Optimalisasi Proses Bongkar Muat Minyak Produk di Dermaga Curah
Abstract
Indonesia adalah salah satu negara dengan kepulauan terbesar, hampir dua pertiga dari total luas daratannya. Pelabuhan adalah lokasi yang terdiri dari darat atau laut dengan batas-batas yang jelas yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi dan berfungsi sebagai dermaga kapal. Salah satu aspek kebutuhan manusia, baik untuk perorangan maupun untuk menunjang kehidupan perekonomian daerah, adalah transportasi. . Untuk kemudahan pembongkaran di pelabuhan tujuan dan stabilitas kapal, diperlukan urutan pemuatan, dan pengaturan bobot muatan di palka perlu seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis optimalisasi proses bongkarmuat minyak produk di dermaga curah. Studi ini merupakan komponen dari penyelidikan kualitatif yang menggunakan metodologi tinjauan sistematis. Memanfaatkan bukti berbasis bukti sebelumnya melalui tinjauan, evaluasi, evaluasi terstruktur, klasifikasi, dan kategorisasi dikenal sebagai tinjauan sistematis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, optimalisasi proses bongkar muat minyak produk di dermaga curah, dilakukan dengan cara: Produktifitas tenaga kerja, Peralatan terhadap sistem bongkar muat. Keselamatan dan kesehatan tenaga kerja. Kecakapan tenaga kerja.
Downloads
References
Agus Weda, A. W. B. (2022). Upaya Penerapan Prosedur Bongkar Muat Di Atas Kapal Dengan Fishbone Analysis. JPB : Jurnal Patria Bahari, 2(1). https://doi.org/10.54017/jpb.v2i1.51
Ariany, Z., Khristyson, S. F., Mawardi, I. I., Tembalang, K. U., & Indonesia, S. (2019). KAJIAN LOADING-UNLOADING CRUDE OIL. 9(1), 54–65.
Arzitta, K. (2020). Optimasi Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Dumai Tugas Akhir.
Fajar, C., Hartanto, B., & Akpelni, P. B. (2021). Optimalisasi Proses Bongkar Muat Minyak Produk di Dermaga Curah Cair PT . Pelindo III ( Persero ) Cabang Tanjung Emas Semarang. 2(1), 62–71.
Ghani, A. A. (2018). Optimalisasi Penataan Lapangan Penumpukan Untuk Memperlancar Kegiatan Bongkar Muat. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/91/
Hartati, M., Zah, I. H., Norhiza, F. L., & Nurainun, T. (2019). Usulan Perbaikan Proses Pelayanan Loading dan Unloading Kapal di Dermaga Curah Cair PT. X dengan Pendekatan Simulasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 113–120. https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i2.3223.113-120
Kamal, R., Widodo, A., & Siregar, P. I. S. (2022). Upaya Peningkatan Penanganan Terjadinya Pencemaran Laut Pada Saat Bongkar Muat Minyak di Kapal MT SC ALIA XVII. Meteor STIP Marunda, 15(1), 97–103. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.221
Miles, M .B , Huberman, AM, dan S. (2014). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Metode, Edisi 3, Terj.
Nias, G. K., Fakultas, M., Kelautan, I., & Riau, U. (2020). Analisis Kandungan Minyak Pada Saat Pasang Dan Surut di Perairan Sekitar Pelabuhan Gunungsitoli Kabupaten Nias By.
Salihoglu, E., & Bal Beşikçi, E. (2022). Waiting reasons affecting the handling process at liquid bulk terminals. Journal of Shipping and Trade, 7(1). https://doi.org/10.1186/s41072-022-00109-6
Yuanita, A., & Putri, H. (2020). Desain Struktur Dermaga Bahan Bakar Minyak Terminal Transit Di Kota Bau Bau , Sulawesi Tenggara.
Copyright (c) 2022 Fadjrin Wira Perdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.