Optimalisasi Penataan Lapangan Penumpukan Untuk Memperlancar Kegiatan Bongkar Muat

  • Welem Welem Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Lapangan Penumpukan, Bongkar Muat, Pelabuhan

Abstract

Transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam memperlancar jalannya perekonomian di suatu negara termasuk Indonesia. Salah satu transportais yang memiliki peran penting dalam jasa ekspor impor ataupun pengiriman barang dalam negeri ialah pelabuhan sebagai tempat bongkar muat barang. Namun, kegiatan bongkar muat kerap kali mengalami kendala karena lapangan penumpukan yang tidak tertata rapi. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian mengenai optimalisasi penataan lapangan penumpukan untuk memperlancar kegiatan bongkar muat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat digunakan oleh pelabuhan-pelabuhan di Indonesia sebagai tempat bongkar muat supaya dalam pelaksanaan kegiatannya dapat optimal karena penataan lapangan penumpukan yang efekitf dan efisien. Metode penelitian yang digunakan ialah studi literasi dengan mengkaji beragam dokumen terkait fokus penelitian. Hasil penelitian menunuukkan bahwa terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasi kegiatan bongkar muat seperti dwelling time supaya jumlah barang datang dan pergi dapat terus beriringan, dwelling time, memberi tanda atau batas-batas barang bongkar muat ataupun penyimpanan barang supaya teratur dan rapi,  memperhatikan kualitas alat yang digunakan dalam aktivitas bongkar muat, memperhatikan keadaan kapal dan truk kontainer yang digunakan untuk membawa barang, dan meningkatkan manajemen pelabuhan sebagai bentuk peningkatan kualitas SDM yang nantinya akan menjalankan beragam SOP yang sudah berlaku di pelabuhan secara tegas supaya beragam bidang seperti kepabeanan dapat bekerja dengan cepat dan tepat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfath, Tahegga Primananda, Radian Salman, dan Sukardi. (2020). Derivasi Konsep Negara Kepulauan dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bina Hukum Lingkungan 4(2), 216-227.

Bps.go.id. (2023). Total Barang dalam Negeri di Pelabuhan Utama (Ton).

Fazri,Kurniawan, Iin Solihin, dan Mustaruddin. (2021). Fasilitas Dan Tingkat Operasional Pelabuhan Perikanan Di Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh. Albacore 5(1), 7-16.

Ghani, Ahmad Abdul. (2018). Optimalisasi Lapangan Penumpukan Terhadap Kegiatan Penanganan Petikemas Impor di PT. Mustika Alam Lestari. Skripsi: STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya.

Kaharuddin, Murshal Manad dan Lambang Basri. (2019). Optimalisasi Waktu Pelayanan dan Penghematan Skala Pada Penyeberangan ASDP Bangsalae Siwa Kabupaten Wajo. URSJ 1(2), 66-75.

Karsafman, Tjetjef dan Ibrahim Saleh Siman. (2015). Optimalisasi Lapangan Penumpukan Terhadap Kegiatan Penanganan Petikemas Impor di PT. Mustika Alam Lestari. Jurnal Logistik D III Transportasi UNJ 8(1), 22-27.

Khaldun, Amrulloh Ibnu, Viqri Ilham Suryailahi, dan Muajir. (2018). Pelaksanaan Bongkar Muat Peti Kemas dan Waktu Penyelesaian (Turn Round Time). Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik 4(3), 297-302.

Khotimah, Rani Nur. (2018). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Dan Pelayanan Di Mr.Teto Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Biga 1(1), 1-8.

Malta, Sumardjo, Anna Fatchiya dan Djoko Susanto. (2018). Keberdayaan Transmigran dalam Berusahatani di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selat. Jurnal Penyuluhan 14(2), 257-270.

Nugroho, Setyo, Achmad Mustakim, Dwi Wahyu Baskara dan Alwi Sina Khaqiai. (2020). Optimasi Alokasi Lapangan Penumpukan Petikemas Ekspor Pelabuhan: Studi Kasus Terminal Peti Kemas Banjarmasin. Jurnal Penelitian Transportasi Laut 22(1), 67-78.

Parahita, Nanda Angga, Putu Alit Suthanaya, dan Dewa Made Priyantha Wedagama. (2021). Analisis Kinerja Dan Kebutuhan Fasilitas Pelabuhan Penyeberangan Padangbai. Jurnal Spektran 9(2), 95-106.

Puspitasari, Boviana dan Fitria Rahmawati. (2020). Proses Penanganan Bongkar Muat Equipment Dengan Double Crane Pada Pt Samudra Indah Sejahtera Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional 3(1), 32-38.

Safira, Banu Ryti Dwi Satrio, Muftiana Wildiansah, Raissa Azaria Andini, dan Siti Sahara. (2023). Analisis Pengaruh Dwelling Time Terhadap Efisiensi Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Priok. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang 20(1), 1-13.

Suryantoro, Bambang, Devita Wimpi Punama, dan Mudayat Haqi. (2020). Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar Muat Lift On/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Peti Kemas. Jurnal Baruna Horizon 3(1), 156-169.

Verawati, Kencana dan Deri Okta Damawaldi. (2020). Optimalisasi Tempat Penyimpanan Terbuka Kendaraan di PT Indonesia Kendaraan Terminal Jakarta. Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik 7(3), 216-226.

Wibawati, Samti Wira, Marina Ika Sari, dan Yuli Ari Sulistyani. (2018). Potensi Dan Tantangan One Belt One Road (OBOR) Bagi Kepentingan Nasional Indonesia Di Bidang Maritim. Jurnal Kajian Wilayah 9(2), 109-123.

Yani, M Nyanyan dan Ian Montratama. (2015). Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia: Suatu Tinjauan Geopolitik. Jurnal Pertahanan 5(2), 25-51.
Published
2022-11-20