Dampak Jalan Tol Terhadap Tata Ruang Sekitar Tol Desari

  • Dhaneswara Nirwana Indrajoga Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia
  • Lin Yola Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia
Keywords: Dampak jalan tol, Tata ruang sekitar, Tol Desari

Abstract

Pengembangan infrastruktur jalan tol yang pesat di Indonesia, terutama pada periode 2014-2023, merupakan bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo dengan tujuan untuk meningkatkan transportasi dan pertumbuhan ekonomi. Jaringan jalan tol diharapkan dapat meningkatkan distribusi barang dan mobilitas masyarakat, menjadikan Indonesia kompetitif di tingkat global. Pengembangan jalan tol juga membuka akses ekonomi dan merangsang pertumbuhan ekonomi, sehingga membutuhkan keterlibatan aktif pemerintah dan otoritas regional dalam menciptakan koridor ekonomi yang berkelanjutan. Integrasi infrastruktur jalan tol dengan rencana pengembangan regional, seperti kawasan industri, pelabuhan, bandara, dan destinasi pariwisata, dapat memaksimalkan manfaat dari jaringan jalan tol. Pengembangan jalan tol juga harus memprioritaskan keberlanjutan lingkungan dengan melestarikan daerah hijau dan mendorong aktivitas ekonomi yang menciptakan lapangan kerja dan pendapatan berkelanjutan bagi masyarakat lokal. Jalan tol Antarsari-Depok (Desari) digunakan sebagai studi kasus untuk mengevaluasi dampak pengembangan jalan tol terhadap tata ruang dan dinamika ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, Tulus. FGD Rencana Kebijakan Integrasi Operasional Tol Desari dan Tol Cijago dengan Perubahan Sistem Pengoperasian Pengumpulan Tol Jalan Tol Ruas Depok-Antasari Seksi Antasari-Andara-Brigif-Krukut-Sawangan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Jakarta, 7 Februari 2023.

Joga, Nirwono. Endra S. Atmawidjaja. Agus HK Sutomo. (2021). 75 Asa: Merajut Trans Jawa Menuju Indonesia Maju, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Jakarta.

Joga, Nirwono. Endra S. Atmawidjaja. Dhaneswara Nirwana Indrajoga.(2020). Trans Jawa: Menjalin Infrastruktur Berkelanjutan, Gramedia, Jakarta.

Joga, Nirwono. Jalan Tol Menuju Kemakmuran, Koran Tempo, 5 Mei 2022.

Joga, Nirwono. Infrastruktur Untuk Semua, Bisnis Indonesia, 18 April 2022.

Tjahjono, Tri. FGD Rencana Kebijakan Integrasi Operasional Tol Desari dan Tol Cijago dengan Perubahan Sistem Pengoperasian Pengumpulan Tol Jalan Tol Ruas Depok-Antasari Seksi Antasari-Andara-Brigif-Krukut-Sawangan, Universitas Indonesia, Jakarta, 7 Februari 2023.

Tim Universitas Diponegoro. (2019). Identification of Sprawl Development Typologies Arround Toll Road Gates in Java, Indonesia, Universitas Diponegoro, Semarang.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods (Fourth Edi). Thousand Oaks: SAGE Publication.

Widijanto, Dionisius. FGD Rencana Kebijakan Integrasi Operasional Tol Desari dan Tol Cijago dengan Perubahan Sistem Pengoperasian Pengumpulan Tol Jalan Tol Ruas Depok-Antasari Seksi Antasari-Andara-Brigif-Krukut-Sawangan, Direktur PT. Citra Waspphutowa, Jakarta, 7 Februari 2023.
Published
2022-10-20