Investigasi Workability dan Kuat Tekan Mortar Engineered Cementitious Composites (ECC)

  • Muhammad Yudha Pratama Siregar Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Aswin Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara
  • Gina Cynthia Raphita Hasibuan Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara
Keywords: Mortar, Engineered Cementitious Composites (ECC), Workability and compressive strength

Abstract

Mortar ECC merupakan material komposit yang tersusun dari semen, pasir, air, superplasticizer, material cementitious  dan tidak menggunakan batu kerikil. Untuk mendukung pembuatan mortar ECC yang ramah lingkungan maka dalam penelitian ini digunakan limbah berupa abu cangkang sawit (ACS) sebagai material cementitious. Penelitian ini dilakukan dengan kajian eksperimental guna mengetahui pengaruh penambahan abu cangkang sawit dalam campuran mortar ECC. Ada 3 variasi campuran mortar ECC yaitu AME, EM dan TEM  dengan variasi persentase abu cangkang sawit yang digunakan sebesar 0%, 5%, 10% dan 15% dari berat semen. Pengujian kuat tekan mortar ECC dilakukan pada umur 3 hari, menggunakan benda uji berbentuk kubus dengan ukuran 15x15x15 cm. Berdasarkan hasil dari  pengujian, diperoleh kuat tekan optimum sebesar 42,66 MPa pada  tipe EM dengan persentase ACS sebesar 10%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, Denny. 2018. “Analisis Pengaruh Penggunaan Crumb Rubber Sebagai Bahan Penambah Aspal Dengan Filler Abu Cangkang Sawit Untuk Campuran Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC)(Studi Penelitian).”

Harahap, Fatimah Insani, Muhammad Aswin, and Ahmad P. M. Tarigan. 2022. “Evaluasi Kuat Tekan Pada Bata ECC Dan Bata-CR ECC Berbasis Silica Fume Dan Abu Sekam Padi.” Siklus: Jurnal Teknik Sipil 8(2):248–60.

Putra, Yoga Kencana, Mirka Pataras, and Edi Kadarsa. 2021. “Analisa Perbandingan Aspal Modifikasi Crumb Rubber Dan Lateks SIR 20 Terhadap Karakteristik Marshall Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC).”

Rahmaniar, Rahmaniar, and Nesi Susilawati. 2018. “Pemanfaatan Limbah Padat Crumb Rubber Untuk Pembuatan Tegel Karet Menggunakan Bahan Pengisi Dari Pasir Kuarsa.” Jurnal Dinamika Penelitian Industri 29(2):128–36.

Setiaji, Dica Hermawan, Sugeng Riyanto, and Dandung Novianto. 2021. “Pengaruh Limbah Ban Karet Sebagai Substitusi Pasir Terhadap Kuat Tekan Dan Modulus Elastisitas Beton.” Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK) 2(2):175–81.

Wiranata, Arya, M. Iwan Fermi, and Bahruddin Bahruddin. 2018. “Pengaruh Mastikasi Karet Terhadap Karakteristik Campuran Aspal-Karet Spesifikasi Teknis (Crumb Rubber).” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Dan Sains 5:1–7.

Wuisan, Yoel, Kevin Ronaldo Gotama, Paravita Sri Wulandari, and Harry Patmadjaja. 2018. “Pengaruh Ukuran Serbuk Ban Bekas Sebagai Pengganti Agregat Halus Pada Campuran Aspal Emulsi Dingin Dengan Filler Fly Ash Tipe-C.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil 7(2):304–11.
Published
2022-10-20