Analisis Penerapan Model Konvergensi Media Tribunnews di Kota Padang
Abstract
Konvergensi media merupakan fenomena yang signifikan dalam era digital, di mana berbagai platform media konvensional dan digital bergabung untuk memberikan konten secara lintas platform. Penelitian ini akan fokus pada pengalaman jurnalis media online Tribun Padang dalam memahami dan mengadaptasi konvergensi media dalam pekerjaan mereka. Metodologi penelitian ini didasarkan pada fenomenologi pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik utama pengumpulan data. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan yang lebih baik tentang sejauh mana jurnalis media online memahami dan menerapkan konvergensi media dalam pekerjaan mereka. Temuan penelitian ini dapat memberikan informasi yang berharga bagi praktisi media, lembaga pendidikan, dan pengambil kebijakan dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk menghadapi tantangan dan peluang yang dihadapi dalam era konvergensi media. Penelitian ini juga akan membahas implikasi dari pemahaman jurnalis media online tentang konvergensi media terhadap kualitas dan keragaman konten media. Dengan memahami konvergensi media dengan lebih baik, jurnalis dapat menggabungkan pendekatan konvensional dan digital dalam melaporkan berita dan menciptakan konten yang lebih inovatif, informatif, dan berdampak.
Downloads
References
Douglas Kellner. 2010. Budaya Media. Jalasutra: Yogyakarta.
Field worknone on Power, Interaction and Agency. Pragmatics 18 (1): 59-85.
Halik, Abdul. 2013. Komunikasi Massa. Makassar: Alaudin Universitas Press.
Hall, Jim. 2001. Online Journalism- critical Primer. London: Pluto Pers.
Hout, Tom Han., and Green Jcobs. 2008. News Production Theory and Practice:
John Fiske. 1987. Television Culture. Routledge: London.
John, Matthew R Jones. 2008. Giddens’s Structuration Theory and Infomations
Karam, F J Castilhos. 2009. Journalism in the Age of the Information Society,Technological Convergence, and Editorial Segmentation: Prelimianry Observation. Journ
Muhammad, Arni. 1992. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mosco, V. 2009. The Political Economy of Communication. Second Edition. London: Sage Publication Ltd.
Nurudin. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Jakarta: Rajawali Pers alism 10: 109.
Nurudin. 2017. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: Rajawali Pers.
Romli, Khomsarial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Gramedia.
System Research. MIS Quaterly 32 (1): 127-157.
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Suryanto. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Yusup, Pawit M. 2009. “ Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan â€. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Chanigia Everest Anugerah, dkk. (2020). Studi Fenomenologi: Pengalaman Wartawan Pos Kupang dan Victory News dalam Pemberitaan Konflik Antar Kelompok. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Tsarina Maharani & Camelia Pasandaran. (2017). Pemaknaan Profesi Jurnalis Media Online Studi Fenomenologi Interpretatif. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM.
Asep Solohin, dkk (2018). Persepsi Wartawan Foto Bandung (WFB) tentang Pengalaman Peliputan Peristiwa Kerusuhan. Jurnal Ilmu Jurnalistik.
Rejina M.Bire, dkk. (2019). Perempuan dan Jurnalisme: Studi Fenomenologi Terhadap Profesionalisme Jurnalis Perempuan di Kota Kupang. Jurnal Digital Media & Relationship (JDMR).
Rahmat Hidayat, dkk. (2020). Implikasi Uji Kompetensi Wartawan Terhadap Profesionalitas (Studi Fenomenologis Terhadap Wartawan Bersertifikasi Dalam Mewujudkan Profesionalisme dan Keberimbangan Produk Jurnalistik. AL-HKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya.
M. Gafar Yoedtadi, dkk. (2020). Tantangan Jurnalisme Damai di Wilayah Pasca Konflik. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
Copyright (c) 2022 Mona Triana, Emeraldy Chatra, Elva Ronaning Roem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.