Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memahami Mata Pealajaran IPS Dengan Memberikan Tugas Pekerjaan Rumah (PR) Pada Siswa Kelas IV SD YPK 15 Otto Geissler Sanggeng Manokwari
Abstract
Pekerjaan rumah dari guru juga merupakan salah satu bentuk kemitraan antara sekolah dan keluarga. hal ini dapat dipakai sebagai media untuk saling bekerjasama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dan hambatan siswa dalam memahami mata pelajaran IPS dengan memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) Pada Siswa Kelas IV SD YPK 15 Otto Geissler sanggeng Manokwari. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini akan lakukan di SD YPK 15 Otto Geissler Sanggeng Manokwari dan dilakukan pada waktu bulan Mei sampai bulan Juni. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SD YPK 15 Otto Geissler Sanggeng Manokwari. teknik pengambilan sampelnya dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu (purposive sampling). Kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran IPS dengan memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) sangat baik dibuktikannyan dengan siswa merasa mudah dalam mengerkjakan soal-soal yang diberikan oleh guru serta sebagian besar meras senang dalam mengerjakan soal dalam bentuk uraian sehingga siswa merasa mampu dengan didampingi oleh orantuanya dirumah sebagai motivator untuk menyelesaikan tugas pekerjaan rumah yang diberikan dengaan tepat waktu. (2) Hambatan yang dihadapi sampai saat ini berdasarkan hasil temuan yaitu komunikasi antara guru dan orang tua tentang pekerjaan rumah serta komunikasi dan antara anak dan orang tua yang belum maksimal dikarenakan oleh kondisi serta fasilitas komunikasi antara guru dan orang tua yang belum memadai.
Downloads
References
Ahmad Tanzeh dan Suyitno,2009. Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya : Elkaf
Anas Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Rajawali Pers.
Burhan Bungin, 2008. Metodologi Penelitian Sosial: Format 2 Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press.
Dedi, Mulyana, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda.
Djalal Fuadi dan Sriyono. 2011. Modul Bidang StudibIPS SD. Panitia Sertivikasi Guru Rayon 41. Dep. Pendidikan Nas. UMY.
Hamidi, 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Hamalik, Oemar, 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algasindo
Iqbal Hasan, 2008. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta:Ghalia Indonesia
Lexy Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini, 2012. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras.
Moekijat. 2008. Analisis Jabatan. Bandung : Bandar Maju.
Nana Sujana, dkk. 2010 Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Ngalim, Purwanto, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta. Oemar
Poerwadarminta, W.J.S. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
Sardiman. 2010. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Medyatama Sarana Perkasa
Suharso dan Ana Retnoningsih, 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya,
Supardi, 2009. Metodologi Penilaian Ekonomi Dan Bisnis, Yogyakarta:UII Press.
Sugiyono,2012. Memahami Penelitian, Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R dan D. ALFABETA. Bandung.
Sumantri, Muhammad Numan. 2010. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Stephen P. Robboins dan Timonthy, 2013. Organisasi Perilaku Organisasi. Jakarta. Prenhalindo.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa (KBBI) Edisi 3. Jakarta:Balai Pustaka.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta,. Pranada Media Group.
Vatterott. 2009. Rethinking Homework Bes Practies That Support Diverse Needs. USA. Paperbag.
Winarno Surachmad, 1990. Metode Penelitian. Bandung: Tantasito
Copyright (c) 2022 Hawa Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.