Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Tingkat Kepuasan Pasien

  • Caesary Merybella Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Puput Oktamianti Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok
Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan Rumah Sakit dengan tingkat kepuasan pasien. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel jurnal ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Studi literatur dilakukan dengan melakukan pencarian artikel dan buku yang relevan dengan topik Lesson Study sebagai gerbang peningkatan mutu pendidikan dan profesionalisme guru (Kusumawati, 2020) Pencarian dilakukan melalui mesin pencari Google Scholar, ProQuest, dan EBSCO. Berdasarkan hasil pembahasan di atas maka penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya relevansi yang begitu kuat antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien. Pelayanan rumah sakit yang baik dapat di tinjau dari beberapa aspek yakni;(a) Keamanan pasien, (b) kualitas pelayanan medis, (c) Ketersedian fasilitas dan teknologi. Adapun upaya untuk meningkat kepuasan pasien pada pelayanan kualitas rumah sakit dapat berupa; (a) Menghargai dan merespon umpan balik pasien, (b) Mengelola keluhan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, I. M., Rachmawati, I., & Nur, T. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Selabatu Kota Sukabumi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(1), 60–72.

Anfal, A. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19.

Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro.

Az-Zahroh, T. N. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 12(2), 99–111.

Calundu, R. (2018). Manajemen Kesehatan (Vol. 1). Sah Media.

Ferawaty, R., & Tamsah, H. (2017). pengaruh imbalan dan motivasi terhadap kepuasan kerja perawat badan layanan umum (BLU) pada Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 14–23.

Hasibuan, A. H. (2019). Pola Komunikasi Petugas Pemberian Informasi Penanganan Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Dalam Handling Complain Peserta. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (2022). Keselamatan Pasien, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penerbit P4I.

Ismainar, H. (2015). Keselamatan pasien di rumah sakit. Deepublish.

Jacobis, R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 22–31.

Maulana, H. D. J., & Sos, S. (2009). Promosi kesehatan.

Meiriana, Y. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) Area Berau. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 19(2).

Muhidin, M., Sahar, J., & Wiarsih, W. (2010). Persepsi pasien terhadap pelayanan keperawatan: Studi fenomenologi. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2), 74–80.

Oisina, I. V. (2021). Komunikasi Dokter Yang Berpusat Pada Pasien Di Masa Pandemi. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 130–141.

Pramudita, M. A., Rahmanto, A. N., & Satyawan, I. A. (2022). Manajemen Pencarian Informasi melalui Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Kalangan Pasien COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 151–169.

Pratiwi, D. A. (2019). Analisis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Pengguna Kartu Indonesia Sehat Di Kota Batam. Measurement Jurnal Akuntansi, 13(2), 102–112.

RIZQIA, E. S. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS (Studi pada RSUD Berkah Pandeglang). Universitas Islam Negeri" SMH" Banten.

Sukiswo, S. S. (2018). Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat. J-Kesmas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat (The Indonesian Journal of Public Health), 5(1), 12–21.

Susanto, F. X. H., Simbolon, N. I., & Monica, E. (2021). Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 18(1), 10–20.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149–155.

Wu, C.-C. (2011). The impact of hospital brand image on service quality, patient satisfaction and loyalty. African Journal of Business Management, 5(12), 4873.
Published
2022-11-20