Strategi Komunikasi Yatim Mandiri Sumut dalam Meningkatkan Kesadaran Zakat, Infaq dan Sedekah H di Kota Medan

  • Nada Safrina Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Winda Kustiawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: zakat, infaq, sedekah

Abstract

Angka kemiskinan yang terus bertambah membuat pemerintah berada di posisi yang cukup pelik. Solusi yang dapat dilakukan umat islam adalah dengan menunaikan zakat, berinfaq dan bershodaqoh. Namun, Ketidaksadaran umat islam terhadap zakat, infaq dan sedekah menjadi persoalan yang cukup serius, khususnya di kota Medan. LAZNAS Yatim Mandiri Sumut menjadi salah satu lembaga yang mengambil peran dalam yang mengelola zakat, infaq, sedekah , wakaf dan dana sosial lainnya melalui program – program kemandirian yatim dhuafa dan pemberdayaan masyarakat di kota Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengindentifikasi strategi komunikasi yang dilaksanakan Yatim Mandiri Sumut dan mengeksplorasi dampak yang ditimbulkan melalui strategi komunikasi yang dilakukan.  Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. yang didalamnya mengandung masalah dan menelaah objek permasalahan dengan mengamati serta terjun ke lapangan.  Adapun temuan penelitian yaitu adanya dampak yang baik yang dihasilkan ketika melakukan strategi komunikasi yang tepat, kegiatan sosialisasi secara langsung yang kurang relevan dilakukan pada saat ini,  dan ketidaktifan  lembaga dalam membentuk branding di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, M. (2003). Keputusan Menteri Nomor 373 Tahun 2003 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat. Diambil kembali dari Sirandang (Sistem Informasi Perundang-undangan): http://itjen. kemenag. go. id/sirandang/peraturan/280-373- keputusan-menteri-nomor-373- tahun-2003-tentang-pelaksanaan- undang-undang-nomor-38-tahun- 1999
Api, E. I. D., Lakshita, D. M., & Qurrotu’aini, N. I. Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja ZIS Consultant Amil Zakat Yatim Mandiri. LAA MAISYIR: Jurnal Ekonomi Islam, 129-139.
Az-zahra, Q., & Rosyadi, I. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Door To Door Pada Lembaga Keuangan Syariah Dalam Pencarian Anggota Baru (Studi Kasus Bmt Kube Colomadu Sejahtera) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djazuli, H. A. (2021). Ilmu Fiqh: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Edisi revisi. Prenada Media.
Effendy, O. U. (2006). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Fadilah, F., Lestari, A. I., & Rahmani, N. A. B. (2022). Analisis Pengelolaan Sedekah Anak Yatim (Studi Kasus Di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Medan). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 1020- 1028.
Fill, C., & Turnbull, S. L. (2016). Marketing communications: brands, experiences and participation. Pearson
Indonesia, R. Undang-undang No-mor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.(2011). Jakarta: kemenag. go. id.
Kementerian Agama, R. I. (2013). Panduan Zakat Praktis. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat.
Mandiri, Y. (2019). Majalah Yatim Mandiri. Retrieved from yatimmandiri. org: https://www. yatimmandiri. org/welcome/majalah
Mardia, M., Hutabarat, M. L. P., Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H. M. P., ... & Weya, I. (2021). Strategi pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Moleong, L. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratama, Y. C. (2015). Peran zakat dalam penanggulangan kemiskinan (Studi kasus: Program zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional). Tauhidinomics: Journal Of Islamic Banking And Economics, 1(1), 93-104.
Rachmiatie, A., Fitria, R., Suryadi, K., & Ceha, R. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Halal Studi Kasus Implementasi Halal Hotel di Indonesia dan Thailand. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(1), 56-74.
Sakti, L. I. E. (2022). Pengelolaan ZIS Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Baznas Kabupaten Jombang). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1), 106-119.
Sudarman, A. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 39-58.
Published
2022-10-20