Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Educandy Untuk Siswa Smp Cerdas Murni Tembung

  • Zulfahmi Lubis Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Yasmin Harahap Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Media, Bahasa Arab, Educandy

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu untuk mempermudah belajar mengajar. Dengan adanya media juga dapat menambah minat belajar siswa. Siswa juga lebih aktif dan tidak hanya siswa guru juga ikut serta aktif dan kreatif dalam mengajar, karena dibalik media pembelajaran yang baik dan mudah di mengerti ada guru yang aktif dan kreatif dalam membuat media pembelajaran, Tujuan dari penelitian ini, untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web educandy di SMP Cerdas Murni Tembung, Metode penelitian ini menggunakan teknik R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall dimana peneliti membatasinya menjadi 7 langkah terbaik: 1) identifikasi masalah; 2) pengumpulan data ; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; 7) uji pemakaian. penelitian ini adalah media yang layak digunakan sebagai media evaluasi untuk mengenal bahasa Arab pada tahap sekolah, Hasil validasi dari ahli media yaitu dengan persentase 85% (sangat layak). Penggunaan media pendidikan juga mendapat reaksi yang “positif†dari 29 siswa kelas VII-3 SMP Cerdas Murni Tembung dengan persentase 90% yang menunjukkan peningkatan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, dan sebanyak 86% menunjukkan minat dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa meningkat, Dengan begitu pembelajaran media web educandy ini sangat layak untuk digunakan dalam media pembelajaran bahasa arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N. C., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56–61. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145

Azzah, R.I., Zuraidah, 2021. Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). IAIN Kediri, 1 2.

Agustinasari, Susilawati, E., & Fitriati, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 273–280.

Al Anyar,bahasa arab untuk kelas VII madrasah tsanawiyah kurikulum 2013

Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242.https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789.

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), (1). https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Asrul, Rusyrdi Ananda, dan Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Budiono Saputro, Management Penelitian Pengembangan (Research & Development) (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017).

Chalimi, I. R., & Firmansyah, H. (2021). Pendidikan Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1–8.

Erdemir, N., & Yangın Ekşi, G. (2019). The Perceptions of Student Teachers About Using an Online Learning Environment ‘Edmodo’ in a ‘Flipped Classroom’. SDU International Journal of Educational Studies,6(2), 174–186. https://doi.org/10.33710/sduijes.638795.

Fitriani, H., & Syarkowi, A. (2021). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 448–458. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4050.

Isnaini, Nurul, dan Nurul Huda. “Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route.” Al-Mi’yar 3(1) (2020).

Maimunah, & Cinantya, C. (2021). Pelatihan Implementasi Blended Learning di Taman Kanak-kanak pada Guru TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur. Bubungan Tinggi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 224–229.

Muhammad Ahsan, Marhani, dan Nasruddin, Penerapan Media Pembelajaran dalam Memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Arab (Jawa Timur: IAIN Parepare Nusantara Press, 2019).

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak UsiaDini. Jurnal ilmiah kajian ilmu anak dan media informasi PAUD, V(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.

Prabawati Nurhabibah, Fikriyah, dan Komala Dewi, “Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V,” Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 17(2) (2021): 255–64.

Rahmi Ramadhani dan dkk, Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan (Yayasan Kita Menulis, 2020).

Rahayu, R. P., & Wirza, Y. (2020). Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 392–406. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.292

Pamungkas, Sigit. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar 32(2), (57–68).

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. JurnalBasicedu, 5(3), 1683–1688.

Syaifullah, Muhammad, and Nailul Izzah. 2019. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3(1): 127.

Sudaryanto, A., Maruta, I. A., Ariansyah, I., &Achmad, R. P. (2020).http://ejournal.uniramalang.ac.id/attamkin/Volume 3 No. 2 Oktober 2020. JurnalPengabdian Kepada Masyarakat, 3(2),28–34.

Siti Maisaroh, Amrini Shofiyani, dan Siti Sulaikho, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart

Snake dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Allahjah 5(2) (2020): 3.

Talizaro Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2) (2018): 103.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55–63. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089.
Published
2023-10-20