Pengaruh Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Repurchase Intention di Kedai Coffee-to-Go Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

  • Muhammad Mufashih Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Maulana Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
  • Muchsin Saggaf Shihab Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Keywords: Kualitas produk, Kepuasan konsumen, Repurchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, electronic word of mouth (e-WOM), dan citra merek terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh kualitas produk, e-WOM, dan citra merek terhadap repurchase intention di kedai coffee-to-go, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan niat untuk membeli ulang produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 300 responden yang merupakan konsumen kedai coffee-to-go. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner yang mencakup pertanyaan tentang kualitas produk, e-WOM, citra merek, kepuasan konsumen, dan repurchase intention. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang mendukung hipotesis H1. Selain itu, e-WOM dan citra merek juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang mendukung hipotesis H2 dan H3. Selanjutnya, kualitas produk dan e-WOM juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention, yang mendukung hipotesis H4 dan H5. Citra merek juga memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention, sesuai dengan hipotesis H6. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen memediasi hubungan antara kualitas produk, e-WOM, dan citra merek dengan repurchase intention, yang mendukung hipotesis H7. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi kedai coffee-to-go untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan niat untuk membeli ulang produk. Meningkatkan kualitas produk, mengelola e-WOM secara positif, dan memperkuat citra merek yang positif dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mendorong repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, U. N., & Waluyo, M. (2020). Analisis Hubungan Faktor-Faktor Electronic Word Of Mouth Dalam Proses Keputusan Pembelian Mitsubishi Xpander. Juminten, 1(2), 81–92. Https://Doi.Org/10.33005/Juminten.V1i2.52

Adrian Gae Lomi, J. L. . B. (2016). Pengaruh Ewom (Journal Of Management, 2(1), 29–58.

Adriana, T., Ellitan, L., & Haribowo, L. S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett- Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : Jumma, 11(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.33508/Jumma.V11i1.3947

Adriana, T., Ellitan, L., & Lukito, R. S. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett- Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : Jumma, 11(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.33508/Jumma.V11i1.3947

Agista, F. (2022). Jacfa Journal Advancement Center For Finance And Accounting Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Dan Perceived Velue Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Layanan Streaming Netflix. Journal Advancement Center For Finance And Accounting, 02(03), 282–306. Http://Journal.Jacfa.Id/Index.Php

Ahmad Zainudin, Agus Priyadi, & Dimas Pamungkas. (2021). Pengaruh Ilustrasi Desain Kemasan Pada Produk Singkong Keju D-9 Oleh-Oleh Khas Kota Salatiga. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 128–137. Https://Doi.Org/10.51903/Pixel.V14i1.466

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect Of Social Media Marketing On Instagram Towards Purchase Intention: Evidence From Indonesia’s Ready-To-Drink Tea Industry. International Journal Of Data And Network Science, 4(2), 91–104. Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2020.3.002

Aldrin Akbar, M., Khotimah, K., Pasolo, F., & Labo, I. A. (2019). Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Pengaruhnya Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Jayapura). Polban, 938–954. Https://Jurnal.Polban.Ac.Id/Proceeding/Article/View/1483/1243

Andriyani, B., Fitriani, N. M., & Rahardja, C. T. (2022). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Melalui Instagram Terhadap Brand Image Dan Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.33061/Jeku.V22i1.7619

Anggraeni, M., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Smartphone Samsung Galaxy Series. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 191–198.

Arahmah, W., Pitri, P., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Bagi Perusahaan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Waralaba (Studi …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3112–3118. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1356

Arsyanti, N. M., Rahayu, S., & Astuti, T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Layanan Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Pada Toko Online Shopastelle , Semarang ). 5, 1–11.
Chen, H. J., & Sun, T. H. (2014). Clarifying The Impact Of Product Scarcity And Perceived Uniqueness In Buyers’ Purchase Behavior Of Games Of Limited-Amount Version. Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 26(2), 232–249. Https://Doi.Org/10.1108/Apjml-07-2013-0084

Dalam, T., Sutrisno, K., Tannady, H., Ekowati, D., Laura, R., & Mardani, P. B. (2022). Analysis Of The Role Of Product Quality And Visual Identity On Purchase Intention Of Packaged Tea Products Analisis Peran Kualitas Produk Dan Visual Identity Terhadap Purchase Intention Produk. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 3(6), 4129–4138. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Dara, N., Kusumawati, I., & Mayratih, S. (2022). The Effect Of Social Media Marketing And Electronic Word Of Mouth On The Instagram Platform On Purchase Decisions At Tokopedia. Judicious, 3(2), 280–220. Https://Doi.Org/10.37010/Jdc.V3i2.1032

Demante, K., & Dwiyanto, B. M. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Image Dan Perceived Quality Serta Dampaknya Pada Purchase Intention (Studi Pada Lipstik Sariayu Martha Tilaar Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 8(4), 97–105. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom

Dermawan, Hudayah, S., & Asnawati. (2016). Perbandingan Ekuitas Merek Indomie Dan Mie Sedaap Darmawan, Syarifah Hudayah, Asnawati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia. Jurnal Manajemen, 8(2), 113–135.

Dewi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 409. Https://Doi.Org/10.54144/Jadbis.V7i4.2862

Dwi Jayanti, D., Henny Welsa, & Putri Dwi Cahyani. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Produk Naava Green Skin Care Cabang Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 670–687.

