MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01D9B4C6.78CC75D0" ------=_NextPart_01D9B4C6.78CC75D0 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/Dwita,siappublish.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN:
2541-0849 e-ISSN: 2548-1398
Vol. 8, No. 7, Juli 2023
STRATEGI PT. BLUEB=
RID TBK
DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TAKSI ONLINE MELALUI MARKETING PUBLIC RELATIONS=
Dwitia Masdarul Ma=
wahib1,
Didik Hariyanto2
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Masdarul285@gamail.com1, didikhariyanto@umsida.ac.id2
Abstrak
Transportasi onlin= e saat ini menjadi alternatif baru bagi masyarakat karena sangat efisien dan efekt= if. Beberapa transportasi sudah ada sejak dulu juga merubah sistem pemesanan transpotasi menjadi online. Salah satu transportasi yang merubah cara pemesanannya adalah PT. Blue Bird Tbk yang saat ini masih banyak menjadi pilihan oleh masyarakat. Blue Bird bukan hanya sekedar perusahaan akan teta= pi sudah menjadi gaya hidup mereka. Meskipun PT. Blue Bird Tbk tidak memiliki layanan menggunakan sepeda motor seperti halnya PT. Go-Jek, PT. Grab, Dan M= AXIM. Namun keberadaanya masih menjadikan pesaing untuk tranpostasi online lainny= a. Dalam keadaan tersebut menjadi persaingan di antara perusahaan-perusahaan transportasi online lainnya, sehingga perusahaan tersebut harus mengenalkan Brand yang kuat di tengah-tengah masyarakat. Dalam upaya tersebut strategi pemsaran melalui peran marketing public relations sangat penting untuk mengenalkan Brand kepada masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah stra= tegi PT. Blue Bird Tbk dalam menghadapi persaingan taksi online melalui marketing public relations. Dengan menggunakan teori bauran pemasaran humas oleh Thom= as L. Harris menggunakan konsep ‘P.E.N.C.I.L.S’. metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi ka= sus deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara yang dilengkapi = oleh data. Aktivitas marketing public relation sebagai strategi pemasaran melalu= i 7 strategi marketing public relation seperti kegiatan publikasi, membuat kegi= atan yang menarik, hubungan baik dengan masyarakat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, membangun citra positif, menyediakan layanan dengan penamb= ahan fitur baru dalam jaringan yang diberikan keppada masyarakat. Semua itu merupakan langkah ataupun strategi PT. Blue Bird Tbk dalam memeberikan pelayanan terbaik untuk membangun kesadaran merek PT. Blue Bird Tbk agar semakin kuat.
Kata kunci<= /b>: Marketing, Public Relations, Transportasi Onl= ine.
Abstract
Online transportation has =
become a
new alternative for people due to its efficiency and effectiveness. Some
transportation services that have been around for a while have also transfo=
rmed
their booking systems to online platforms. One of the transportation compan=
ies
that has revolutionized its booking process is PT. Blue Bird Tbk, which is
still a popular choice among the public. Blue Bird is not just a company; it
has become a lifestyle for many people. Although PT. Blue Bird Tbk does not
offer motorbike services like PT. Go-Jek, PT. Grab, and MAXIM, its presence
still poses competition for other online transportation services. In such a
competitive landscape, companies need to establish a strong brand presence
among the public. Marketing public relations play a crucial role in introdu=
cing
the brand to the public. The focus of this research is PT. Blue Bird Tbk's
strategy in dealing with the competition from online taxi services through
marketing public relations. The research utilizes the theory of the PR mark=
eting
mix by Thomas L. Harris, which employs the concept of 'P.E.N.C.I.L.S.' This
study adopts a qualitative research method with a descriptive case study
approach, collecting data through interviews supplemented with additional d=
ata.
Marketing public relations activities serve as marketing strategies through=
7
PR marketing strategies, including publicity activities, creating engaging
events, fostering good relationships with the community, establishing
partnerships with other companies, building a positive image, and providing
services with new features added to their network for the public. All of th=
ese
are steps or strategies employed by PT. Blue Bird Tbk to provide the best
service and strengthen brand awareness for PT. Blue Bird Tbk.
Keywords: Marketing, Public Relation=
, Online
Transportation
Pendahuluan
Transpotasi online saat ini
menjadi alternatif baru bagi masyarakat karena sangat efisien dan efektif.
Beberapa transportasi yang sudah ada sejak dulu juga merubah sistem pemesan=
an
transportasi menjadi online. Salah satu perusahaan transportasi yang merubah
cara pemesanannya adalah PT. Blue Bird Tbk yang saat ini masih banyak menja=
di
pilihan oleh masyarakat.
