Analisis Blue Ocean Strategic Management Pada PT. Bank Jago

  • Meilysa Grecia Andrealin Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Surabaya
Keywords: Blue Ocean Strategic Management, PT. Bank Jago, Market differentiation

Abstract

Studi ini menganalisis penerapan strategi Blue Ocean oleh PT. Bank Jago, sebuah bank di Indonesia. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dari berbagai sumber, penelitian ini mengungkap beberapa temuan penting. Bank Jago telah mengadopsi pendekatan Blue Ocean Strategic Management untuk membedakan diri dari pesaing di pasar perbankan Indonesia. Mereka mengidentifikasi segmen pasar yang belum terpenuhi dan menciptakan layanan perbankan khusus untuk segmen tersebut. Bank Jago melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik kepada pelanggan. Mereka meluncurkan aplikasi perbankan berbasis mobile yang memungkinkan transaksi cepat dan mudah, serta menyediakan fitur analisis keuangan dan manajemen keuangan pribadi. Transformasi internal juga dilakukan oleh Bank Jago dalam budaya perusahaan dan struktur organisasi. Kolaborasi antardepartemen didorong, dan pendekatan yang lebih fleksibel dan adaptif diterapkan dalam pengambilan keputusan. Hal ini memungkinkan respons yang cepat terhadap perubahan pasar dan tantangan yang ada. Strategi Blue Ocean yang diadopsi oleh Bank Jago telah memberikan hasil positif, meningkatkan pangsa pasar dan pertumbuhan pendapatan dengan menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Secara keseluruhan, PT. Bank Jago berhasil menerapkan strategi Blue Ocean Strategic Management dengan sukses. Dengan inovasi, pemanfaatan teknologi, transformasi internal, dan fokus pada segmen pasar yang belum terpenuhi, mereka menciptakan keunggulan kompetitif yang membedakan mereka dari pesaing di industri perbankan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan lain yang ingin mengadopsi pendekatan Blue Ocean dalam menghadapi persaingan ketat di pasar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Pengaruh Work-life Balance terhadap Kinerja Karyawan yang di Mediasi Komitmen Organisasi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 951–962.

Fadil, M. (2021). Pengaruh Sustainability Reporting, Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Risiko Pembiayaan, Dan Islamic Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah 2015-2019.

Fadilah, F., & Yuliafitri, I. (2018). Analisis Efisiensi Bank Umum Syariah Hasil Pemisahan Dan Non Pemisahan Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan Pada Periode 2011-2016). ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1).

Fauzan, R. (2023). 3.9 Audit Internal Strategi. Manajemen Strategis, 38.

Gatti, R. S., Nasution, D. R. I. R. A. H., Eng, M., Nuzulfah, V., & SM, M. B. A. (2018). Strategi Branding pada Persaingan Jasa Transportasi Online di Indonesia Berdasarkan Konsep Blue Ocean Strategy (BOS). Skripsi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Jannah, U. R., Saleh, H., & Wahidah, A. (2019). Scaffolding untuk pembelajaran matematika di kelas inklusi. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 61–72.

Maulida, M. (2021). Nasabah cerdas di era milenial. IAIN Palangka Raya.

Natalia, F., & Prasetyo, A. H. (2022). Rancangan Implementasi Manajemen Risiko Operasional Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Jakarta 2023-2024. Jurnalku, 2(4), 463–481.

Risya, U., & Nurodin, I. (2017). Pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan keuangan desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak Dan Manajemen), 6(11), 74–80.

Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri Kerajinan di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1), 93–100.

Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 24(1), 33–58. https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.33-58

Viani, A., Prabawani, B., & Dewi, R. S. (2022). Analisis Green Supply Chain Management dan Porter’s Five Forces pada Industri Pertanian Kopi (Studi Kasus UMKM Two Heart Kopi Posong). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 298–300.

Wulan Dari, S. E., Purniawanti, A., Asy-Syadza, N. A., Prasetyo, G., Narahawarin, N. A. V., & Sari, R. D. A. (2022). Sistem Informasi Akuntansi: Implementasi Enterprise Resource Planning pada Perusahaan. Nas Media Pustaka.

Wulandari, S., Ernitawati, Y., Afridah, N., Yulianto, A., & Mulyani, I. D. (2020). Dampak Indikator Rasio Keuangan terhadap Profitabilitas Bank Umum Konvensional di Indonesia. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 2(1), 78–93.

Yuniarianto, A. (2022). Analisis Kinerja Keuangan dan Strategi Pt Bank Jago Tbk Dalam Industri Bank Digital di Masa Pandemi Covid-19. Politeknik Keuangan Negara STAN.
Published
2022-10-20