Efektifitas Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Dialog Pada Siswa Kelas 3 SD di Kota Karawang

  • Dini Amelia STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Danang Dwi Basuki STIT Hidayatunnajah Bekasi
Keywords: Efektifitas, Metode audio-lingual, Pembelajaran bahasa Inggris, Materi teks dialog

Abstract

Terdapat banyak metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan bahasa Inggris, salah satunya adalah dengan menggunakan metode audio-lingual. Dalam penggunaan metode tersebut tentu harus disesuaikan dengan beberapa kondisi dan aspek terutama tujuan pembelajaran. Pembelajaran bahasa Inggris memiliki tujuan yang menekankan untuk lebih dapat terampil dalam berkomunikasi. Sehingga pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat perlu agar bahasa itu familiar bagi siswa dan menarik untuk siswa pelajari. Materi teks dialog pelajaran bahasa Inggris perlu penggunaan metode yang tepat karena akan banyak latihan sehingga metode audio-lingual cukup membantu guru dalam proses mengajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. (1994). Principles of Language Learning And Teaching. Englewood Cliffs: Prentice Hall Regents.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Praktik. In I. Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif dan Praktik. hal. 88. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lousa, D. P., & Suryaman, M. (2022). Fun Learning To Improve Students' Speaking Skill Through Audio Lingual Method In The Eyl Classroom. Jurnal Pendidikan dan Konseling. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6506

Ningsih, D. H., & Mujianto, G. (2021). Tuturan Perintah Guru Dengan Metode Audio Lingual Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Membaca, 111. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.12697

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. (2020). Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris "English Is Fun" Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di SD. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 120-127. DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

Roslawa, Tahir, M., & Nur, Y. (2017). Penerapan Metode Audio-Lingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 7 Sindue Tobata. BAHASANTODEA, 90.

Saraswati, W., Budiman, M. A., & Rahmawati, I. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Di SD Negeri Petompon 01 Semarang. JS (Jurnal Sekolah), 86. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20616

Tampubolon, S., Sidabutar, U., & Sianturi, S. (2018). The Effect Of English Laboratory Use in Speaking Ability. International Journal of Research and Review, 5(9), 176-182

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 85.

Yani, D. (2016). Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika, 12. DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v10i1.6325

Yulizah, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Audio-Lingual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 02 Rimbo Pengadang. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 117.
Published
2022-10-20