Ellitan, L., Harvina, L. G. D., & Lukito, R. S. H. (2022). The Effect Of Social Media Marketing On Brand Image, Brand Trust, And Purchase Intention Of Somethinc Skincare Products In Surabaya. Journal Of Entrepreneurship & Business, 3(2), 104–114. Https://Doi.Org/10.24123/Jeb.V3i2.4801

Elseidi, R. I., & El-Baz, D. (2016). Electronic Word Of Mouth Effects On Consumers’ Brand Attitudes, Brand Image. International Conference On Restructuring Of The Global Economy (Roge), University Of Oxford, Uk, 7(5), 268–276.

Fadhli, M., & Sahir, S. H. (2020). Keterampilan Manajerial Efektif. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V12i1.5717

Fandiyanto, R., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. 7, 21–42.

Farida, N. U. (2018). Pengaruh Reputasi Merek, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Repurchase Intention Koperasi Serba Usaha (Ksu) Apikri (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Kerajinan Ksu Apikri Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 25–33.

Febriany, D. (2021). Peran Persepsi Terhadap Electronic Service Quality Dan Electronic Word-Of Mouth ( E-Wom ) Terhadap Intensi Pembelian Ulang Melalui E-Commerce. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V9i2.12933

Fitri, D. Y., Nisa, P. C., Unggul, U. E., & Barat, J. (2022). Pengaruh Trust , Word Of Mouth Dan Repurchase Intention Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi Millennial Produk Minuman Street Boba. 6(2), 1–9.

Fitrianingrum, A., & Angga, M. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Milenial Terhadap Local Coffee Shop (Millenials’ Determinants Of Local Coffee Shop Purchase Intention. Dimensi, 8(3), 485–497.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social Media Marketing Efforts Of Luxury Brands: Influence On Brand Equity And Consumer Behavior. Journal Of Business Research, 69(12), 5833–5841. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2016.04.181

Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). E‐Wom Scale: Word‐Of‐Mouth Measurement Scale For E‐Services Context. Canadian Journal Of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences De L’administration, 27(1), 5–23.

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37–53. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i2.4

Handoko, N. T., & Melinda, T. (2021). Effect Of Electronic Word Of Mouth On Purchase Intention Through Brand Image As Media In Tokopedia. International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), 5(4), 83–93.

Hanjani, A., 12prodi, W., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Bisnis, D. (2019). Consumer Purchase Intention: The Effect Of Green Brand And Green Knowledge On Indonesian Nestle Company Minat Beli Konsumen: Dampak Green Brand Dan Green Knowledge Pada Perusahaan Nestle Indonesia. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis Journal Homepage, Iii(1), 39–50.

Hasan, A. (2018). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan (Cetakan Pe). Media Pressdindo.

Herjanto, H., & Amin, M. (2020). Repurchase Intention: The Effect Of Similarity And Client Knowledge. International Journal Of Bank Marketing, 38(6), 1351–1371. Https://Doi.Org/10.1108/Ijbm-03-2020-0108

Humaira, A., & Wibowo, A. L. (2016). Analisis Faktor Elektronik Word Of Mouth ( Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. Tourism And Hospitality Essential (The) Journal, Vi(2), 1049–1060.

Iddris, H. Dan W. (2018). Analisis Ekuitas Merek Ponsel Samsung Sebagai Usulan Untuk Membidik Segmentasi Baru Di Kota Medan. Jurnal Administrasi Bisnis, 04, 75–78.

Indriyati, R., Arifin, R., & Utama, S. P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Customer Experience, Dan Word Of Mouth R=Terhadap Minat Beli Ulang Starbucks Coffee Di Blimbing Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 391–400.

Iswara, I. G. A. D., & Jatra, I. M. (2017). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Pada Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar) I Gede Agus Dana Iswara 1 I Made Jatra. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 3991–4018. Www.Cnnindonesia.Com

Ketut, I. Y. (2018). The Role Of Brand Image Mediating The Effect Of Product Quality. Rjoas, 11(November), 172–180.

Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram Dan Ewom Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Bip’s Jurnal Bisnis Perspektif, 14(1), 11–28. Https://Doi.Org/10.37477/Bip.V14i1.242

Kotler, Philip, & Amstrong. (2017). Manajemen Pemasaran (Pertama). Salemba Empat.

Kotler, Philip, Keller, & Kevin. (2016). Marketing Management (Edisi 15,). Pearson Prentice Hall.

Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen: Ykpn.
Laksmi, A. A., Oktafani, F., & Bisnis, A. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) Terhadap Minat Beli Followers Instagram Pada. 11(1), 1–12.

Lorena, E. Y. M., & Martini, S. (2019). Menilai Pengaruh Citra Merek, Keragaman Menu, Suasana Toko Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Society Coffee House Purwokerto). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). Https://Doi.Org/10.32424/Jeba.V21i2.1323

Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Listyaningrum, V. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Nilai Utilitarian, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Konsumen Miniso Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1555–1566. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i4.1755

Lupiyoadi, R. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori Dan Praktik. Pt. Salemba Emban Patria.

Made, L., Rahayu, P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 121–131.

Mahira, B. H., Lukitaningsih, A., & Ningrum, N. K. (2022). Analisis Pengaruh Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Dagadu Djokdja). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1672. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V22i3.2686

Maulana, A. F., Rahma, A. A., & Supriyadi, N. (2016). Penerapan Metode Error Correction Model ( Ecm ) Pada Data Ekspor Kopi Indonesia Tahun 1980-2016. Academia.Edu.
Published
2022-10-20