Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X (Mipa 1) di MAN 1 Kota Medan

  • Atiyah Hasanah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Harun Al-Rasyid Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Isi Buku Ajar, Minat Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Ajar Bahasa Arab terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas X MIPA 1 di MAN 1 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Berdasarkan dari segi seleksi, graditasi, presentasi, buku tersebut memenuhi kriteria buku yang baik. Kemudian minat belajar siswa yang bisa dikatakan sangat meningkat karena antusias siswa saat mata pelajaran bahasa Arab, dengan bantuan materi yang terperinci serta cara mengajar guru didalam kelas yang membuat siswa semangat dan senang mempelajari bahasa Arab baik secara langsung maupun secara daring (dalam jaringan) sehingga bisa dikatakan minat belajar siswa meningkat dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan buku ajar yang digunakan sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2004, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Beberpa Pokok Pikiran Cet.IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B.P.Sitepu. 2014, Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: PT Grafindo Persada

Hadi, Sutrisno. 2007, Metodologi Research, (Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM,).

Khairy Abusyairi. 2013 “pengembangan Bahan Ajar bahasa Arab,” Dinamika Ilmu 13, no.1 hlm. 51-66.

Kees, Versteegh, 1997, The Arabic Language. Edinburgh University Press, ISBN 90-04-17702-7.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia. 2014, Nomer 207 Tahun 2014, tentang kurikulum Madrasah, Jakarta: Kemenag.

Moleong, J. Lexy. 2013, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

S. Nasution. 2009, Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. , 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Warsita, Bambang, 2008, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-10-20