Determinasi Firm Size dan Sales Growth Dalam Memoderasi Pengaruh Capital Structure Terhadap Return on Assets

  • Mia Laksmiwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur
  • Rinny Meidiyustiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur
  • Retno Fuji Oktaviani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Elizabeth Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur
Keywords: capital structure, firm size, sales growth and return on assets

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguj i pengaruh Capital Structure terhadap Return on Asset dengan Firm Size dan SalesGrowth sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik menggunakan Software Rstudio dengan query. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda, dapat diketahui bahwa Capital Structure memberikan pengaruh negatif terhadap Return on Assets, sedangkan Firm Size mampu bertindak sebagai variable moderasi Capital Structure terhadap Return on Assets. Namun hal sebaliknya  Sales Growth yang tidak mampu memoderasi Capital Structure terhadap Return on Assets.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A. H. (2021). Pengaruh Struktur Modal terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 487–495. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1587

Brastibian, I., Mujino, & Rinofah, R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 10(1), 81–88. e-issn:2541-2566 p-ISSN:2088-916X

Budiharto, W., Cahyani, A. D., & Abbas, B. S. (2017). Pemrograman R Untuk Sains Dan Psikologi. Deepublish.

Citarayani, I., Sirait, H., Saminem, & Quintania, M. (2020). Peran Pertumbuhan Penjualan dan Leverage Terhadap Profitabilitas. ProBank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5(2), 255–265. http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (11th ed.). BPFE.

Hery. (2020). Analisis Laporan Keuangan. PT Grasindo.

Huda, N. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitailitas pada PT.Gudang Garam Tbk. Invoice: Jurnal Ilmu Akuntansi, 2(2). p-issn: 2714-6359 e-ISSN: 2714-6340

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Dua). Rajawali Pers.

Lorenzaa, D., Kadirb, & Muh. Akob Sjahruddinc, H. (2020). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 13–20. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Luckieta, M., Amran, A., & Alamsyah, D. P. (2021). Pengaruh DAR dan Ukuran Perusahaan Terhadap ROA Perusahaan yang Terdaftar di LQ45 pada BEI. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen, 19(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Nazariah, & Maisur. (2020). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan Jasa Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2). http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH

Nurlela, & Dimyati, L. (2021). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 Tahun 2018 – 2019. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 119–128. issn: 2686-1054

Oktapiani, N. L. M. W., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Peran Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan dalam Memoderasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1195–1221. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p03 1195

Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian. Pustaka Baru Press.

Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food And Beverage BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 6239 – 6268. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i11.p16 6239

Sukmayanti, N. W. P., & Triaryati, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Property dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7132–7162. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p7 7132

Vania, & Tarmizi, R. (2022). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas. JIAKES Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(2), 321–330. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1327

Veronica, & Saputra, A. J. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Forum Ekonomi, 23(2), 215–222. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Published
2023-06-22