Analisis Efektifitas Biohole Melalui Distribusi Mikroba Secara Real Time Pada Tanah Inseptisol

  • Nugroho Widiasmadi Wahid Hasyim Universuty
Keywords: biohole, biohole horizontal, biohole vertikal, biosoildam, infiltrasi keasaman tanah, konduktivitas elektrolit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan dan kesuburan tanah secara alami. Penelitian ini dilakukan pada lahan inseptisol yang dimanfaatkan untuk perkebunan dengan mengamati pola sebaran tingkat konduktifitas Electrolit tiap kedalaman tanah melalui aktivitas mikroba. Dimana penyebarannya melalui dua jenis biohole, yaitu biohole horizontal dan vertikal. Penelitian ini mengamati dalam periode waktu melalui sensor mikrokontroler terhadap perubahan perparameter tanah seperti : tingkat keasaman tanah, laju infiltrasi, tingkat konduktivitas elektrolit dan tingkat porositas yang diamati dari tingkat laju infiltrasi tanah. Menggunakan metode simulasi dengan dua (2) jenis biohole, maka dapat dilihat peningkatan EC di setiap kedalaman pada periode waktu tertentu. Metode ini menggunakan teknologi Smart Biosoildam (Biodam) yang dapat disimulasikan menyamai dengan proses sebenarnya (real time). Dari pengamatan grafik dan standar EC terlihat bahwa kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara pada zona pertumbuhan akar dapat dijadikan informasi untuk menetapkan jadwal dan pola sebaran tanam baik pada masa pertumbuhan vegetatif maupun masa pertumbuhan generatif. Sehingga dapat diketahui jarak tanam dan jarak biohole yang efektif agar mampu memberikan nutrisi pada masa vegetatif dan generatif. Penyebaran nutrisi dapat dipantau melalui sensor yang mengubah parameter analog pada mikro prosesor menjadi informasi digital yang dikirimkan melalui wifi secara real time. Simulasi kesuburan tanah pantai pasir berdasarkan jumlah populasi mikroba = 108/cfu. Variabel 1 : Nilai kesuburan tanah dari nilai electrolyte conductivity/EC pada kedalaman 26 cm dari 450 uS/cm menjadi 1138 uS/cm pada hari ke 35 dan dari 1138 uS / cm turun menjadi 990 uS / cm pada hari ke 40. Varibale 2 : Nilai kesuburan tanah dari nilai konduktivitas elektrolit / EC pada kedalaman 24 cm dari 450 uS / cm hingga 868 uS / cm pada hari ke 35 & dari 868 uS / cm turun menjadi 742 uS/cm pada hari ke-40.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boardman, C. R., & Skrove, J. (1966). Distribution in fracture permeability of a granitic rock mass following a contained nuclear explosion. Journal of Petroleum Technology, 18(05), 619–623.

Douglas, M. G. (1988). Integrating conservation into farming systems: the Malawi experience.

Huang, Z., & Shan, L. (1997). Action of Rainwater use on soil and water conservation and suistanable development of Agricukture. Bulletin of Soil and Watr Conserv, 17(1), 45–48.

Irawan, T. (2016). Infiltrasi pada berbagai tegakan hutan di arboretum Universitas Lampung.

John, M., Pannell, D., & Kingwell, R. (2005). Climate change and the economics of farm management in the face of land degradation: Dryland salinity in Western Australia. Canadian Journal of Agricultural Economics/Revue Canadienne d’agroeconomie, 53(4), 443–459.

Suliyati, T. (2016). Penataan Drainase Perkotaan Berbasis Budaya Dalam Upaya Penanganan Banjir di Kota Semarang. Humanika, 19(1), 59–69.

Sunjoto, S. (1988). Optimasi Sumur Resapan Air Hujan Sebagai Salah Satu Usaha Pencegahan Instrusi Air Laut. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Sunjoto, S. (2011). Teknik Drainase Pro-Air. Yogyakarta: Fakultas Teknik UGM.

Wasisto, S. (2018). Aplikasi Internet of Things (IoT) dengan Arduino & Android: Penerbit Deepublish Yogyakarta.

Widiasmadi, N. (2020). Analisa Elektrolit Konduktifitas & Keasaman Tanah Secara Real Time Menggunakan Smart Biosoildam. Prosiding Seminar Nasional NCIET, 1(1), 11–24.

Widiasmadi, N. (2022). Teknologi Smart Biosoildam untuk Analisa EC & PH Tanah sebagai Usaha Peningkatan Daya Dukung Lahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2558–2567.

Widiasmadi, N. (2023a). Analisis Efektifitas Biohole melalui Distribusi Mikroba pada Setiap Kedalaman Secara Real Time pada Tanah Andosol. Journal on Education, 5(3), 9815–9826.

Widiasmadi, N. (2023b). OPTIMASI EC PADA TANAH CLAY UNTUK LAHAN BAWANG MERAH MELALUI SIMULASI POPULASI MIKROBA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SMART BIOSOILDAM. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 86–95.

Widiasmadi, N., & Suwarno, D. (2022). Biohole Effectiveness Analysis Through The Distribution Pattern of Microbes at Each Depth In Real Time On Coastal Sand. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia P, 7(6-8–22), 1–18.
Published
2023-06-14