Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Menabung Kembali Pada Bank OCBC NISP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place dan promotion terhadap keputusan nasabah untuk menabung kembali. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian penyebaran kuesioner kepada 140 responden dan menggunakan alat analisis SPSS 26. Bauran pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung kembali pada suatu bank, dimana masing-masing variabel bauran pemasaran seperti product, price, place dan promotion memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung kembali di bank, dengan nilai determinasi regresi untuk product sebesar 0.454, price sebesar 0.374, place sebesar 0.544 dan promotion sebesar 0.229. Hasil penelitian ini menujukkan peran penting strategi pemasaran khususnya implementasi bauran pemasaran 4Ps dalam meningkatkan dana pihak ketiga bank khususnya dalam low-cost funding seperti dana tabungan.
Downloads
References
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alma, B. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Basu Swastha, D.H. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua.Penerbit Liberty Offset-Yogyakarta
Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua Cetakan Ke 11. Yogyakarta, Liberty Offset.
Chaffey D, C. F. 2009. Internet Marketing: Strategy,Implementation, and Practice. United States: PrenticeHall.
Chaffey, D. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited.
Craven, WD. 1998. Strategi Pemasaran. Terjemahan Lina Salim, MBA. Penerbit
PT.Erlangga edisi keempat jilid 1.Jakarta Gaspersz, V.
Cooper, Donald R, dan Pamela S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis. Jakarta:
PT Media Global Edukasi
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Jakarta Gramedia Pustaka Utama.
Griffin. J. 2009. Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. Jakarta Aksara Pratama.
Heidrick dan Struggles. 2009. Heidrick & Struggles CEO, China: China Marketing Press.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung Alfabeta
Kasmir. 2003. Dasar-Dasar Perbankan. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persida
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi kesebelas. Jakarta. Indeks xii
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II, Edisi Kesebelas. Jakarta:
Indeks
Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jilid 1. Jakarta:
Indeks
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Dasar Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jakarta:
Indeks
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi
Delapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid
2 Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2007. Jakarta: Indeks
Kotler, H. K. 2017. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia.
Lovelock, C, dan Wirtz, J. 2016. Services Marketing: People, Technology, Strategy Jakarta: Erlangga
Nur Asnawi & Muhammad Asnan Fanani. 2017. Pemasaran Syariah Teori
Filosofi dan Isu- isu Kontemporer. Depok: Raja Grafindo Peserta,
Ryan, D. 2014. Understanding Digital Marketing. Great Britain: Kogan Page Limited.
Ryan D. dan C. Jones. 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation, London: Kogan Page.
Riski Nur Safitri. 2018. Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif
Sanjaya & Tarigan. 2004 Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Pemasaran Global, Vol. 2 Jurnal Kebangsaan. Bandung: UNPAS.
Sinamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung
Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Stanton, William. 1996. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid Kedua Edisi Ketujuh. Jakarta
xii
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Drs. Husein. 1997. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Frs. Husein. 2003. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Zeithaml, Valerie, A, Mary, Jo, Bitner. 2000. Service Marketing, Integrating
Customer Focus Across The Firm, second edition, International edition, Singapore: Prentice Hall.)
Copyright (c) 2022 Jarwadi Jarwadi, Samuel Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.