Evaluasi Kapasitas Drainase Untuk Penanggulangan Banjir di Jalan Kolonel Sulaiman Amin Dengan Pemodelan EPA SWMM

  • Ade Tricia Miranda Program Magister Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya
  • Taufik Ari Gunawan Doktor, Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya
  • Imroatul Chalimah Juliana Doktor, Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya
Keywords: Kapasitas Drainase, Banjir, kapasitas

Abstract

Di Sub DAS Lambidaro, tepatnya di Jalan Kolonel Sulaiman Amin masalah banjir terus terjadi terutama saat hujan. Terjadinya banjir di sekitar saluran di sepanjang drainase jalan Kolonel Sulaiman Amin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kapasitas tampung yang tidak mampu mengendalikan debit banjir secara maksimal sehingga air tidak mampu melimpas ke saluran dan akhirnya menyebabkannya banjir di daerah sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kapasitas drainase masih mampu mengalirkan air limpasan permukaan atau tidak dan untuk menentukan berapa dimensi yang pas untuk mengatasi banjir yang terjadi pada Jalan Kolonel Sulaiman Amin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Dita. 2016. “Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Untuk Mengatasi Genangan Pada Catchment Area Saluran Yang Dilayani Rumah Pompa Boezem Kedurus Rayon Wiyung Surabaya.”

Apriyanza, Hendy, Khairul Amri, and Gusta Gunawan. 2018. “Analisis Kemampuan Saluran Drainase Terhadap Genangan Banjir Di Jalan Gunung Bungkuk Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Aplikasi Epa Swmm 5.1.” Inersia: Jurnal Teknik Sipil 10(2): 41–51.

DPUPR Kota Palembang. 2021. “Data Genangan Di Kota Palembang.” : 1.

Faizal, Rahmat, Noerman Adi Prasetya, Zikri Alstony, and Aditya Rahman. 2019. “Evaluasi Sistem Drainase Menggunakan Storm Water Management Model (SWMM) Dalam Mencegah Genangan Air Di Kota Tarakan.” Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil 3(2): 143–54.

Fransiska, Yolla. 2020. “Simulasi Dengan Program EPA SWMM Versi 5.1 Untuk Mengendalikan Banjir Pada Jaringan Drainase Kawasan Jati.” 5(April): 38–48.

Lubbers, Jaclynn, and Carol Rossman. 2016. “The Effects of Pediatric Community Simulation Experience on the Self-Confidence and Satisfaction of Baccalaureate Nursing Students: A Quasi-Experimental Study.” Nurse Education Today 39: 93–98.

Nahrisa, Andi, Nurhikmah Alam, Basyar Bustan, and Hasdaryatmin Djufri. 2021. “Analisis Kapasitas Drainase Sinrijala Terhadap Operasi Dan Pemeliharaan.” Journal Of Applied Civil and Environmental Engineering 1(1): 43.

Nuray, Wulan Jati, and Aceng Komarudin Mutaqin. 2021. “Uji Kecocokan Distribusi Rayleigh Bivariat Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov Bivariat Pada Data Hasil Pertandingan Persib Bandung.” In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, , 517–22.

Nursila, Noneng. 2021. “Analisis Saluran Drainase Lingkungan Di Kawasan Permukiman Kumuh (Studi Kasus Kelurahan Tipar Kota Sukabumi).” Jurnal Student Teknik Sipil 3(1): 260–72.

Pramono, Alexander Nugi, and Prasetyo Tri Saputro. 2020. “Efektivitas Kolam Retensi Terhadap Pengendalian Banjir.” G-SMART 4(2): 94–107.

Sadewa, Titon, and Sutoyo. 2018. “Kajian Sistem Drainase Di Daerah Jalan Pemuda , Kota Bogor.” 03(03): 111–20.
Published
2022-11-20