Implementasi Program Stategis Pembangunan Kampung Terhadap Pembangunan Infrastruktur di Kampung Yewena Distrik Depapre Kabupaten Jayapura

  • Terianus L. Safkaur Universitas Cenderawasih, Jayapura, Indonesia
Keywords: implementasi, prospek, pembangunan, infrastruktur

Abstract

Pembangunan di papua sangat kompleks, bahkan diwarnai dengan berbagai paradoks. Masyarakat Papua diibaratkan sebagai masyarakat yang sementara berada dalam kapsul sang waktu (The Capsule Of Time). Semua masyarakat papua yang berada didalam The Capsule Of Time, memiliki hak yang sama untuk menikmati pembangunan yang bermartabat dan bermutu dan tidak ada satupun diantara mereka yang diabaikan, sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: (1). Bagaimana kita bias melakukannya? (2). Bagaimana kita bias bertindak adil bagi semua, tetapi pada saat yang sama peka terhadap karakteristik-karakteristik social dan ekonomi yang melekat pada setiap tingkat pembangunan kebudayaan masing-masing. Tujuan penelitian ini, (a). Untuk mengetahui kondisi implementasi program PROSPEK terhadap peningkatan pembangunan infrastruktur pada kampung Yewena Distrik Depapre Kabupaten Jayapura. (b). Untuk mengetahui manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari peningkatan pembangunan infrastruktur pada Kampung Yewena Distrik Depapre Kabupaten Jayapura. Metode penelitian diarahkan pada jenis penelitian kuantitatif, namaun penelti memadukan dengan data kualitatif dengan tujuan agar validasi data lebih lengkap dan sah. Memadukan metode kualitatif dan kuantitatif memiliki pendekatan tertentu dalam kegiatan penelitian harus didasari bahwa akan memiliki konsekuensi tersendiri sebagai proses yang harus diikuti secara konsisten dari awal sampai akhir sehingga tepat sasaran dalam pengambilan data, maka validitas dan reabilitas data tidak menjadi bahan perdebatan. Populasi dan sampel, diambil dari jumlah penduduk kampung Yewena serta sampel yang dipilih peneliti yaitu 30 orang yang dianggap memahami kondisi dan fenomena masalah penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu : - Studi Kepustakaan (library research), - Penelitian Lapangan (field research) : (1) Pengamatan (Observasi), (2) Wawancara (interview), dan (3) Angket (Quiesioner). Teknik pengolahan data yaitu melalui (1) Perbaikan (Editing), (2) Pengkodean (Coding), (3) Penyusunan (Tabulating). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel implementasi kebijakan program Prospek sangat baik, hal ini dibuktikan dengan jawaban respenden cenderung memberikan jawaban “â€ya†karena variabel diatas dapat dilihat dari indikator “komunikasi†sangat baik, begitu pula indikator  “sumber dayaâ€, dan indikator “disposisi, serta indikator “struktur birokrasi†cenderung sangat baik juga. Hal demikian terjadi pula pada variabel pembangunan infrastruktur, Bertolak dari diagram 2 di bawah ini, hasil rata-rata analisis variabel pembangunan infrastruktur menunjukan bahwa presentase tertinggi berada pada kategori “Ya†dapat dikatakan bahwa variabel pembangunan infrastruktur dikampung Yewena sudah sangat efektif. Jika kita lihat dari indikator prasarana umum, prasarana pendidikan, prasarana kesehatan, dan prasarana transportasi rata-rata mendapat kategori “ÿaâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Sunartiningsih. (2000). Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Aditya Media Bekerjasama dengan Jurusan Sosiatri Fisipol UGM. UGM, Yogyakarta.

Dunn, William N. (2015). Public policy analysis. routledge.

Ginanjar, Kartasasmita. (1997). Administrasi Pembangunan. Perkembangan Pemikiran Dan Praktiknya Di Indonesia, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.

Iwan, Nugroho, & Dahuri, Rochmin. (2004). Pembangunan Wilayah Perspektif Ekonomi Sosial dan Lingkungan. Pustaka LP3ES Indonesia, Anggota IKAPI.

Kartasasmita, Ginandjar. (1996). Pembangunan untuk rakyat: memadukan pertumbuhan dan pemerataan. Cides.

Keban, Yeremias T. (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu, Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Kusuma, Brata, and Deddy Supriadi. (2001). Otonomi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Nugroho, Riant. (2003). Kebijakan Publik, formulasi, Implementasi dan evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Poli, W. I. M. (2007). Modal sosial Pembangunan: gambaran dari dua distrik di Kabupaten Jayapura. Hasanuddin University Press.

Subarsono, A. G. (2012). Analisis kebijakan publik: konsep, teori dan aplikasi.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Sumarto, Hetifah Sj, Partisipasi, Inovasi, & Governance, Good. (2004). Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Suryanto, Fajar E. K. O. (2011). Perencanaan Pengembangan Medan Untuk Permukiman Di Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suwae, Habel Melkias, Poli, W. I. M., Salle, Agustinus, & Purnomo. (2006). Suara hati yang memberdayakan: gagasan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Pustaka Refleksi.







Yunus, Muhammad, & Weber, Karl. (2008). Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan: Bagaimana Bisnis Sosial Mengubah Kehidupan Kita. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2023-06-06