Evalusi Program Pelatihan Internet Of Things Dengan Model CIPP di BLK Sambas

  • Utari Hesti Lestari Magister FKIP Universitas Tanjungpura
  • Indri Astuti Magister FKIP Universitas Tanjungpura
Keywords: Internet Of Things, Model CIPP, BLK Sambas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program pelatihan Internet of Things (IoT) dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Balai Latihan Kerja (BLK) Sambas. IoT menjadi topik yang semakin penting dalam era digital, dan pelatihan IoT di BLK Sambas dianggap sebagai langkah yang tepat untuk mempersiapkan peserta pelatihan dalam menghadapi tantangan teknologi masa depan. Metode evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang terdiri dari empat elemen utama, yaitu konteks, input, proses, dan produk. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara dengan peserta pelatihan dan instruktur, serta analisis dokumen terkait pelatihan IoT di BLK Sambas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program pelatihan IoT di BLK Sambas memiliki konteks yang relevan dengan kebutuhan peserta pelatihan dan potensi pasar kerja di bidang IoT. Input program, seperti kurikulum pelatihan, materi pelatihan, dan fasilitas, juga dinilai memadai dalam mendukung tujuan pelatihan. Proses pelatihan yang dilakukan di BLK Sambas mencakup kombinasi antara teori dan praktek, dengan menggunakan alat dan perangkat IoT yang relevan. Instruktur pelatihan dianggap berkualitas dan mampu memberikan bimbingan yang baik kepada peserta pelatihan. Produk dari program pelatihan IoT diukur melalui penilaian kemampuan peserta pelatihan dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Nur Sutikno. 2020. “Bonus Demografi Di Indonesia.” VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 12(2):421–39. doi: 10.54783/jv.v12i2.285.
Arni, Irada Haira, Gunawan Gunawan, Bunga Fatwa, and Ilham Sentoso. 2021. “Kegunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Pendidikan Inklusi.” Masaliq 1(3):164–75. doi: 10.58578/masaliq.v1i3.60.
B., Nurpilihan. A., Irfan. 2020. Smart Farming Berbasis Internet Of Things Dalam Greenhouse. I. edited by Tomy Perdana. Bandung: Unpad Press.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas. 2022. “Berita Resmi Statistik.” Berita Resmi Statistik 03/01/6101(I).
BPS Kabupaten Sambas. 2023. “Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Sambas Agustus 2022.” Berita Resmi Statistik 03/01/6101(II):1–7.
Bupati Sambas. 2018. “Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2018.” 1–19.
Daniel L. Stufflebeam, Chris L. S. Coryn. 2014. Evaluation Theory, Models, and Applications,. 2nd Editio.
Endrizal, Endrizal. 2021. “Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1):17. doi: 10.23887/jipp.v5i1.30786.
Hasanah, S. N. A., L. Purwito, and M. Ishaq. 2018. “Prosedur Mobile Training Unit Bordir UPT Pelatihan Kerja Pasuruan Di Desa Wonokoyo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.” Jurnal Pendidikan Nonformal 12(2):92–101. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i2p92-101.
Kabupaten Sambas, Pemerintah Daerah. 2022. “Program Unggulan.” Website Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Retrieved May 23, 2023 (https://sambas.go.id/program-unggulan#).
Karim, Abdul, Mhd Bobbi, Kurniawan Nasution, and Sudi Suryadi. 2022. “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat.” Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum 3(2):115–19. doi: 10.47065/jrespro.v3i2.2759.
Maryati, Sri, Hefrizal Handra, and Irwan Muslim. 2021. “Penyerapan Tenaga Kerja Dan Pertumbuhan Ekonomi Menuju Era Bonus Demografi Di Sumatra Barat Labor Absorption and Economic Growth Towards the Demographic Bonus Era in West Sumatra.” Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia 21(Januari):95–107. doi: 10.21002/jepi.2021.07.
Menteri Ketenagakerjaan. 2017. Permen Naker Nomor 8 Tahun 2017. JDIH Kemnaker.go.id.
Mudjiyanto, Bambang. 2018. “Metode Penelitian Evaluasi Komunikasi Research Method on Communication Evaluation.” Promedia (1):76–102.
Mufid, Muhammad. 2020. “Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an Di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.” Quality 8(1):1. doi: 10.21043/quality.v8i1.6908.
Mukhlisin, Lucky, Dwi Siska Martiana, M. Dida Armandio, Wiwin Herwina, and Universitas Siliwangi. 2023. “PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) PADA PROGRAM PELATIHAN BALAI LATIHAN KERJA KOMUNITAS (BLKK) AMANAH KOTA TASIKMALAYA.” Cermin : Jurnal Penelitian 7(1):11–21. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i1.2802 .
N.,Riyadi, Azhar. 2023. “Analisis Faktor Kendala Dalam Pelaksanaan Contact Tracing COVID-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Poncol.” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia 6(4):614–20. doi: https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3154.
Novitasari, Nindi, and R. Anggia Listyaningrum. 2022. “Proses Pembelajaran Andragogis Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di Lembaga Kursus Menjahit.” Jurnal Pendidikan Nonformal 17(2):86–96. doi: 10.17977/um041vxxixx2021p86-96.
Rahmawati, Eli, Hardika Hardika, and Sopingi Sopingi. 2017. “Tanggapan Peserta Pelatihan Tentang Pelaksanaan Pelatihan Information Technology Dasar.” Jurnal Pendidikan Nonformal 10(2):123–38.
Raza, Erwin, La Ode Sabaruddin, and Aziza Leila Komala. 2020. “Manfaat Dan Dampak Digitalisasi Logistik Di Era Industri 4.0.” Jurnal Logistik Indonesia 4(1):49–63. doi: 10.31334/logistik.v4i1.873.
Ritonga, Ramayana, Asep Saepudin, and Uyu Wahyudin. 2019. “Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (Bbpp) Lembang.” Jurnal Pendidikan Nonformal 14(1):12. doi: 10.17977/um041v14i1p12-21.
Riyanda, Riko, Atanasius Dula, and Perencanaan Pembangunan. 2020. “Kompetensi Tenaga Kerja Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat XIV(02):83–93.
Seda, Bala dkk. 2018. Undang-Undang Ketenagakerjaan + Perpres Penggunaan Tenaga Kerja Asing. MediaPressindo.
Suharsimi, Arikunto. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. III. edited by Restu Damayanti. Jakarta: Bumi Aksara.
Sungkar, Muchamad Sobri, Teknik Elektronika, Politeknik Harapan, and Bersama Tegal. 2020. “Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet of Things.” Jurnal Politeknik Harapan Bersama Tegal 9(2):1–3.
Suryadin, Asyraf dkk. 2022. Evaluasi Program Model CIPP (Context,Input,Process, and Product) Antara Teori Dan Praktiknya. I. edited by Alviana C. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Wahyuni, Retno Tri, Muhammad Hafiz, and Elva Susianti. 2023. “Sistem Pengumpul Data Parameter Kondisi Pohon Sawit Berbasis Internet Of Thing ( IoT ) Oil Palm Condition Parameter Data Collection System Based Internet Of Thing ( IoT ).” Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ) 4(1):56–63.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. 2019. “Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan 20(1):82–90.
Published
2022-11-20