Strategi Pengembangan Bisnis Apotek di Era Digital Dengan Pendekatan Soar (Studi Pada Apotek Sehat Mandiri Kota Cimahi)

  • Cynthia Imadiyar P Universitas Islam Bandung
  • Muhardi Muhardi Universitas Islam Bandung
  • Ima Amaliah Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi, Pengembangan Bisnis, Matriks SOAR

Abstract

Apotek Sehat Mandiri adalah badan usaha milik koperasi karyawan PLN (Perusahaan Listrik Negara) Cimahi. Berdasarkan hasil observasi dan data selama 2 tahun terakhir pada tahun 2019 dan 2020, jumlah kunjungan pasien terus menurun karena kondisi pandemi dan keterbatasan fasilitas. Untuk itu, perlu diupayakan untuk terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Farmasi Kesehatan Mandiri di Kota Cimahi berdasarkan analisis SOAR. Metode penelitian menggunakan mixed method dengan sampel sebanyak 115 orang. Teknik analisis data kualitatif diperoleh dari wawancara dan observasi langsung dengan menggunakan teknik analisis Tematik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan analisis IFE, EFE, SOAR dan QSPM Apotek Sehat Cimahi Mandiri, strategi pengembangan bisnis yang diperoleh adalah strategi S-A, O-A, S-R, dan O-R, dengan pilihan strategi sesuai hasil matriks IE berada pada posisi strategi berorientasi pertumbuhan dan kuadran I/grow and build merupakan strategi intensif. Strategi prioritas di era digital adalah menggunakan media sosial dengan skor TAS 3,7. Oleh karena itu, untuk mengembangkan bisnis Farmasi di era digital ini, pihak yang berkepentingan tidak hanya melihat aspek konvensional tetapi juga harus mulai mempertimbangkan aspek digital, yaitu salah satu menggunakan pemasaran digital sebagai upaya meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anomsari, A., Setyowati, L., & Kadarningsih, A. (2013). Peningkatan dan Pemberdayaan Strategi Untuk Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Melalui Program Pengembangan dan Pelatihan Departemen Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Jawa Tengah. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Aprilius, A., Kore, E. L. R., Risamasu, P. I. M., Setyawati, C. H., & Siamsa, S. (2018). Strategy for Development of Small and Medium Micro Business Using SWOT and Quantitative Strategic Planning Matrices (QSPM) Analysis (Case Study of Panama Remake Restaurant). 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 1384–1387.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 1358–1858.

Avriyanti, S. (2020). Peran e-commerce untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di era industri 4.0 (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten tabalong). PubBis: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 4(1), 83–99.

Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496.

David, F. R. (2011). Strategic Management: Manajemen Strategis: Konsep (Buku-1; Edisi-12). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Juwita, F. I. (2020). Penggunaan Internet dan Media Social Untuk Pelayanan Informasi Obat Dibeberapa Apotek dan Puskesmas di Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Pelayan Informasi Obat Pada Pasien Asma). Tesis Farmasi. Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Kemenkes RI, 2014. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 75. 1–203.

Majid, A., Ali, S., Iqbal, M., & Kausar, N. (2014). Prediction of human breast and colon cancers from imbalanced data using nearest neighbor and support vector machines. Computer Methods and Programs in Biomedicine, 113(3), 792–808.

Pearce, J. A. (2013). II., & Richard B. Robinson.(2013). Manajemen Strategis.

Prabowo, T. T. (2020). Memperebutkan ruang publik virtual: literasi, hoax, dan perdamaian. Zahir Publishing.

Rahmawati, H. N., Iqomh, M. K. B., & Hermanto, H. (2019). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(2), 77–81. https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.77-81

Rochim, A. A., & Bandiah, S. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 09 Kaba Wetan. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 64–79.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Wahyuni, K. T. (2022). Pengaruh Struktur Modal terhadap Kinerja Perusahaan pada Saham Industri Kesehatan di Bursa Efek Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1374–1381.

Watkins Jr, C. E. (2011). Does psychotherapy supervision contribute to patient outcomes? Considering thirty years of research. The Clinical Supervisor, 30(2), 235–256.

Wirawan, P. E., Sudjana, I. M., Arianty, A. A. A. A. S., & Dewi, I. G. A. M. (2022). A Implementasi Strategi Bertahan dan Berkembang Wisata Kuliner di Era New Normal:-. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 152–162.

Zamista, A. A., & Hanafi. (2019). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance SOAR Analysis on Marketing Strategies in the Finance Services Industry. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 11–24.
Published
2022-11-20