Pengaruh E-Word of Mouth dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazada

  • Yusuf Faisal Magister Manajemen, Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha
Keywords: E-WOM, Celebrity Endorser, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Word-of-Mouth (WOM) dan Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce Lazada. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 300 responden pengguna Lazada di Kota Bandung. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WOM dan Celebrity Endorser memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Lazada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah WOM dan Celebrity Endorser memainkan peran penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen di platform e-commerce Lazada. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan strategi pemasaran yang efektif untuk memanfaatkan potensi pengaruh positif dari WOM dan selebriti endorser dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Saran praktis yang diberikan adalah perusahaan harus memperkuat komunikasi WOM positif dan memilih selebriti endorser yang relevan dan kredibel untuk memaksimalkan efek pengaruh mereka pada keputusan pembelian konsumen di Lazada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, A. (2020). Principles of Marketing: A Global Perspective. Cengage Learning.

Chi, H., Yeh, H. R., & Tsai, Y. C. (2011). The influences of perceived value on consumer purchase intention: the moderating effect of advertising endorser. Journal of International Management Studies, 6(1), 1-6.

Ghozali, I. (2018). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ifeanyichukwu, C. D. (2016). Effect of celebrity endorsements on consumers purchase decision in Nigeria. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 3(9), 103.

Misra, S. K., Mehra, P., & Kaur, B. (2019). Factors influencing consumer choice of celebrity endorsements and their consequent effect on purchase decision. International Journal on Emerging Technologies, 10(2), 392-397.

Prasad, A., & Gaarg, S. (2017). Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson.

Sumangla, P., & Panwar, A. (2014). Capturing, Analyzing, and Managing Word of Mouth in The Digital Market Place. Hershey, Pennsylvania.

Shimp, T. A. (2003). Advertising, Promotion, and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications (6th ed.). South-Western College Publishing.

Kamil, N. A. I., & Albert, A. (2020). The effect of e-wom and brand image towards Sushi Masa consumer purchasing decision. Journal of Social Studies (JSS), 16(1), 19-34.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education. Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Maria, K. D., Kindangen, P., & Rumokoy, F. S. (2016). The effect of electronic word of mouth on consumer buying decision in Lazada. Jurnal

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the internet?. Journal of interactive marketing, 18(1), 38-52.

Danniswara, R., Sandhyaduhita, P., & Munajat, Q. (2020). The impact of EWOM referral, celebrity endorsement, and information quality on purchase decision: A case of Instagram. In Global branding: Breakthroughs in research and practice (pp. 882-905). IGI Global.
Published
2022-10-20