Pemberdayaan Ekonomi, Kemampuan Wirausaha dan Antisipasi Resiko Ketidakpastian Pendapatan Peternak Ayam Kampung Super Pasca Pandemi Covid-19

  • Rosida P. Adam Department of Development Study, Faculty of Economy, University of Tadulako, Indonesia
  • Suardi Mahmud Lahay Faculty of Management Economics, Tadulako University, Palu, Central Sulawesi
  • Erwan Satrawan Faris Faculty of Management Economics, Tadulako University, Palu, Central Sulawesi
  • Sri Sarjuni Faculty of Faculty of Fisheries and Animal Husbandry, Tadulako University, Palu, Central Sulawesi
Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Kemampuan Kewirausahaan, Pendapatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model strategi pemberdayaan ekonomi, kemampuan wirausaha peternak ayam kampung super dan antisipasi resiko ketidakpastian pendapatan masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunkan metode penelitian terepan (tindakan), dengan metode uji coba (eksperimen) pada skala usaha dengan populasi sebanyak 300 ekor bibit ayam kampung super. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemberdayaan ekonomi masyarakat masuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,61, kemampuan wirausaha kategori mampu dengan nilai rata-rata 3,81, dan kemampuan manajemen pemeliharaan masuk kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,63. Selanjutnya, pendapatan usaha peternakan ayam kampung super system intensif Pasca Pandemi Covid sebesar Rp.5.932.550.- atau nilai Rasio perbandingan nilai Revenu per Cost (R/C) > 1,54, dan disimpulkan usaha peternakan ayam kampung super dengan system intensif pasca Covis-19 layak untuk diusahakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M. (2022). Pemberdayaan Peternak Ayam Kampung Sebagai Sumber Pendapatan di Era New Normal Covid-19 di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. 4(3), 195–202. https://doi.org/10.33387/.V4I3.2393

Amran, F. D., & Husain, T. K. (2022). Peningkatan Kapasitas Bisnis pada Kelompok Peternak Ayam KUB Bumdes Cisadane. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.37478/MAHAJANA.V3I1.1554

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20. https://doi.org/10.17977/UM041V16I1P12-20

Atmaja, R., Arif, R., Atikah, R., Menengah Kejuruan Pekerja Sosial SMK, S., & Utara, S. (2022). Life Skill Sebagai Langkah Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi. Journal of Millennial Community, 3(2), 94–106. https://doi.org/10.24114/JMIC.V3I2.32344

Bidullah, T. (2022). Analisis Pengaruh Pajak terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Tojo Una-Una. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 134–138.

Dapice, D. O., Roman, M., Roman, M., Memon, P. A., Ramzan Kalhoro, M., Tariq, K., Sindhu, P., & Shaikh, S. (2022). Socio-Economic Impact of the Interest-Free Community Investment Fund: A Case Study of Rural Sindh, Pakistan. Economies 2022, Vol. 10, Page 18, 10(1), 18. https://doi.org/10.3390/ECONOMIES10010018

FATMA, F. (2022). Analisis Pemasaran dan Pendapatan Budidaya Ayamkub di Kabupaten Lombok Barat.

Inusah, J., Yakubu, G., & Chima Onuoha, B. (2022). Entrepreneurial Personality and Performance lof Small and Medium Enterprises in Rivers State. African Journal of Business and Economic Development |, 2(1), 2782–7658.

Islam, M. A., Khan, M. A., Zafar, A., Obaidullah, M., Alam, S. N., Candidate, P., & Syed Alam, M. (2011). Effect of Entrepreneur and Firm Characteristics on the Business Success of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bangladesh HUMAN RESOURCES MANAGEMENT View project Corporate Social Responsibility View project Effect of Entrepreneur and Firm Characteristics on the Business Success of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bangladesh. Article in International Journal of Business and Management, 6(3). https://doi.org/10.5539/ijbm.v6n3p289

Ismail, I. J. (2022). Entrepreneurial Start-up Motivations and Growth of Small and Medium Enterprises in Tanzania: The Role of Entrepreneur’s Personality Traits: https://Doi.Org/10.1177/23197145211068599.

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal cafetaria, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.51742/AKUNTANSI.V3I1.492

Lenshie, N. E., Joshua, M. M., & Ezeibe, C. (2021). COVID-19 pandemic and informal women workers in peri-urban communities in Nigeria. https://Doi.Org/10.1080/13549839.2021.1923001, 26(6), 754–769.

Lisnahan, C. V., Dethan, A. A., & Bani, P. W. (2021). Budidaya Ayam Kampung Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga Sion Kefamenanu NTT. Bakti Cendana, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.32938/BC.4.1.2021.1-12

Luthfiana, A. (2022). Community Empowerment Strategy of Creative Economy Based on Local Potential Development. Prosiding Seminar, 84–93. https://doi.org/10.32503/PROSIDINGSEMINAR.V0I0.50

Maulina, E., Kostini, N., Purnomo, M., & Febrian, A. F. (2021). The role of women’s entrepreneurial orientation to access external financial supports: Empirical evidence from the small and medium enterprises (SMEs) in Indonesia using PLS-SEM. International Journal of Trade and Global Markets, 14(2), 143–153. https://doi.org/10.1504/IJTGM.2021.114064

Nasution, L., Nurul, R., Peluang, S., Bank, U., Dalam, S., Pendapatan, P., Di, M., Covid, M., & Ichsan, R. N. (2021). Sosialisasi Peluang Usaha Bank Sampah Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Masa Covid 19. PKM Maju UDA, 1(3), 107–112. https://doi.org/10.46930/PKMMAJUUDA.V1I3.882

Nwankwo, C., & Kanyangale, M. (n.d.). Entrepreneurial-marketing-and-a-new-integrative-model-an-evaluation-of-the-survival-of How is micro insurance distributed in Swaziland? Evidence from Senior Managers View project Drug Distribution View project.

Padil, M., Miftahusyai, M., & Puji Mulyoto, G. (2021). Pendampingan Pemasaran Digital Hasil Usaha Badan Usaha Milik Desa “Selo Angon Makmur” dalam Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 250–267. https://doi.org/10.29062/ENGAGEMENT.V5I1.511

Rasyid, A., & Nasution, B. (2022). Effects of corporate social responsibility communications on community empowerment in Pekanbaru. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 12–23. https://doi.org/10.21744/LINGCURE.V6NS3.1900

Sayuti, R. H., Siti, D., & Hidayati, A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 133–150. https://doi.org/10.29303/RESIPROKAL.V2I2.46

Supeni, R. E., Yuliantin, A., & Wijayantini, D. B. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Sebagai Upaya Kesejahteraan Masyarakat di Era Pandemi Covid 2019. National Multidisciplinary Sciences , 1(1), 11–19. https://doi.org/10.32528/NMS.V1I1.4

Syaifudin, M. Y., & Ma’ruf, M. F. (2022). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata (studi di Desa Jurug Kabupaten Ponorogo). Publika, 365–380. https://doi.org/10.26740/PUBLIKA.V10N2.P365-380

Yeon, G., Hong, P. C., Elangovan, N., & Divakar, G. M. (2022). Implementing strategic responses in the COVID-19 market crisis: a study of small and medium enterprises (SMEs) in India. Journal of Indian Business Research. https://doi.org/10.1108/JIBR-04-2021-0137/FULL/XML
Published
2022-11-20