Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Puskesmas Cimahi Tengah Sebagai Tempat Vaksinasi COVID-19

  • Asri Destriani Universitas Islam Bandung
  • Dede R. Oktini Universitas Islam Bandung
  • Titik Respati Universitas Islam Bandung
Keywords: Instagram, Keputusan Memilih, Vaksin Covid-19

Abstract

Sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan, Puskesmas Cimahi Tengah memiliki peran besar dalam pengendalian pandemi Covid-19 untuk masyarakat di wilayah kerjanya. Dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, puskesmas menjadi garda terdepan dalam melakukan 3T testing, tracing, dan treatment. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemanfaatan dan persepsi masyarakat mengenai akun media sosial Instagram Puskesmas Cimahi Tengah, yang selanjutnya dianalisis terkait pengaruh media sosial Instagram terhadap keputusan masyarakat memilih Puskesmas Cimahi Tengah sebagai tempat vaksinasi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode yang menggabungkan antara pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif verifikatif. Teknik sampling yang digunakan adalah convinience sampling sebanyak 100 pasien yang melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cimahi Tengah. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa penilaian dimensi media sosial instagram dan indikator keputusan memilih termsuk kedalam kategori sangat baik. Media sosial Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan memilih Puskesmas Cimahi Tengah sebagai tempat vaksinasi Covid-19. Akun Instagram @puskesmas_cimahitengah dipersepsikan positif sebagai media informatif dan edukatif dalam mendukung kegiatan vaksinasi Covid-19. Adapun yang perlu dioptimalisasi adalah pemanfatan fitur-fitur komunikasi dalam instagram, dan publiksasi rekomendasi atau testimoni dari pasien yang memiliki pengalaman baik setelah divaksin di Puskesmas Cimahi tengah.  Untuk penelitian selanjutnya dapat lebih mengkaji variabel lainnya pada media sosial yang mungkin berpengaruh pada keputusan pasien memilih, seperti dukungan influencer, selebgram, atau jenis akun instagram lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., Setiawan, J., Metodologi Penelitian Kualitatif , Sukabumi : CV. Jejak, 2018.

Arikunto., Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta. 2012

Ayinda Fajriani, Widya Sastika. (2016), “Pengaruh sosial media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen steak ranjang Bandung (studi kasus pada pengguna Instagram di Bandung tahun 2016),. Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, ISSN 2089-3590 | EISSN 2303-2472. 2016.

Balakrishnan et al. (2014), The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Puschase Intention and Brand loyalty Among Generation Y., Social and Behavioral Sciences 148 : 177-185. Science Direct.

Burhan, Leni. (2002), Sulistiadi, Wachyu, Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit., Branding : Jurnal Manajemen FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, https://www.journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding.

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics 5th Edition., 5 ed. SAGE Publications Inc. California.

Forbes. (2022). Novavax’s Highly Effective Vaccine Could Be A Game Changer.

Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Peneribit Universitas Diponegoro.2018.

Giri Maulana Arief, Heppy Millianyani. (2015).“Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika”, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom 2 Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom.

Hardisman, (2020). Tanya Jawab Analisis Data: Prinsip Dasar dan Langkah-langkah Praktis Aplikasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Sumatera Barat: Guepedia.

Hasanah, Yulianti. (2020). Ratna Meisa Dai, Deasy Silvya Sari., Implementasi Kebijakan Fungsi Puskesmas Selama Pandemi Covid 19 di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung., Responsive Volume 3 No 4 Bulan Desember 223-239.

Hidayat, Mahyuni., Mahalayati, Bornea Retno., Sadikin, Hanil., Kurniawati, Marhaeni Fajar, (2021). Peran Promosi Kesehatan dalam Edukasi Tenaga Kesehatan di Masa Pasca Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten tanah Laut., Jurnal Sains Sosio Humaniora, Volume 5 Nomor 1 Juni.

Husna, Hasna Nurul., dkk. (2021), Penggunaan Instagram Stories Sebagai Media Promosi Kesehatan Mata., Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK, Volume 5, Nomor 2 ISSN : 2620-7745.

Imran, Maharani., dkk. (2021), Penggunaan Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Kesehatan., Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3, Nomor 2 eISSN : 2621-2242.

Indika, Deru R., Cindy Jovita. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan.

Jonni, Ronaldho Rachman., Puji Hariyanti. (2021). Pengaruh konten Instagram terhadap minat beli konsumen Space Coffee Roastery Yogyakarta., Jurnal Mahasiswa Komunikasi.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Strategi Komunikasi Vaksinasi Covid-19, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19., Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2021). Transformasi Digital Bidang Kesehatan : Strategi Jangka Panjang Atasi Pandemi Covid-19. Biro Komunikasi dan pelayanan masyarakat.

Kemenkes RI. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020. Jakarta: Kemenkes RI.

Kertapati, Didit Tri. (2022). Membangun Sistem Layanan Kesehatan Digital., Mediakom Kementrian Kesehatan RI, https://mediakom.kemkes.go.id/2022/05/membangun-sistem-layanan-kesehatan-digital/2, 2022.

