (2020). Perencanaan Bisnis (Business Plan): Aplikasi Dalam Bidang Sumberdaya Alam. Deepublish.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Indriyani, S. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada aksara lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Kamaluddin, I. H. A., & Patta Rapanna, S. E. (2017). Administrasi Bisnis (Vol. 1). Sah Media.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). METODOLOGI PENELITIAN Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. KBM Indonesia.

Sule, E. T., & Saeful, K. (2019). Pengantar manajemen. Prenada Media.

Sumantri, P. E., & Susanto, I. (2020). Analisis Kompensasi Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada Usaha Kecil Di Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 132–140.

Sunarta, S., & Yusuf, B. P. (2018). Gaya Kepemimpinan Wanita pada Usaha Kecil Menengah di Tangerang Selatan. Agregat, 2(1), 1–19.

Wahjono, S. I. (2011). Suksesi Internal Bisnis Keluarga Untuk Penguatan Ekonomi Nasional Menghadapi Persaingan Bebas Afta-China. National Conference on Perkembangan Bisnis & Industri Indonesia, Kesiapan Dalam Menghadapi Persaingan Bebas AFTA-China, Jurusan Ilmu Ekonomi, FBE, Universitas Surabaya Dan Forum Dosen Ekonomi ISEI Jawa Timur, 11, 16–35.

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published
2023-05-19