Sejak memulai kegiatan kom=
ersil di
tahun 2001 dan melakukan restrukturisasi di tahun 2012, perseroan telah ber=
kembang
menjadi sebuah kelompok usaha besar. Dengan jutaan penumpang setiap bulan, =
Blue
Bird Group memperluas layanannya melalui 15 entitas anak. Dari taksi umum (=
Blue
Bird dan Pusaka), sampai taksi eksekutif (Silver Bird), limosin dan penyewa=
an
mobil (Golden Bird), carter bus (Big Bird), logistik (Iron Bird Logistic),
industri (Restu Ibu Pusaka – Bus Body Manufacturing dan Pusaka Niaga
Indonesia), properti (Holiday Riset Lombok Dan Pusaka Bumi Mutiara), IT dan
layanan mendukung (Hermis Consulting – IT SAP, Pusaka Integritas Mand=
iri
– EDC, Pusaka GPS, Pusaka Buana Utama – Petrol Station, Pusaka
Bersatu – Lubricant, Pusaka Suku Cadang Indonesia – Spare Part)=
dan
alat berat (Pusaka Andalan Perkasa dan Pusaka Bumi Transportasi).
Seiring dengan pertumbuhan=
usaha,
perseroan melangkah maju dengan melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) serta
mencatatkan sahamnya dibursa efek indonesia pada 5 November 2014 dengan
menggunakan kode saham “BIRD”. Langkah IPO tersebut bertujuan u=
ntuk
mendukung rencana pengembangan usaha perseroan dalam mempertahankan posisin=
ya
sebagai pemimpin pasar dibidang jasa transportasi, khususnya layanan
transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat. Meskipun PT. Blue Bird =
Tbk
tidak memiliki layanan menggunakan sepedah motor seperti halnya PT. Go-Jek,=
PT.
Grab, dan MAXIM. Namun keberadaannya masih menjadi pesaing untuk transporta=
si
lainnya. Menghadapi persaingan di era global, ber=
bagai
bangsa di dunia telah mengembangkan Knowledge Based Economy (KBE), yang
mensyaratkan dukungan manusia berkualitas
Dengan adanya perkembangan
teknologi dan meluasnya penggunaan internet serta smartphone di era
globalisisai ini, didukung dengan bertambahnya aplikasi dan aktivitas bisnis
dalam bidang transportasi, sehingga merubah pola masyarakat dalam menggunak=
an
transportasi yang awalnya konvensional berubah menjadi berbasis internet.
Peningkatan jumlah pengguna internet menjadi dampak dari peningkatan
penggunakan sosial media sehingga masyarakat lebih cenderung beralih
menggunakan transportasi dengan berbasisi internet. Menurut
Dengan pertumbuhan informa=
si dan
teknologi saat ini sebagai perusahaan transportasi yang lebih dahulu lahir
daripada pesaing-pesaing saat ini, PT. Blue Bird Tbk melakukan berbagai
aktivitas untuk mengenalkan kesadaran merk di tengah masyarakat. Because The failure to manage communic=
ation
caused the public not to understand information accurately
1.&n=
bsp;
Public Relations has becom=
e a big
and profitbale business. (Public Relations sudah m=
enjadi
suatu yang besar dan bisnis yang menguntungkan).
2.&n=
bsp;
MPR is the largest and fas=
test
growing segment of a fast growing industry. (MPR adalah bagian pertu=
mbuhan
yang paling besar dan paling cepat dalam suatu pertumbuhan industri yang pa=
ling
cepat pula).
3.&n=
bsp;
Companies have recognize
the growing importance of marketing public relations with bigger budget and
fatter paychecks.
(Perusahaan telah mengakui semakin meningkatnya arti penting MPR, maka besa=
rnya
anggaran dan cek gaji yang lebih besar pula).
4.&n=
bsp;
Public Relations is getting
increasing interest in the marketing and business media. (Public Relations mulai m=
enambah
minat di media pemasaran dan perusahaan).
5.&n=
bsp;
The academic comumunity is=
showing
greater interest in public relations. (Himpunan akademis menaruh perhatian =
yang
lebih baik terhadap Public Relations).
