Pencegahan Risiko Fraud dan Penentuan Harga Jual Guna Peningkatan Profitabilitas UKM Donat Miul

  • Khalidah Nur Mahdi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen
  • Rambat Lupiyoadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen
Keywords: fraud, harga jual produk, industri kuliner, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstract

Penelitian ini merupakan business coaching  yang dilaksanakan pada UKM Donat Miul yang bergerak dalam industri kuliner dan berlokasi di Kecamatan Mampang Prapatan dan Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Tujuan dari pelaksanaan business coaching  ini adalah untuk membantu UKM dalam memperbaiki proses bisnis terhadap risiko fraud dan menentukan harga jual di Grab-Food dan juga memberikan peningkatan profitablitas UKM Donat Miul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan adalah dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa analisis yang digunakan dalam menganalisa data adalah Analisis Bisnis Proses, Business Model Canvas, Analisis Market Opportunity (STP), Marketing Mix, Porter Five Forces, Analisis SWOT/TOWS, Analisis Gap dan Analisa Pareto. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UKM Donat Miul adalah pada bidang Proses Bisnis, yakni tidak adanya Pencatatan Stock Opname donat, sehingga menimbulkan risiko fraud, dan juga UKM donat miul tidak melakukan strategi penentuan dan pengecekan terhadap Harga Jual di Grab Food, dan juga perlu adanya evaluasi kinerja pada outlet Alfamidi Bangka dikarenakan profit yang kecil.  Sehingga, pemilik mengalami kesulitan untuk dapat mengukur kinerja proses bisnis, dan menentukan keputusan bisnis. Solusi yang diberikan untuk UKM Donat Miul adalah, untuk pencegahan risiko fraud dengan cara membantu membuat laporan stock donat harian, mystery shopper dan membuat banner layanan pengaduan konsumen, kemudian juga ada strategi penentuan harga di Grab Food dan SOP. Proses business coaching  ini diharapkan dapat membantu UKM Donat Miul dalam meningkatkan kinerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawia, P. R., & Puspasari, A. (2021). Strategi penentuan Harga Jual Produk Melalui Perhitungan Cost of Goods Manufacture Menggunakan Process Costing Method. E-Jurnal Akuntansi, 31(5), 1289. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i05.p16

Albrecht, W., & Steve. (2012). Fraud Examination (4th ed.). Cengage Learning.

Association of Certified Fräud Examiners (ACFE). (2020). Report to The Nations 2020 Global Study On Occupational Fraud and Abuse.

Azmi, M. R. (2021). Pengaruh Return On Asset, Net Profit Margin, Earning Per Share Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Return Saham. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Chistopher, L., Jochen, W., & Jacky, M. (2016). Pemasaran Jasa (7th ed.). Erlangga.

Febrianti, F., Mulyadi, A., & Setiawan, Y. (2021). Analisis Pengendalian Internal dan Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 73–78.

Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) Dan Operating Profit Margin (OPM) Terhadap Harga Saham (Perusahan Manufaktur Sub Sektor Pulp dan Kertas Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Universitas Singaperbangsa Karawang.

Giawa, R., & Saragih, L. (2020). Analisis Resources Based View (RBV) Studi Kasus: Pada Yayasan Pendidikan GKPS. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 2(1), 1–17.

Glienmourinsie, D. (2016). Ini Tiga Tantangan Pengembangan UMKM Versi BI. Sindonews. https://ekbis.sindonews.com/berita/1134248/34/ini-tiga-tantangan-pengembangan-umkm-versi-bi

Hidayati, N., & Warnana, D. D. (2017). Analisis Kinerja Finansial Pengembangan Kelas Alam Terbuka Kebumian Dan Lingkungan Berkonsep Rekreasi Dan Inspirasi Untuk Anak Di Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3(Sendi_U 3), 3(Sendi_U 3), 650–656. Ibrahim, A. and A., Madi, A. H. and, Baharuddin, M. and, Ahmad, B. and, & Darmawati, M. A. and. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Using the balanced scorecard as a strategic management system (No. 74; 1).

Karyono. (2013). Forensic Fraud. Andi.

Lius, D. P. (2021). Analisis Pencatatan Persediaan Menggunakan Metode Pencatatan Perpetual (Studi Kasus Pada Minimarket Maritza Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Nisak, S. H., Amin, M., & Mawardi, M. C. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Terjadinya fraud pada bank btpn syariah Cabang kota malang. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(1).

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Canvas (T. Clark). John Wiley & Sons, Inc.

Singleton, T., & J, A. (2010). Fraud Auditing and Forensic Accounting (4th ed.). Wiley & Sons, Inc.

Skousen, C. J., Smith, K. R., & Wright, C. J. (2009). Detecting and predicting financial statement fraud: The effectiveness of the fraud triangle and SAS No. 99. Corporate Governance and Firm Performance Emerald Group Publishing Limited, 13, 53–58.

Supriadi, A., & Syam, H. (2021). Implementasi Mystery Shopping Sebagai Metode Evaluasi Pelayanan Publik Berkelanjutan. Jurnal MODERAT, 7(3), 1–18.

The Institute of Internal Auditors, The American Institute Of Certified Public Accountants, & Association Of Certified Fraud Examiners. (2017). Managing the Business Risk of Fraud: A Practical Guide.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali.

Widoretno, A. A. (2017). Analisis Penerapan Straegi Anti Fraud Dalam Upaya Mewujudkan Good Corporate Governance : Studi Kasus Pada PT XTZ. Universitas Indonesia.

Wildan, M. A. (2021). Inovasi Memantau Perilaku Fraud Tenaga Kerja Umkm Di Kota Surabaya (Studi Kasus Sabana Fried Chicken Surabaya). Eco-Entrepreneur, 7(2), 111–116.
Published
2022-10-20