Analisis Digital Leadership dan Transformasi Digital dalam Peningkatan Pelayanan Publik

  • Ade Setiadi Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Digital Leadership, Transformasi Digital, Pelayanan Publik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana peran kepemimpinan digital (digital leadership) dalam mewujudkan transformasi digital pada sektor pemerintahan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode literature review. Studi ini dilakukanan untuk meneliti peran kempimpinan digital di sektor pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital. Data dikumpulkan melalui literatur sebelumnya yang berasal dari studi sebelumnya, jurnal, dan buku yang berkaitan dengan masalah penelitian. Setelah melakukan eksplorasi dari beragam literatur, data, dokumen dan pembahasan dalam Focus Group Discusion, implementasi digital leadership memberikan kekuatan pada kebijakan pimpinan dalam mengatur pemanfaatan teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan secara kolaboratif dan dengan komunikasi yang efektif antara pimpinan dan anggotanya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hambatan-hambatan dan kendala yang ditemui dalam pelayanan perlu segera diatasi dengan pengembangan program transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Karena perkembangan teknologi digital sangat cepat, perlu diantisipasi dalam mengembangan kapasitas kompetensi digital bagi para coordinator dan anggota secara terprogram, terencana, dan terukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyarini, Farida Dwi. (2021a). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47–60.

Evita, Nona, & Mukhaer, Afkar Aristoteles. (2022). Evaluasi Komunikasi dan Literasi Digital Warga Jakarta dalam Implementasi Society 5.0. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 172–186.

Hadi, Krishno, Asworo, Listiana, & Taqwa, Iradhad. (2020). Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government and Civil Society, 4(1), 115–129.

Huriyah, Lilik. (2016). Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Peningkatan Mutu Layanan Publik UIN Sunan Ampel Surabaya. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 303–332.

INDRIYANI, Lusi. (n.d.). Sistem Penyimpanan Dokumen Pertanggungjawaban Kesatkeran (SIDOKAR) di Direktorat PPHN: Laporan Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik.

Islah, Khikmatul. (2018). Peluang dan tantangan pemanfaatan teknologi big data untuk mengintegrasikan pelayanan publik pemerintah. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 5(2), 130–138.

Karso, A. Junaedi. (2022a). Perencanaan Strategik dalam Menyiapkan Sumber Daya Aparatur Pemerintahan Daerah yang Profesional dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Digital 4.0.

Karso, A. Junaedi. (2022b). Perencanaan Strategik dalam Menyiapkan Sumber Daya Aparatur Pemerintahan Daerah yang Profesional dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Digital 4.0.

Katharina, Riris. (2021). Pelayanan publik & pemerintahan digital Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Khan, Ayub. (2021a). Optimalisasi Pelayanan Publik Bagi Pemimpin di Era Digitalisasi di Provinsi Riau. Jurnal Niara, 14(2), 9–14.

Kolopita, Debby. (2022). Implementasi Evaluasi Pasca Pelatihan Pada Balai Diklat Keagamaan Manado. Transformasi, 4(2), 251–269.

Mukhlisah, Fauziah. (2021). Pelatihan Kepemimpinan Smart Governance: Adaptasi Era VUCA. Jurnal Analis Kebijakan, 5(2), 166–185.

Ningtyas, Trimurti. (2017). New Public Service: Pelayanan Publik Berbasis Humanistik untuk Kesuksesan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 1(1).

Pariq, Said. (2021). Penguatan Peran Widyaiswara Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Konsep Smart ASN 4.0. Prajaiswara.

PERSADA, Haris Dharma. (n.d.). Sistem Informasi Pelayanan Tamu Digital (SI-PETA) di Bawaslu Provinsi DKI Jakarta: Laporan Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik.

PURWOKO, Sigit, ROKHMAN, Ali, & TOBIRIN, Tobirin. (2022). E-Leadership: Konsep Dan Pengaruh Kepemimpinan Digital Dalam Transformasi Digital Di Sektor Pemerintahan.

Putra, Teddy Minahasa. (2019). Pelayanan Publik, Good Governance, dan Ketahanan Nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saggaf, Said, Said, Muhammad Mario, & Saggaf, Widiawati Said. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang (Vol. 1). SAH MEDIA.

Sandiasa, Gede, & Agustana, Putu. (2018). Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 1–8.

Susanty, Yunni, & Yuningsih, Yuyu. (2021a). Implementasi Electronic Government: Studi Kasus pada Aplikasi SILPa KAMI di Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Wacana Kinerja, 24(2).

Susanty, Yunni, & Yuningsih, Yuyu. (2021b). Implementasi Electronic Government: Studi Kasus pada Aplikasi SILPa KAMI di Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Wacana Kinerja, 24(2).

Tulungen, Evans E. W., Saerang, David P. E., & Maramis, Joubert B. (2022a). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2).

Wirawan, Vani. (2020a). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16.
Published
2021-12-20