Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Aloysia Diana Sedik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Keywords: Pendidikan, media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan pengaruh media e-learning dan media cetak terhadap hasil belajar siswa kelas X. 2) mengetahui perbedaan pengaruh gaya belajar visual dan auditori terhadap hasil belajar siswa kelas X. 3) mengetahui adanya pengaruh interaksi antara media pembelajaran e-learning vs cetak dan gaya belajar (visual dan auditori) terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian di lakukan pada dua sekolah yaitu di SMA Katolik Stella Maris Surabaya dan SMA Katolik Mater Dei Probolinggo dengan sampel 72 siswa. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen atau kuantitatif dengan instrumen penelitian tes dan angket. Dengan metode analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dan untuk menganalisisnya menggunakan aplikasi penghitungan data statistik SPSS versi 24. Diperoleh hasil perhitungan bahwa media e-learning dalam penelitian ini terbukti berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Katolik Stella Maris Surabaya dan SMA Katolik Mater Dei Probolinggo berdasarkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding media cetak. Siswa dengan gaya belajar auiditori memberi kesan dalam memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar visual. Oleh karena itu pada penerapan dalam proses pembelajaran diharapakan guru tetap memperhatikan karakteristik siswa dalam menangkap materi yang diberi, sehingga baik siswa dengan gaya belajar siswa auditori, visual serta kinestetik memperoleh hasil yang sama-sama memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawi, R. (n.d.). Pembelajaran Berbasis E-Learning. pp. https://media.neliti.com/media/publications/79553-ID-pembelajaran-berbasis-e-learning.pdf.

Burhanuddin, A. (2014, September 5). Masalah Belajar dan Solusinya. From https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/19/masalah-belajar-dan-solusinya/

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: https://books.google.co.id/books?isbn=6024019394.

Hani, Z. I. (2015, Agustus 15). Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Multimedia dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran TIK Standart Kompetensi Penggunaan Internet Pada Siswa Kelas XI. p. 25.

Hariyanto. (2011, July 12). From Belajar Psikologi.com: http://belajarpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran/

Ismail, F. (2018). Satatistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: https://books.google.co.id/books?isbn=6024222092.

Kasmadi, N. S. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta Bandung.

Kemdikbud. (2017). Sekolah Kita. Retrieved Desember 04, 2018 from http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/E53367C5-4006-45DD-AB4B-AA2770FF4017

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. MalanAg: Gunung Samudera.

Leksono, I. P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: unipress.

Liriwati, F. Y. (2018). Keberadaan Ekonomi Masyarakat Asean dan Mendorong Sinegritas Kontribusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Menuju Generasi Indonesia Emas. Indragiri Journal, 32-33.

Published
2023-05-22