Analisis Keaktifan Peserta Didik Kelas V Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Team Quiz

  • Fakhriyan Fakhriyan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wahidin Wahidin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Keaktifan peserta didik, Kelas V, Pembelajaran IPS

Abstract

Kolaborasi sering dikaitkan dengan keterlibatan siswa dalam keaktifan saat pembelajaran berlangsung. Seorang yang memiliki keterampilan kolaborasi akan mudah dalam melakukan kejasama walaupan dengan rekannya dengan karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa ketika menggunakan metode Team Quiz dengan tidak menggunakannya ketika pembelajaran IPS. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode ini digunakan untuk memaparkan gambaran secara empirik mengenai keaktifan peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPS dengan metode team quiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran IPS secara umum baik. Namun, beberapa siswa menunjukkan keterlibatan yang kurang dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode team quiz secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa. Siswa menunjukkan tingkat keterlibatan dan kompetisi yang lebih tinggi selama team quiz, yang mendorong partisipasi aktif dan kerjasama dalam kelompok mereka. Secara kesimpulan, penerapan metode team quiz secara efektif meningkatkan keaktifan siswa di kelas V-A. Metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purnama, I. L., & Aldila, E. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dan team quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27-42.

Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473-480.

Putri, D. P. (2020). Penggunaan metode pembelajaran Team Quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452-458.

Kusumawati, N. (2017). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Dan Kreatifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 26-36.

Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469-480.

Siregar, M., & Junita, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. Ix-ix Tahun Pelajran 2013/2014. Civitas (Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic), 2(1), 23-28.

Wulandari, Y., Wahyuni, A., & Elisa, E. (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 202-206.

Marcella, A., Wulanata, I. A., & Listiani, T. (2018). Penerapan team quiz untuk meningkatkan kemampuan kerja sama antar siswa kelas VIII-B pada mata pelajaran matematika [The implementation of a team quiz to improve cooperation skills among grade 8B students in mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 124-134.

Wibisono, W. (2015, November). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Quiz Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Nasution, H. N. (2019). Efetivitas penggunaan model pembelajaran team quiz dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Syhbuddin Mustafa Nauli. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 1-8.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Astuti, S. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui cooperative learning jigsaw pada mata pelajaran ips kelas viii smp negeri 1 puring kabupaten kebumen (Doctoral dissertation, Pend. Ekonomi).

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Siska, Y. (2018). Pembelajaran Ips Di Sd/Mi. Garudhawaca.

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172.

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109-120.

Nurfatimah, A. (2020). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Sugiarti, R. E. Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Metode Team Quiz dan Learning Cell pada Konsep Sistem Gerak Manusia.

Wardani, N., Muntari, M., Hadisaputra, S., & Loka, I. N. (2018). Studi perbandingan hasil belajar kimia antara model pembelajaran team quiz dengan model pembelajaran course review horay pada siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Chemistry Education Practice, 1(2), 14-19.

Sarah, U. (2018). Penerapan Strategi Team Quiz Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1082-1091.
Published
2022-10-20