Dengan melihat penelitian
terdahulu sebagai pembanding pada terbitan Dwi Karya Yuris Pragawati dalam
jurnalnya yang berjudul “Strategi pemasaran=
jasa
transportasi taksi konvensional menghadapi persaingan jasa transportasi
berbasis aplikasi online di Surabaya”
dengan menggunkan metode kualitatif fenomologis . Marketing Public Relations (MPR)
melakukan berbagai upaya untuk membangun atau meningkatkan tentang pemasaran
perusahaan agar menjadi pilihan oleh masyarakat. Dibutuhkan usaha yang terus
menerus untuk membangun pemasaran dan kesadaran merek agar bisa mencapai le=
vel
tertingginya yaitu top of mind.=
Tentu
upaya yang dilakukan oleh PT. Blue Bird Tbk dengan memperkenalkan layananny=
a,
membangung citra yang kuat dan memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat
terhadap transportasi yang mudah dan aman. Kekuatan nilai merek yang dilaku=
kan
oleh PT. Blue Bird Tbk merupakan sebuah produk yang ditawarkan atau dijanji=
kan
kepada masyarakat dalam proses pemasaran yang dilakukan. Kesadaran merek (Brand Awareness) merupakan kemamp=
uan
individu mengenali dan mengingat merek dari suatu produk kategori tertentu =
dan
merupakan dimensi utama dalam ekuitas merek
2.&n=
bsp;
Brand Recognition=
i>, di tingkatan ini konsumen
diberikan ciri-ciri terhadap suatu produk untuk mengetahui tingkat kesadaran
konsumen.
3.&n=
bsp;
Brand Recall, ditahap ini konsumen mampu mengingat merek yang dicermi=
nkan
oleh merek lain setelah menyebut merek pertama.
4.&n=
bsp;
Top Of Mind, pada tahapan ini konsumen mengingat m=
erek
yang muncul saat ditanya tentang suatu produk tertentu.
Gambar 1: Tingkatan Brand
Awareness Sumber:
Bauran P.E.N.C.I.L.S yang
dikembangkan oleh Thomas L. Harris jika dijelaskan secara terperinci, maka
komponen utama perana Public Relations adalah:
a.&n=
bsp;
Publications
b.&n=
bsp;
Event (penyusunan program acara) merancang s=
ebuah
acara tertentu yang dipilih dalam jangka waktu, tempat, dan objek tertentu =
yang
bertujuan untuk membuat opini publik tentang perusahaan.
c.&n=
bsp;
News (Berita) keterangan mengenai berita atau
kejadian yang hangat. Dalam artian menciptakan berita melalui pers realease, news letter dan bulleti=
n.
Public Relations Officer (PRO) harus mempunyai kemampuan untuk menulis,
dikarenakan sebagian tugasnya adalah tulis menulis khususnya dalam mencipta=
kan
publisitas.
d.&n=
bsp;
Community Involvement (keterlibatan komunitas) =
adalah
mengadakan hubungan dengan komunitas ataupun kelompok masyarakat tertentu y=
ang
bertujuan untuk menjaga hubungan baik (community
relationsand humanity relations) dengan organisasi ataupun lembaga yang
diwakilkan.
e.&n=
bsp;
Inform or image=
(memberitau untuk meraih =
citra)
yaitu memberitahukan sesuatu kepada publik dengan tujuan menarik perhatian,
dengan harapan akan memperoleh tanggapan citra positif, yang berawal dari
ketidaktauan menjadi tau, setelah itu timbul suka, dan setelah itu timbul
sesuatu yang berupa citra.
f.&n=
bsp;
Lobbying and negotiation=
span> (meloby dan penawaran) ya=
itu
kemampuan melobi yang sangat diperlukan bagi seorang Public Relations Officer (PRO) agar semua menjadi terencana, ide
ataupun gagasan suatu organisasi yang akan diberikan kemasyarakat perlu
diadakan pendekatan supaya mencapai kesepakatan dan dukungan dari individu =
yang
berpengaruh sehingga saling menguntungkan.
g.&n=
bsp;
Social Responsibility (tanggung jawab sosial) y=
aitu
sebuah aspek tanggung jawab sosial sebuah perusahaan yang tidak hanya
memikirkan keuntungan materi bagi organisasi ataupun lembaga akan tetapi ik=
ut
berperan dalam meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang sehat pada
masyarakat sekitar.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasa=
r pada
metodologi yang menyelidiki sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan da=
ta
deskriptif berupa fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini,
peneliti membuat suatu gambarangn kompleks, meliputi kata – kata, lap=
oran
terperinci dari pandangan responden, melakukan studi pada situasi yang dial=
ami.
