Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon di Bandung Raya

  • Farah Puspa Vania Universitas Widyatama, Bandung
  • Oktora Yogi Sari Universitas Widyatama, Bandung
Keywords: celebrity endorser, brand image, proses keputusan pembelian

Abstract

Perkembangan industri kosmetik terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dan mengakibatkan persaingan yang ketat antar sesama brand kosmetik yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap proses keputusan pembelian kosmetik Revlon di Bandung Raya. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, untuk pengumpulan data sendiri menggunakan survei kuesioner, yang kemudian digunakan untuk menghitung dan mengumpulkan sampel menggunakan rumus Malhotra, menghasilkan total 122 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 21. Setelah melalui penelitian dan diuji menggunakan SPSS 21 menunjukkan hasil bahwa celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap proses keputusan pembelian kosmetik Revlon di Bandung Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Nurul, & Bertuah, Eka. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Biore Body Foam Melalui Citra Merek. JCA of Economics and Business, 1(02).

Azimah, Lukluk Ayyil Ayu. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Biore Body Wash (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018 FEB UNISMA).

Dewi, Luh Gede Permata Sari, Oei, Selvie Josowanto, & Siagian, Hotlan. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. EDP Sciences.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 490.

Hairunnisa, Hairunnisa. (2021). Pengaruh Zozibini Tunzi terhadap Perkembangan Body Positivity pada Perempuan (Studi pada Mahasiswi FISIP UMM 2017). Universitas Muhammadiyah Malang.

Kuhu, Triva Tantri, Tumbel, Altje L., & Wenas, Rudy S. (2019). Pengaruh viral marketing, celebrity endorser, dan brand trust terhadap keputusan pembelian di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Landthaler, Jorg, Uludag, Omer, Bondel, Gloria, Elnaggar, Ahmed, Nair, Saasha, & Matthes, Florian. (2018). A Machine Learning Based Approach to Application Landscape Documentation. In Robert Andrei BuchmannDimitris KaragiannisMarite Kirikova (Ed.), IFIP Working Conference on The Practice of Enterprise Modeling (Vol. 335, pp. 71–85). https://doi.org/10.1007/978-3-030-02302-7_5

Malohing, Grace, & Mandagie, Yunita. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada Pt. Hasrat Abadi Jayapura. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2).

Nugraha, Nugi Mohammad, & Susyana, Fina Islamiati. (2021). Pengaruh net profit margin, return on assets dan current ratio terhadap pertumbuhan laba. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 3(1), 56–69.

Oscar, Yessica, & Keni, Keni. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28.

Palupi, Mia Intan Ros Bita, & Saputro, Edy Purwo. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Celebrity Endorser, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramadhani, Ira, & Nadya, Prameswara Samofa. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, Rahma Rina. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta, 1–32.

Yani, Jenderal Achmad, Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, Revisi, Perilaku Konsumen Edisi, & Aditama, Refika. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Yusuf, Ade. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2 (1), 472–481.

Zahra, Keviana Fatmanissa, Listyorini, Sari, & Pinem, Robetmi Jumpakita. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Koesmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973.
Published
2022-10-20