Desain dan Pembuatan Westafel Portable Cuci Tangan Sistem Mekanis

  • Andri Ramadhan Prodi Teknik Mesin, Universitas Al-Azhar
  • Zufri Hasrudy Siregar Prodi Teknik Mesin, Universitas Asahan
  • Raja Imran Rasidi Sitorus Prodi Teknik Mesin, Universitas Al-Azhar
  • Mawardi Mawardi Prodi Teknik Mesin, Universitas Asahan
Keywords: Cuci tangan portable, Sistem mekanis, Desain dan pembuatan

Abstract

Cuci tangan yang efektif adalah praktik penting dalam menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit. Dalam upaya untuk mempromosikan kebiasaan mencuci tangan, desain dan pembuatan Westafel Portable Cuci Tangan Sistem Mekanis telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem cuci tangan portable yang mudah digunakan dan dapat diakses di berbagai lokasi. Pendekatan desain sistem mekanis digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, dilakukan analisis kebutuhan untuk menentukan fitur dan spesifikasi yang harus ada dalam Westafel Portable Cuci Tangan. Dalam hal ini, pertimbangan seperti efisiensi air, kehandalan, portabilitas, dan kemudahan penggunaan menjadi fokus utama. Selanjutnya, dilakukan perancangan konsep dengan mengintegrasikan komponen mekanis seperti keran, pompa air, dan sabun dispenser dalam satu sistem yang terpadu. Aspek ergonomi juga diperhatikan agar pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan Westafel Portable Cuci Tangan. Setelah perancangan konsep selesai, dilakukan pembuatan prototipe sistem. Proses ini melibatkan pemilihan bahan yang sesuai, pengadaan komponen mekanis, dan perakitan sistem secara keseluruhan. Pada tahap pengujian, prototipe sistem diuji untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Uji coba meliputi pengukuran volume air yang digunakan, waktu cuci tangan yang diperlukan, dan kebocoran sistem. Hasil dari penelitian ini adalah Westafel Portable Cuci Tangan Sistem Mekanis yang efektif dan mudah digunakan. Sistem ini dapat digunakan di tempat-tempat umum seperti sekolah, tempat kerja, dan area publik lainnya. Diharapkan bahwa Westafel Portable Cuci Tangan Sistem Mekanis ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencuci tangan dan memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S., Ali, S., Susanto, H., Hartati, R., & Raditya, Z. (2020). Perancangan Touchless Hand Washer Sistem Pijakan Kaki untuk Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi Dan Teknologi, 6(2), 179–186.

Amin, C., AN, M. R., & Sulistianingsih, D. (2022). Peningkatan Adaptasi Kebiasaan Baru di Lingkungan Desa Losari Guna Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Bina Desa, 4(1).

Awa, M. E. D., Supriyadi, S., & Ka’arayeno, A. J. (2019). Hubungan Kebiasaan Mencuci Tangan Menggunakan Air Bersih dan Sabun Dengan Kejadian Demam Thypoid Pada Orang Dewasa di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1).

Herlambang, A. K. (2020). Alat cuci tangan dengan mekanisme kaki.

Jurawati, G. (2021). Education about Washing Hands and Using Masks Correctly. Prosiding Pengembangan Masyarakat Mandiri Berkemajuan Muhammadiyah (Bamara-Mu), 1(2), 264–270.

Kaho, N. A. L. (2019). Studi Tingkat Kesadahan Total Pada Depot Air Minum di Kelurahan Sikumana Kota Kupang. Poltekkes Kemenkes Kupang.

Nakoe, R., Lalu, N. A. S., & Mohamad, Y. A. (2020). Perbedaan efektivitas hand-sanitizer dengan cuci tangan menggunakan sabun sebagai bentuk pencegahan covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 65–70.

Primadana, P., & Zulkarnain, F. (2022). Penyediaan Alat Pencuci Tangan Otomatis Berbasis Sensor Jarak Untuk Pencegahan Penyebaran Covid’19. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 208–214.

Puspitasari, N. S., Musthafa, A., & Wahid, A. (2021). Pendampingan Pembuatan Automatic Wastafel Untuk Pencegahan Penularan Covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 54–59.

Rizki, H., & -, W. (2015). Rancang Bangun Sistem Wastafel Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Menggunakan Sensor Fotodioda. Jurnal Fisika Unand, 4(2).

Romadhon, Y. A. (2006). Doctors, market yourselves atau praktik anda tidak laku. Jakarta: Tiga Serangkai.

Sugiyanto, D., Susanto, H., Siregar, R., & Darius, A. (2021). Pembuatan Alat Portable Hand Washer (PHW) Dengan Sistem Kran Injak Kaki Untuk Mencegah Penularan Covid-19. JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN, 6(1), 20–25.

Sukri, H. (2019). Perancangan Mesin Cuci Tangan Otomatis dan Higienis Berbasis Kamera. Rekayasa, 12(2). https://doi.org/10.21107/rekayasa.v12i2.5540
Published
2022-10-20