Pengaruh Karakteristik Pendamping dan Tingkat Kesesuaian Pesan Komunikasi Terhadap Keberhasilan Program FMSRB di Kabupaten Lebak

  • Dike Cidrasari Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang
  • Mirajiani Mirajiani Agribisnis, universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang
  • Suherman Suherman Agribisnis, universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang
Keywords: Efektifitas, komunikasi, karakteristik pendamping, program FMSRB

Abstract

Upaya mewujudkan penanganan lahan kritis melalui Kementrian Pertanian, Direktorat Jendral (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) adanya dukungan melalui program Flood Management Selected River Basins (FMSRB) yang didadampingi oleh Community Fasilitator (CF). Fasilitator melakukan fasilitasi untuk mensukseskan program FMSRB pada kelompok tani sebagai penerima manfaat. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas komunikasi dan karakteristik pendamping dalam Program FMSRB, menganalisis kinerja pendamping dalam program FMSR, dan menganalisis keberhasilan program FMSRB. Penelitian menggunanakan pendekatan kuantitatif. Data diolah menggunakan menggunakan statistik Regresi berganda. Penelitian dilakukan di Kabupaten Lebak yang bertempat di 16 kecamatan di Kabupaten Lebak. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2023.Hasil analisis Pengaruh x2 melalui y1 terhadap y2. Diketahui pengaruh langsung yang diberikan x2 terhadap y2 sebesar 0,300. Sedangkan pengaruh tidak langsung x2 melalui y1 terhadap y2 adalah perkalian antara nilai beta x2 terhadap y1 dengan nilai beta y1 terhadap y2 yaitu 0,073 × 0,260 = 0,018. Maka pengaruh total yang diberikan x1 terhadap y2 adalah pengaruh langsung ditambah dengan pengaruh tidak langsung yaitu : 0,300 + 0,018 = 0,318. Berdasarkan hasil tersebut ddiketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,300 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,318 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan nilai pengaruh langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung karakteristik pendamping melalui kinerja pendamping mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberhasilan program FMSRB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan ke enam. Bandung Refika Aditama.

A.A Anwar Prabu Mangkunegara (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Achda BT. 2006. The Sociological Context of Corporate Social Responsibility Development and Implementation in Indonesia. Corporate Social Responsibility and Environmental Management. [Internet]. 13 (5): 300-305. Jakarta (ID): Indonesia. Diunduh pada 2 januari 2019. Tersedia di: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1002/csr.133

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.

Apriliasari, Sartika. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Positv Positive Word Of Mouth pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas M Muhammadiyah Yogyakarta. FE Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

A.F.Stoner, J. (2003). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Anggraini, Meiga. (2013). Pengaruh Mobilisasi Dini terhadap Keberhasilan Penyembuhan Luka pada Pasien Pasca Operasi di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Arifin B. (2005). Pengaruh faktor-faktor kepuasan komunikasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. 2(1):16-34.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol 2 (2):127-133.

Byars, Lloyd I. dan Leslie W. Rue. (2004). Human Resource Management. 8th edition. New York: McGraw-Hill.

Bahua, I.M. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penyuluh Pertanian dan Dampaknya Pada Perilaku Petani Jagung di Provinsi Goron Talo. Disertasi. Pascasarjana IPB. Bogor.

Dwihayanti. (2004). Faktor-faktor komunikasi yang berhubungan dengan kinerja kelompok petani-nelayan kecil (KPK) [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Dyne VL, Graham JW. (2005). Organizational Citizenship Behavior; Construct Redefinition Measurement and Validation. Academy Management Journal. 37 (4):765-802.

Effendy, Onong Uchjana. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

Effendy OU. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung (ID): Citra Aditya Bakti.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mutivariat dengan Program IBM SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson JL, Ivancevich JM, Donelly JH. (2000). Organizations; Behaviour, Structure, and Process. Boston (US): McGraw-Hill Companies, Inc.

Hasibuan, Malayu S.P, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrata : PT Bumi Aksara.

Henry Simamora, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia, Jakarta.

Hargie, Owen and David Dickson. (2004). Skilled Interpersonal Communication : Research, Theory, and Practice. London: Routledge.

Kerlinger N. (2006). Foundation of Behavioral Research. New York (US): Holt. Rinchart and Wunston. Inc.

Knoers dan Haditono. (2009). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Cetakan ke -12, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kreitner R, Kinicki A. 2004. Organizational Behavior. 5th ed. New York (US): McGraw Hill.

Kurnia. Undang. Neneng, L. Nurlinda. Harry. Kusnaedi. (2015). Penetapan Retensi Air Tanah di Lapangan. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Departemen Pertanian : Bogor.

Leilani A, Jahi A. (2006). Kinerja penyuluh pertanian di beberapa kabupaten Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan. 2(2):99-106.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayla Hubeis. (2013). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Published
2022-10-20