Perilaku Pelayanan Angkutan Kota Sebagai Dampak Adanya Pelayanan Angkutan Ojek Online (OJOL) di Kota Bogor

  • Eka Warto Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)
  • Ruchyat Deni Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan
  • Umar Mansyur Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan
Keywords: Perilaku, Dampak, Ojol, Transportasi Umum, Layanan

Abstract

Dalam perkembangannya, seiring dengan kemajuan teknologi online, layanan transportasi umum online (Ojol) mulai dirasakan yaitu Grab/Gojek. Pengaruh perkembangan Ojol di Kota Bogor tentunya akan berdampak pada tingkat pelayanan transportasi umum dan akan berdampak pada kondisi lingkungan dan kehidupan. Tujuan penelitian: 1. Mengidentifikasi kondisi perkembangan angkutan umum perkotaan tahun 2016-2021 dan pengaruhnya setelah adanya layanan ojek online di Kota Bogor; 2. Menganalisis besarnya nilai dan pengaruh perkembangan angkutan ojek online terhadap perilaku pelayanan angkutan umum perkotaan pasca walikota Kota Bogor dan mengkaji aspirasi masyarakat terhadap dampak ojol terhadap perilaku angkutan umum perkotaan; dan 3. Mengembangkan perilaku angkutan umum perkotaan di Kota Bogor dan dampaknya pasca beroperasinya ojek online. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan crosstab. Hasil kajian: 1) tahun 2016-2021 menunjukkan data jumlah angkutan umum kota menunjukkan data yang menurun yaitu pada tahun 2017-2020 terjadi penurunan jumlah angkutan umum kota secara drastis yaitu sebanyak 2.897 unit; 2) Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa sebelum adanya layanan ojek online, layanan angkutan umum kota memang lebih buruk; dan 3) Kinerja perilaku pelayanan angkutan umum perkotaan akibat layanan ojek online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesbilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 1142-1155.

Anonymous, 2017, SK Dirjen Perhubungan Darat Nomor 687 Tahun 2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek tetap dan Teratur.

Aswari, Aan., Qamar Nurul. 2018. Healing Or Hurting: Development Of Highway Public Transportation Technology. Jurnal Dinamika Hukum, 18 (3), 319-328.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor

Djakapermana., RD., Mansyur Umar. 2019. Perilaku (Behaviour) Pelayanan Angkutan Kota Sebagai Dampak Adanya Pelayanan Angkutan Ojek Online (Ojol) Di Kota Bogor: Laporan Penelitian Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan. Program Studi Perencanaan Wilayah Dan Kota

Gray, George E. and Lester A. Hoel. 1992. Public transportation: 2nd ed. editors. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ, U.S.A.

Hazian,M. 2008. Analisis Kinerja Angkutan Kota di Kota Jambi. Departemen Teknik Sipil. Unversitas Sumatra Utara

Indratno Imam., Irwinsyah Rahmat (1998). Aplikasi Analisis Tabulasi Silang (Crosstab) Dalam Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurnal PWK-48. 9 (2), 48-59

Kota Bogor Dalam Angka, Tahun 2022. BPS Kota Bogor

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta. Erlangga.

Munawar, A. 2005. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Beta Offset. Jogjakarta.

Nazir. Mohamad. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia.1992a. Undang-Undang No.14/1992 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Pemerintah Kota Bogor. 2015. SK Walikota Bogor Nomor 551.45-118 tahun 2015 tanggal 30 Maret 2015 tentang Ketentuan Tarif Angkutan Kota Bogor. Bogor.

Peraturan Daerah Kota Bogor No. 6 Tahun 2008 tentang Retribusi di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peraturan Daerah Kota Bogor No.10 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sholihin, T. (2018). Analisis Pendapatan Sopir Angkutan Kota (Angkot) Sesudah Dan Sebelum Adanya Jasa Transportasi Ojek Online Di Kota Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Tahir. Ahmad, 2017. Model Perjalanan Siswa Sma Negeri Berbasis Spasial Di Kota
Makasar, Makasar : Universitas Hasanuddin

Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung,
Indonesia: Penerbit ITB

Warpani, S. 2002. Pengelolaan Lalulintas dan Angkutan Jalan. ITB. Bandung.

Widayanti. Rina, 2019. Formulasi Model Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan
Terhadap Angkuta Kota di Kota Depok, Depok.
Published
2022-10-20