Manajemen Komunikasi Stakeholder Eksternal Dalam Program Organisasi di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2022

  • Diana Islami Edi Universitas Airlangga, Surabaya
  • Farida Hariyati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: Komunikasi Stakeholder, BKKBN, Keluarga Berencana, Pandemi Covid-19, New Normal

Abstract

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai lembaga pemerintah non kemeterian di Indonesia melakukan pembuatan program Keluarga Berencana (KB) dan pengelolaan komunikasi stakeholder. Informasi program disampaikan melalui komunikasi internal kepada stakeholder eksternal untuk mendapatkan pemehaman yang sejalan dengan tujuan program. Manajemen komunikasi stakeholder eksternal pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2022. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen komunikasi stakeholder eksternal antara manajemen dan anggota stakeholder eksternal dalam proses penyampaian program organisasi pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2022. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini dipilih karena dapat membantu memecahkan persoalan komunikasi stakeholder eksternal dalam melaksanakan program organisasi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis doumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi stakeholder eksternal dilakukan melalui (1) kerjasama dengan 1000 mitra; (2) publikasi program melalui akun resmi lembaga; (3) persuasi masyarakat secara nasional; (4) menentukan strategi humas dalam melaksanakan program, dan (5) melakukan kegiatan hubungan jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilina, S et al (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Kebidanan di Era Pandemi Covid-19. CV Penulis Cerdas Indonesia.

Argenti, P.A. (2012). Corporate Communication. United Kingdom: MCGraw-Hill. Education.

Badan Pusat Statistik (2022). Presentase Wanita Berumur 15-49 Tahun dan berstatus Kawin yang Sedang Menggunakan/Memakai Alat KB (Persen) 2019-2021. Badan Pusat Statistik.

Bourne, L. (2016). Targeted Communication: The Key to Effective Stakeholder Engagement. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 226, 431-438, https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.06.28

Cutlip, M. S., Center, H. A., & Broom M.Glen. (2000). Effective Public Relations: Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses (8th edition). Prentice Hall.

Dally, D. (2015). Bahan Ajar Diklat Kepemimpinan Tingkat II: Agenda Membangun Tim Efektif.

DIKES DKI Jakarta (2021). Data Jumlah Ibu Hamil, Melakukan Kunjungan K4, Kurang Energo Kronis (KEK), dan Mendapat Tablet Zat Besi (Fe) di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Badan Pusat Statistik Provinsi Jakarta. Diakses dari

Fitri, L (2021). Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, gambaran Prevalensi Kehamilan Selama Pandemi Covid-19 dan Faktor Penyebabnya Tahun 2020. Endrance, 6(2), 419-426. https://doi.org/10/22216/endurance.v6i2.303

Firmansyah, Anang (2018). Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah dan Budi W. (2018), Pengantar Manajemen,. Yogyakarta: Deepublish.

Grunig, L. A., Grunig, J.E., & Dozier D. M. (2022). Excellent Public Relations and Effective Organization. A Study of Communication Management in Three Countries. Mahwah: Erlbaum.

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap jumlah Public RelationsKunjungan Pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389

Idris Chalik. (2021, 13 Januari). Ayo Selamatkan Ibu dengan Hindari 4 Terlalu. BKKBN Bengkulu.

Indarto J. Marroli. (2012). Manajemen Komunikasi Pemerintah dalam Kebijakan Transparansi Informasi (Studi Evaluasi Komunikasi Keterbukaan Informasi Publik pada Kementerian Komunikasi dan Informatika). Tesisi, Universitas Indonesia.

Irawaty, D.K., Yasin S.M., & Pratomo, H. (2020). Family Planning Communication Between Wives and Husbands: Insight from the 2017 Indonesia Demographic and Healthy Survey. Kesmas, 15(3), 147-153. Diakses dari https://doi.org/10/21109/KESMAS.VI513.3301

Komnas Perempuan (2020). Melihat Dampak Pandemi Covid-19 dan kebijakan PSBB melalui Kacamata Perempuan Indonesia Pendahuluan.

Koschmann, M. A., & Kopczynski, J. (2017). Stakeholder Communication. In The International Encyclopedia of Organizational Communication (pp. 1-13). Diakses dari https://doi.org/10/1002/978118955567.wbieoc193

Nurjanah, A., Farizki, R., Hidayat, A. R., & Saebah, N. (2021). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Sekolah. Jurnal Forum Kesehatan: Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 11(1), 38–45.

Ravichandran, V. (2022). Identification of Potencial Semisynthetic Andrographolide Derivatives to Combat Covid-19 by Targeting the SARS-COV-2 spike Protein to Huan ACE2 Receptor-An In-Silico Apprach. Biointerface Research in Applied Chemistry. \, 13(2), 155. https://doi.org/10/33/263/BRIAC132.155

Susser, D., Ceglarz, A. Stavrakas, V., & Liliestam, J, (2021). Covid-19 vs Stakeholder Engagement the Impact of Coronavirus Containment Measures on Stakeholder Involvement in European Energy Research Projects. Open Resource Europe, 1, 57, https://doi.org/10.12688/popenreseurope.13683.1

Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa terhadap Khalayak. SIMBOLIKA, 4(1). Http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika

Widodo, E. S., & Nugroho, K. (2021). Peran Stakeholder dalam Impelemntasi Kebijakan Kampung Keluarga Berencana: Studi Desa Jambewangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Politik Indonesia, 7(1), 65-74.

World Health Organization. (2022, May 16). WHO Corona Virus (Covid-19) Dashboard. World Health Organization.
Published
2022-11-20