Peningkatkan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru melalui Penerapan Reward And Punishment
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran mengjar guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru-guru di SD Negeri Pagerjurang Ngawen Kabupaten Gunungkidul, sejumlah 8 orang guru, terdiri atas 4 orang guru PNS, 2 orang guru PPPK, 1 orang guru Honor Daerah TK.II Kab/Kota dan 1 orang guru Non PNS. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan kehadiran guru dalam kehadiran di kelas dalam proses pembelajaran oleh kepala sekolah. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, skala penilaian dan daftar hadir. Observasi digunakan untuk melengkapi data dari wawancara dan pengumpulan dokumentasi, terutama dalam lingkup masalah penelitian, meliputi mengamati impelementasi kebijakan yang berkaitan dengan kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi bahwa siklus pertama ini tingkat keterlambatan guru masuk kelas lebih dari 15 menit pada proses kegiatan belajar mengajar masih tinggi yaitu 4 orang atau 50 %. Siklus kedua terdapat 75% guru yang hadir kurang dari 10 menit dan 12,5% guru yang terlambat 10 menit sampai dengan 15 menit. Hasil penelitian dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian reward dan punishment dapat meningkat disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Pagerjurang
Downloads
References
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Jakarta: Bumi Aksara.
Masnur Muslich, (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa , (2010). Penelitian Tindakan Sekolah : Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muyasa , (2011). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah : Jakarta : Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Negara Menpan No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menpan dan Reformasi.
Permendiknas Nomor: 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemendiknas.
Rohiat, (2009). Manajemen Sekolah . Teori Dasar dan Praktik dilengkapi contoh Rencana Strategi dan Rencana Operasional Bandung: Refika Aditama.
Suharsimi Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Tutik Rachmawati dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta: Gava Media.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. ( 2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran ( Learning Organization ) . Bandung : Alfabeta
Copyright (c) 2023 Sarno Sarno, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.