Analisis Pengaruh Administrative Process, Tangibles, Doctor Service, Nurse Services, Hospital Reputation Terhadap Patient Satisfaction Dari Kru Kapal Pesiar X Yang Mendapat Pengobatan di RS Y

  • Steven Widjaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Yohana F. Cahya Palupi Meilani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan, Jakarta
Keywords: administrative process, tangibles, doctor services, nurse services, hospital reputation, patient satisfaction

Abstract

Pelayaran merupakan gabungan dari layanan pariwisata serta transportasi maritim sehingga memungkinkan untuk memfasilitasi penumpang dalam kegiatan rekreasi maupun untuk rencana perjalanan dengan setidaknya menginap satu malam di dalam kapal pesiar. Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan menyumbangkan banyak rakyatnya untuk bekerja sebagai awak kapal baik kapal nasional maupun asing. Indonesia menempati posisi 3 sebagai pemasok awak kapal terbanyak di dunia. Jumlah awak kapal Indonesia ini akan mempengaruhi kebutuhan perusahaan kapal pesiar dalam menyediakan layanan kesehatan bagi para anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh administrative process, tangibles, doctor services, nurse services, hospital reputation terhadap patient satisfaction dari kru kapal pesiar X yang menerima pengobatan di RS Y. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional untuk mendapatkan data kuantitatif dari kuesioner online. Kuesioner dimodifikasi berdasarkan pertanyaan yang sudah ada dari literatur sebelumnya. Data dikumpulkan secara purposive dari sekelompok 160 kru kapal pesiar X yang mendapat pengobatan di RS Y dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas. Perangkat lunak PLS-SEM kemudian digunakan untuk menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara administrative process, tangibles, hospital reputation terhadap patient satisfaction. Terdapat pula hasil tidak adanya pengaruh antara doctor care dan nurse care terhadap patient satisfaction dari kru kapal pesiar X yang menerima pengobatan di RS Y. Hasil penelitian ini akan membantu manajerial rumah sakit dalam menentukan hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan kepuasan pasien. Terdapat beberapa keterbatasan pada penelitian ini, diikuti dengan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anarti, Inggil Wanudya, & Oktariyanda, Trenda Aktiva. (2022). Inovasi Layanan Si Elsa Centil (Vaksinasi Keliling Desa Mencegah Dan Mengantisipasi Lonjakan Covid 19) Dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan Di Puskesmas Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Publika, 805–818.

Bunyarahma, Eggy Ilham. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Gigi di Puskesmas Ibrahim Adjie. Perpustakaan Pascasarjana.

Calundu, Rasidin. (2018). Manajemen Kesehatan (Vol. 1). Sah Media.

Charismawati, Mega. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Ekspor Komoditi Pertanian Terhadap Devisa di Indonesia periode 2012-2016. Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama.

Eddyono, Fauziah. (2021). Pengelolaan Destinasi Pariwisata. uwais inspirasi indonesia.

Fitrianeti, Desi, & Dominata, Ayurisya. (2021). Implementasi Permenkes Nomor 812 Tahun 2010 tentang Tata Laksana Penyelenggaraan Pelayanan Hemodialisis di Indonesia Implementation of the Minister of Health the Regulation Number 812 of 2010 on the Implementation of Hemodialysis Services in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 5(1).

Ilahi, Kurnial, & Rabain, Jamaluddin. (2017). Konversi Agama (Kajian Teoritis Dan Empiris Terhadap Fenomena, Faktor, Dan Dampak Sosial Di Minangkabau). Kalimetro Inteligensia Media.

Jamil, Nizhaf Roazi. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Awak Kapal Selama Bekerja Di Kapal Asing.

Kampai, Reno. (2022). Upaya Penerapan Sistem Prosedur Tugas Dinas Jaga di Pelabuhan Bongkar-Muat Bagi Awak Kapal Bagian Deck di Atas MT. Merbau. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.

Sukarna, Dyah Ratna Adhaleya. (2022). Peran 4ocean Dalam Menangani Krisis Sampah Plastik Di Laut Indonesia Periode 2015-2020. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Supangat, Dewi Wahyuni. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar= The Effect Of Brand Image and Patient Satisfaction on Outpatient Loyalty at Hospital of DR. Tadjuddin Chalid Makassar. Universitas Hasanuddin.

Ulumiyah, Nurul Hidayatul. (2018). Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149–155.

Untoro, Evi, & Antonio, Ferdi. (2021). Anteseden Dari Family Satifaction Serta Dampaknya Terhadap Hospital Image (Studi Pada Pelayanan Di Kamar Jenazah Dan Pemulasaraan Jenazah Pada Rumah Sakit Swasta Tipe “B”). Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(1), 1–20.

Utomo, Hari, & Laut, Tentara Nasional Indonesia Angkatan. (2017). Siapa yang bertanggung jawab menurut hukum dalam kecelakaan kapal (legally responsible parties in ship accident). Jurnal Legislasi Indonesia, 14, 57–75.

Zaleha, Ulfa, Dessy, Hermawan, Riyanti, Riyanti, Koidar, Amirus, & Nurhalina, Sari. (2022). Analisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 4(11), 2937–2951.
Published
2022-10-20