Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Semarang)

  • Fredericho Mego Sundoro Universitas Semarang, Semarang, Indonesia
  • Yohanes Suhardjo Universitas Semarang, Semarang, Indonesia
  • Umi Khoirun Nisa Universitas Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: Kepuasan, Kepercayaan, Persepsi Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan, kepercayaan, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan Shopee pada mahasiswa S1 Manajemen Universitas Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee pada mahasiswa S1 Manajemen Universitas Semarang yang pernah belanja di aplikasi Shopee. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 100.

Careers shopee.co.id. (2015, Mei 7). Shopee adalah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Dipetik Mei 7, 2022, dari Shopee Karier: https://careers.shopee.co.id/about

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 19.

Dianka, A. A. (2021, September 6). Performa e-Commerce: Shopee, Si Paling Laris Tahun Ini. (A. Zuhri, Editor) Dipetik Mei 8, 2022, dari TrenAsia: https://www.trenasia.com/performa-e-commerce-shopee-si-paling-laris-tahun-ini

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Lidwina, A. (2021, Juni 4). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. (D. J. Bayu, Editor) Dipetik Mei 4, 2022, dari databoks.katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Lusiah, Noviantoro, D., & Akbar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 214.

Mastono, S. S. (2017). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Eputusan Pembelian Online Di Lazada.Co.Id Pada Mahasiswa Stie Pelita Indonesia. Procuratio, 84.

Putra, M. S., & Aminah, S. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 278.

Rifa’i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. EKSIS, 72.

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang Pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 429.

Siregar,N.A. (2019).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di Toko Abang-Adik. Jurnal Benefita, 367.

Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. Journal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5.

Sundoro, F.M., & Suhardjo, Y. (2021). Pengaruh Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Mediasi(Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi (SOLUSI), 19.
Published
2022-11-25