Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Mode Mahasiswa

  • Afif Ghurub Bestari Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Model Blended Learning, Ilustrasi Mode, Hasil Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran blended learning yang efektif pada hasil belajar dan kemampuan menggambar mahasiswa mata kuliah Ilustrasi Mode, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan menggambar ilustrasi mode antara mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif berjenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis quasi experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebanyak 40 orang sebagai kelas control. Analisis statistik yang dipergunakan meliputi per paired sample t tes dan independent sample t tes. Hasil analisis menunjukkan: (1) hasil uji paired sampel t test yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05 berarti implementasi dari model blended learning secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan menggambar mahasiswa pada mata kuliah Ilustrasi Mode, (2) hasil uji independen simple t test yang menunjukkan nilai t hitung lebih besar dibandingkan t tabel dengan nilai signifikan lebih kecil 0,05 yang berarti hasil belajar dan keterampilan menggambar ilustrasi mode pada mahasiswa kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan mahasiswa pada kelas kontrol. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diantari, Ni Kadek Yuni. 2022. “Pembelajaran Ilustrasi Fashion Digital Berbasis Kearifan Lokal Di Program Studi Desain Mode Institut Seni Indonesia Denpasar.” Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni 10(1):57–64.
Dwiyogo, Wasis D. 2018. “Developing a Blended Learning-Based Method for Problem-Solving in Capability Learning.” Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 17(1):51–61.
Fife-Schaw, Chris. 2012. “Quasi-Experimental Designs.” Research Methods in Psychology 75–91.
Hmelo-Silver, Cindy E., and Clark A. Chinn. 2015. “Collaborative Learning.” Pp. 363–77 in Handbook of educational psychology. Routledge.
Maryana, Ferra, and Nova Abriano. 2017. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANJARMASIN.” Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 10(2):133–46.
Purwaningsih, Endang. 2016. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas XI Smk.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 5(10).
Rais, Agnes Andani, and Hary Suswanto. 2017. “Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2(8):1043–49.
Salsabila, Vinka Daniyah, Taufiq Satria Mukti, Farah Rahmatika Putri, and Siti Nur Jamilatul Hasanah. 2020. “Capaian Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Model Dan Motivasi Belajar.”
Setyoko, Setyoko, and Indriaty Indriaty. 2018. “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Biologi 7(3):157–66.
Singh, Harvey. 2021. “Building Effective Blended Learning Programs.” Pp. 15–23 in Challenges and opportunities for the global implementation of e-learning frameworks. IGI Global.
Staker, Heather, and Michael B. Horn. 2012. “Classifying K–12 Blended Learning.”
Susilo, Mohamad Joko. 2022. OBE (Outcome-Based Eduaction) : Inovasi Dan Investigasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Syamsuar, Syamsuar, and Reflianto Reflianto. 2019. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2).
Widarwati, Sri, Emy Budiastuti, and Prapti Karomah. 2014. “Implementasi Alat Evaluasi Menggambar Busana Di Smk Swasta Kelompok Pariwisata Kabupaten Sleman.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22(2):208–14.
Wihartini, Kiki. 2019. “Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran.”
Published
2023-06-05