Hambatan Komunikasi Melalui Berbagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dari Perspektif Siswa

  • Irena Novita Widjaya Institut Perbanas
  • Rusdi Ishak Musha Institut Perbanas
Keywords: hambatan komunikasi, media pembelajaran, pembelajaran jarak jauh, perspektif siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan hambatan komunikasi antara dosen dan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring melalui media pembelajaran dari perspektif siswa, khususnya di Perbanas Institute Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal dengan menggunakan data analisis   dari hasil wawancara dan observasi terhadap objek penelitian. Akselerasi digital dalam dunia pendidikan terjadi karena adanya pandemi covid-19 yang muncul pada awal tahun 2020 disertai pesatnya kemajuan teknologi dan komunikasi menjadikan pembelajaran kelas tatap muka digantikan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring melalui media pembelajaran. Komunikasi interpersonal antara dosen dan siswa melalui media pembelajaran secara daring ini sering mengalami hambatan. Hambatan komunikasi adalah segala sesuatu yang menghambat proses komunikasi, seperti bias, emosi, dan konotasi kata yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai siswa  secara  daring  terkait  hambatan komunikasi yang ditemukan selama PJJ daring diberlakukan, terutama menggunakan media pembelajar yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, hambatan-hambatan daring yang ditemukan melalui media pembelajaran yaitu; hambatan teknis, hambatan semantik, dan hambatan perilaku yang mempengaruhi psikologis dan tingkat produktivitas siswa seperti kejenuhan komunikasi, terbatasnya komunikasi interpersonal, terbatasnya ruang dan waktu dalam kegiatan pembelajaran, berkurangnya tingkat kepercayaan diri siswa, keterbatasan teknologi dan informasi, munculnya perasaan terisolasi, dan teknis dengan media. Oleh karena itu, perlu untuk mengevaluasi dan menyarankan cara untuk meningkatkan komunikasi online yang efektif melalui media pembelajaran antara dosen dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuhammad, S. (2020). Barriers to distance learning during the COVID-19 outbreak: A qualitative review from parents’ perspective. Heliyon, e05482.

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives. Online Submission, 2(1), 45-51.

Afnibar, A., & Fajhriani, D. (2020). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi antara Dosen dan Siswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi terhadap Siswa UIN Imam Bonjol Padang). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 70-83.

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi.

Azzahra, Nadia F. (2020). Addressing Distance Learning Barriers in Indonesia Amid the Covid-19 Pandemic. Center for Indonesian Policy Studies, doi:10.35497/309162.

Berg & Lune. (2012). Qualitative Research Methods for the Social Sciences.Unites States of America: Pearson Education, Inc.

Cangara, Hafied.(1998). Pengantar Ilmu Komunikasi edisi 1 cet.5. Jakarta: Raja Grafindo Persada

DeVito, J. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. New York : Pearson Education, Inc.

EMEILIA, Rindana Intan; Muntazah, Arina. (2021). Hambatan Komunikasi Dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Akrab Juara, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 155-166, may 2021. ISSN 2620-9861.

Gagné, R. M. (1975). Observing the effects of learning. Educational Psychologist, 11(3), 144-157.

Hendra Riofita. (2016). Komunikasi Bisnis. Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal pendidikan vokasi, 3(1).

McKown, H. C., & Roberts, A. B. (1949). Audio-visual aids to instruction.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal kwangsan, 1(2), 95.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Onong Uchjana Effendy.(1993).Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Prodjo, W. 16 Juni 2020. Pembelajaran Jarak Jauh bukan Pembelajaran Daring, Ini Penjelasannya.

Robert k. Yin. (2019)Studi Kasus.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Russel, J. D., & Heinich, R. (1982). Instructional Media and the New Technologies of Instruction.

Sahid, M. (2021). Hambatan Komunikasi pada Proses Pembelajaran Menggunakan Media Whatsapp Group. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Sendjaja, S. Djuarsa.(1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI

Siregar, Y. S., Lubis, D., & Sitanggang, N. (2021). Communication Barriers between Teachers and Students in Online Learning Process in the Time of the Covid-19 Pandemic (Case Study at Private Private Junior High School). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(4), 1300-1306.

Wahyuni, N. (2018). Peran Penggunaan Grup Whatsapp dalam Proses Belajar Mengajar di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V. Andi Offset

Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Published
2022-10-20