Perilaku Komunikasi Pemasaran Online Offline Melalui Omnichannel Dalam Membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Abstract
Ekonomi digital menjadi tantangan pemerintah untuk melakukan perubahan model bisnis pada sektor usaha. Perubahan paradigma dan cara pandang di bidang pemasaran dalam era globalisasi menjadi sebuah kewajiban pelaku bisnis. Metode omnichannel dapat menumbuhkan basis pelanggan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perilaku komunikasi pemasaran online offline melalui omnichannel dalam membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pendekatan yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan indepth study (pendekatan mendalam). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan perilaku komunikasi online offline melalui omnichannel dalam membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah perilaku yang fokus pada pengalaman pelanggan dengan pengelolaan keputusan pembelian. Perilaku tersebut meliputi gaya hidup, gengsi, dan penggunaan konsumen. CV Khai Fazza Barokah memberikan konten tren dengan membawa karakter yang dapat di tracking melalui google trends, trending topic twitter, instagram explore, dan tiktok fyp. Perilaku yang diterapkan yaitu menempatkan calon konsumen sebagai teman untuk menjalin komunikasi yang sinergis dengan tujuan membuat loyalitas pelanggan meningkat.
Downloads
References
Beck, N., & Rygl, D. (2015). Categorization of multiple channel retailing in Multi-, Cross-, and Omniâ€Channel Retailing for retailers and retailing. Journal of Retailing and Consumer Services, 27, 170–178.
Bleier, A., Harmeling, C. M., & Palmatier, R. W. (2019). Creating effective online customer experiences. Journal of Marketing, 83(2), 98–119.
Ghazali, T. A. (2018). Pengembangan aplikasi pemesanan layanan kecantikan berbasis progressive web apps pwa studi kasus: two cents. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hickman, E., Kharouf, H., & Sekhon, H. (2020). An omnichannel approach to retailing: demystifying and identifying the factors influencing an omnichannel experience. The International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 30(3), 266–288.
Kang, J.-Y. M. (2019). What drives omnichannel shopping behaviors? Fashion lifestyle of social-local-mobile consumers. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.
Lee, W. (2020). Unravelling consumer responses to omni-channel approach. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 15(3), 37–49.
Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685.
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. KOMVERSAL: Jurnal Komunikasi Universal, 2(1), 28–50.
Simatupang, B. E., Pasaribu, R. M., Simanjuntak, A., Pasaribu, H. D. S., & Matondang, V. (2021). Kepercayaan Konsumen Memediasi Omnichannel Integration Quality Pada Niat Pembelian Kembali di PT Pegadaian (Persero) Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 67–77.
Susanto, E. H. (2017). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Jurnal Aspikom, 3(3), 379–398. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283.
Wibowo, A. (2022). Perbankan Digital (Digital Banking). Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–204.
Yrjölä, M., Spence, M. T., & Saarijärvi, H. (2018). Omni-channel retailing: propositions, examples and solutions. The International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 28(3), 259–276.
Copyright (c) 2022 Ralin Khairunnisah, Isnawijayani Isnawijayani, Ratu Mutialela Caropeboka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.