Evaluasi dan Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Kopi Dengan Pendekatan Tripple Layered Bussiness Model Canvas (TLBMC)

  • Widya Weullas Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Adib Sultan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Chairul Furqon Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: economic, environment, social

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk (1) mengetahui gambaran umum perusahaan Java Frinsa Estate (2) merumuskan strategi menggunakan SWOT analysis , (3) membuat usulan  pengembangan model bisnis menggunakan tripple layer bussiness model canvas. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, sumber data primer berasal dari hasil observasi dan informan dengan para pemangku kepentingan di Java Frinsa Estate. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan hasil penelitian terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ada di posisi kuadran I yang mana progressive untuk melakukan pengembangan usaha. Hasil dari Tripple layer bussiness model canvas yakni menciptakan pengembangan model bisnis wisata berbasis edukasi mengacu kedalam enviroment dan social layer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K., & Saputra, M. Y. (2018). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Produksi Pada Industri Kecil di Kabupaten Aceh Utara. 01, 65–70.

Azapagic, A. (2003). Systems Approach To Corporate Sustainability. 81(September).

Boons, F., & Lüdeke-Freund, F. (2013). Business models for sustainable innovation: state-of-the-art and steps towards a research agenda. Journal of Cleaner Production, 45, 9–19. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.07.007

ICO. (2020). Annual Review Overcoming The Pandemic : A Year Unlike Any Other.

Joyce, A., & Paquin, R. L. (2016). The triple layered business model canvas : A tool to design more sustainable business models. Journal of Cleaner Production, 135, 1474–1486. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.06.067

Mu, M. S., Anggara, Y. P., & Maulana, R. B. (2016). Identifikasi Pengembangan Industri Tembakau Di Jawa Timur : Pendekatan Model Dinamis Dan Penerapan The Triple Layered Business Model Canvas. 575–591.

Rafiki, A. (2019). Business success factors of Muslim women entrepreneurs in Indonesia. https://doi.org/10.1108/JEC-04-2019-0034

Remane, G., Hanelt, A., Nickerson, R. C., Kolbe, L. M., Remane, G., Hanelt, A., Nickerson, R. C., & Kolbe, L. M. (2017). Discovering digital business models in traditional industries. https://doi.org/10.1108/JBS-10-2016-0127

Shafer, S. M., Smith, H. J., & Linder, J. C. (2005). The power of business models B. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2004.10.014

Shrivastava, P., & Statler, M. (2012). Learning From the Global Financial Crisis: Creatively, Reliably, and Sustainably. JSTOR.

Spieth, P., Schneckenberg, D., & Ricart, J. E. (2014). Business model innovation – state of the art and future challenges for the field. 237–247.

Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi dan perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Agora, 3(1), 8–16.

Wheelen, T. L., & Hunger, D. J. (2012). Strategic Management And Business Policy. In Sally Yagan (Ed.), Journal of Mathematical Sciences (United States). https://doi.org/10.1007/s10958-016-2909-8

Winterhalter, S., Zeschky, M. B., & Gassmann, O. (2015). Managing dual business models in emerging markets : an ambidexterity perspective.

Zott, C., Amit, R., & Massa, L. (2011). The Business Model : Recent Developments and Future Research. 37(4), 1019–1042. https://doi.org/10.1177/0149206311406265
Published
2022-11-20