Kurniawan, Danang. (2021), Sutan, Arissy Jorgi, Penggunaan Sosial Media Dalam Menyebarkan Program Vaksinasi Covod-19 di Indonesia., Jurnal Kebijakan Publik, Vol 12, No 1, 2021.

Leonita, Emy., Julianus, Nizwardi. (2018). Peran Media Sosial dalam Upaya Promosi Kesehatan : Tinjauan Literatur., Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Volume 18 Number 2, 2018.

Lestiyanti, Ayu Sari Nur. (2022). dkk., Pengaruh Berita Lonjakan Kasus Covid-19 Pada Akun @KEMENKES_RI Terhadap Minat Vaksinasi Followers Akun @KEMENKES_RI., Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi., 2022.

Letuna, M. A. N. (2021). Instagram Sebagai Media Edukasi Vaksin Covid-19 di Indonesia., Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, (10) 88-106, 2021.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi, P.410).

Nowell, L.S., Norris, J.M. (2017). White, D.E., Moules, N.J., Thematic Analysis: Striving to Meet The Trustworthiness Criteria. International Journal Of Qualitative Methods, 161-13. DOI: 10. 1177/1609406917733847, 2017.

Ortega, C., Navas. (2017). The Use of New Technologies as a Tool for The Promotion of Health Education., Procedia-social and Behavioral Sciences 237 23-29, Elsevier Ltd, 2017.

Paquette, Holly. (2013). Social Media as a Marketing Tool : A Literature Review. Major Papers University of Rhode Island. 2013.

Pittman, M., Reich, B. (2016). Social Media and Loneliness : Why an Instagram Picture May Be Worth More Than a Thousand Twitter Words., Computer in Human Behaviour, 62, 155-167, https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.084, 2016.

Puspitaningrum, Adinda Ayu. (2021). Konsep Komunikasi Digital.,

Renata, Cut Deyna. (2021). Pengaruh terpaan postingan di Instagram dan daya tarik pesan iklan di youtube Kemenkes_RI terhadap minat vaksin Covid-19., Jurnal Ilmu Komunikasi, 2021.

Sachdeva S, et al. (2015), Information, Education, and Communication (IEC) : A Revisit to Facilitate Change., J Indian Acad Clin Med. 16:106-109, 2015.

Sahin, U. et al. (2020). BNT162b2 induces SARS-CoV-2-neutralising antibodies and T cells in humans, medRxiv. medRxiv, hal. 2020.12.09.20245175. doi: 10.1101/2020.12.09.20245175.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS., Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013.

Solis, Brian. (2011). Engage : "The Complete guide for Brands and Businesses to Build, Cultative, and Measure Success in the New Web., New Jersey : John Wiley & Sons. 2011

Supriyanto, Stefanus., Febri Endra Budi Setyawan. (2020). Manajemen Rumah Sakit, Penerbit Zifatama Jawara, 2020.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Susetyarsi.Th, Rudika Harminingtyas. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen., Jurnal STIE Semarang, 2021.

Syafii, Ahmad Imam. (2021). Promosi Kesehatan Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Edukasi Digital Pandemi Covid-19., Prosiding Seminar Nasional STARWARS IKM UM. Juli hal 118-123.

Tambunan, Formaida., dkk. (2022). Pelaksanaan Vaksinasi Massal Dalam Upaya Peningkatan Imunitas Masyarakat Pada Pencegahan Penularan Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara. Volume 3, Nomor : 1, Februari.

Tjiptono, Fandy. (2022). Strategi Pemasaran. Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umasugi, T. (2021). Upaya Pencegahan dan Menekan Penyebaran Covid-19 dengan Sosialisasi Protokol Kesehatan 4M Kepada Masyarakat Desa Gayaman Kec. Mojoanyar Kab Mojokerto., Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 128-131, 2021.

Umi, Narimawati., Sri Dewi, Anggadini., Linna, Ismawati. (2011). Penulisan Karya Ilmiah., Edisi Pertama. Pondok Gede, Bekasi : Genesis, 2011.

Voysey, M. et al. (2021). Safety and efficacy of the ChAdOx1 nCoV-19 vaccine (AZD1222) against SARS-CoV-2: an interim analysis of four randomised controlled trials in Brazil, South Africa, and the UK, The Lancet. Lancet Publishing Group, 397(10269), hal. 99–111. doi: 10.1016/ S0140-6736(20)32661-1. 2021.

Widya, Desy. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemahaman Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid 19 pada Mahasiswa. Skripsi Program Studi Ilmu Komuinikasi Konsentrasi Pengaruh Masyarakat. 2021

Witka, Beska Z., Imam A., Wicaksono. (2021), Review artikel : Perbandingan Efikasi, Efisiensi dan Keamanan Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan Di Indonesia. Farmaka – Jurnal Universitas Padjadjaran, Volume 19 Nomor 2, 2021.

Zarella, Dan. (2011), The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta.
Published
2022-10-20