Metode studi kasus yang digunakan adalah collective case study, collective =
case
adalah beberapa kasus yang memiliki karakteristik, kemudian dijelaskan dan
dibandingkan, dengan memberikan wawasan untuk menemukan benang merahnya. De=
ngan
menggunakan pendekatan Deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha
mendekripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misal kondisi atau hubungan
yang ada, pendapat yang berkembang.
Subjek dalam penelitian ini adalah S.r Executive PR P=
T.
Blue Bird Tbk bapak Rio Qashmal sebagai key informan kemudian bapak
ma’ruf sebagai customer dan juga informan I dari PT. Blue Bird Tbk. O=
bjek
dari penelitian ini adalah kegiatan marketing public relations dalam strate=
gi
PT. BlueBird Tbk.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dibagi me=
njadi
dua bagian yang terdiri dari data primer dandata sekunder. Data primer yaitu
data yang didapat melalui wawancara mendalam dengan key informan dan inform=
an.
Dengan melakukan wawancara secara mendalam (in-depth interview) kepada
informan, peneliti dapat mengetahui alas an yang
sebenarnya yang responden berikan. Data sekunder yaitu data yang didapat
melalui berbagai macam informasi yang berkaitan dengan PT. Blue Bird Tbk, b=
aik
berupa berita, artikel, maupun media cetak yang bertujuan sebagai konsep un=
tuk
pengembangan penelitian. Menurut (Az-Zahra et al., 2023) sumber primer
merupakan sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, =
dan
sumber sekunder merupakan sumber yang langsung tidak langsung memberikan da=
ta
kepada pengumpul data. Misalnya melewati artikel atau dokumen.
Hasil Dan Pembahasan
PT. Blue Bird Tbk melakukan berbagai kegiatan untuk membangun kesadaran merek dan strategi perusahaan di tengah persaingan yang ketat dalam bisnis transportasi online. Persaingan tersebut memunculkan upa= ya serius dari PT. Blue Bird Tbk untuk melakukan kegiatan marketing public relation sebagai upaya menciptakan kesadaran m= erek sebagai strategi. Berdasarkan hasil penelitian pada PT. Blue Bird Tbk yang memfokuskan menggunakan tools public relations melalui teori bauran = public relations, yaitu P.E.N.C.I.L.S terdapat banyak kegiatan yang dilakukan = oleh PT. Blue Bird Tbk dalam kegiatan marketing public relations.
Kegiatan yang dilakukan oleh PT. Blue Bird Tbk dal=
am
upaya meningkatkan strategi marketi=
ng
public relations yang pertama, =
publications.
PT. Blue Bird Tbk melalui publikasi untuk merancang, memperkenalkan informa=
si
kepada khalayak dalam satu konteks tertentu melalui media dengan tujuan unt=
uk
meciptakan daya tarik khalayak
Dengan diselenggarakannya acara 50 tahun bluebird berbagi kebahagiaan, nantinya setiap kilometer yang ditempuh akan diakumulasikan sebagai langkah untuk berkontribusi terhadap lingkungan mela= lui penanaman bibit, pohon, buah-buahan, dan agroforestry di desa antutan, Kalimantan utara. Selain mengadakan event run & ride, PT. Blue Bird Tbk juga meluncurkan visi keberlanjutan bluebird yakni, visi keberlanjutan bluebird 50:30. Visi ini dibawah pilar bluesky yang berarti menopang upaya perseroan dalam berkontribusi bagi perbaikan lingkungan hidup, dan juga pilar bluelife yang berarti menopang utama perseroan dalam berkontribusi untuk perbaikan kualitas kehidupan manusia. Dengan meluncurkan visi berkelanjutan bluebird sehingga masyarakat mengetahui visi dari perusahaan untuk kemanfaatan sekit= ar. Kegiatan yang dilakukan ternyata berdampak terhadap peningkatan trafik di m= edia social BlueBird, sehingga semakin banyak yang mengikuti perkembangan BlueBi= rd.
Ketiga, News. Berita merupakan informasi baru atau
informasi yang mengenai sesuatu yang sedang terjadi disajikan dalam bentuk
cetak, siaran, internet, atau mulut ke mulut kepada orang ketiga atau banyak
orang
Keempat, C= ommunity Involvement. Salah satu pembentukan kesadaran merek yang paling kuat ad= alah dengan melalui komunitas. PT. Blue Bird Tbk melalui kerjasama dengan kement= rian kesehatan guna mendukung tercapainya hard immunity. Sebagai sarana mendukung program pemerintah PT. Blue Bird Tbk melaksanakan vaksinasi massal untuk pa= ra lansia (lanjut usia) dan para pengemudi blue bird sebagai garda terdepan da= lam melayani transportasi public. Dengan mekanisme vaksinasi drivethru dengan harapan para pengemudi dan lansia (lanjut usia) dapat menanggulangi penyeba= ran covid-19 sesuai dengan SOP terbaru dari PT. Blue Bird Tbk.
Kelima, in=
form or
image. Citra merupakan kesan seorang atau individu tentnag suatu yang
muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya
Keenam, Lo=
bbying
and Negotiation. Negosiasi merupakan bentuk interaksi antar kedua pihak
atau lebih dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan bersama dimana setiap p=
ihak
saling menguntungkan Agustinus, Victor. (n.d.). Posisi Daya Saing
Perusahaan Taksi Blue Bird Pada Era Teknologi Disruptif. Amirudin, Muhamad Faizul. (2019). Hubungan Pendid=
ikan
dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1=
),
35. https://doi.org/10.2924=
0/belajea.v4i1.723 Analisis Penerapan Corporate Social Responsibi=
lty
(Csr) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory.
(n.d.). Apriananta, Yosua Jefri, & Sinatra Wijaya, Li=
na.
(2018). Penggunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Posit=
if
Perguruan Tinggi (Vol. 7). Ayu Anggraini, Chindy, Perbawasari, Susie, & =
Ryanto
Budiana, Heru. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awarene=
ss
Shopee Indonesia 1). Commed : J=
urnal
Komunikasi Dan Media, 2. Doni. (2022, September 29). Kominfo Lanjutkan Lima
Program Prioritas di 2023. Hariyanto, Didik. (n.d.). Memenangkan Persaing=
an
Bisnis Produk Farmasi Melalui Marketing Public Relations. Hariyanto, Didik, Dharma, Ferry Adhi, & Sukma=
na,
Hendra. (2021). PUBLIC Communication Model Of T=
he
Sidoarjo Regency Government In Facing The New Normal Covid-19. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6=
(2),
329–356. https://doi.org/10.2=
2515/al-balagh.v6i2.3510 Iswara Aji, Alfan, & Diniati, Anisa. (n.d.). =
Analisis
Pengelolaan Event Innovillage Telkom University Pada Masa Pandemi Covid-19=
. Nursolihah, Mahmudah, & Mia Widianti, dan. (2=
020). Analisis
Karakteristik Khusus Teks Negosiasi (Vol. 10). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan =
Brand
Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua. (n.=
d.). Rosady Ruslan. (2014). Managemen Public Relations=
&
Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi /
Rosady Ruslan. In Ruslan Rosady (Ed.), Jakarta̷=
9;:
Rajawali Pers (Cet.12, Vol. 3, pp. 1–100). S=
emarang
: Perpustakaan Umum Jawa Tengah. Sari, Syahriah, Jurusan Admiistrasi Niaga, Dosen,
Negeri Ujung Pandang, Politeknik, & Jurusan Admiistrasi Niaga, Mahasis=
wa.
(2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision
Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA=
),
1(1). Retrieved from www.wartakita.id Susanto, Teguh Tri, Kusnadi, Eddy, & Retno,
Laurensia. (2018). Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang M=
edia
Publikasi Kegiatan (Studi Pada Ibu-Ibu Pengurus Yayasan Uswatun Hasanah,
Pancoran Mas Depok Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat=
, 1(3),
576–584. Retrieved from http://ejourn=
al.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas Yaman, Achmad, & Sukijan, Dan. (n.d.). PEM=
BINGKAIAN
BERITA MEDIA ONLINE. Retrieved from http://www.bbc.co.uk &nbs=
p; Copyright
holder: Nama Author <=
/span>(Tahun Terbit) First
publication right: Syntax Lit=
erate: Jurnal Ilmiah Indonesia This
article is licensed under:
Dwitia Masdarul Mawahib1, Didik Hariyanto2
Strategi PT. Bluebrid Tbk dalam Menghadapi Persain=
gan
Taksi Online Melalui Marketing Public Relations
2=
&=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; Syntax
Literate, Vol. 8, No. 7, Juli 2023
Syntax Literate, Vol. 8, No. 7, Juli 2023 &nbs=
p; 3
How
to cite: |
Dwitia Masda=
rul
Mawahib1<=
/sup>, Didik Hariyanto2<=
/sup> <=
span
lang=3DEN-US style=3D'font-size:8.0pt'>(2023) Strategi PT.
Bluebrid Tbk dalam Menghadapi Persaingan Taksi Online Melalui Marketing
Public Relations, (8) 7, =
http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6=
span> |
E-ISSN: |
|
Published
by: |