Pengaruh Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud) Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas II SDN Susukan 02 Pagi

  • Tita Karina Wibowo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ummul Qura Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Metode membaca nyaring (Reading Aloud), Minat Membaca

Abstract

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini merupakan terdapat pengaruh metode membaca nyaring (Reading Aloud) terhadap minat membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan metode membaca nyaring (Reading Aloud) pada peserta didik kelas II SDN Susukan 02 Pagi. Populasi penelitian ini berjumlah 60 peserta didik dari 2 kelas yang keseluruhannya diteliti. Merode yang digunakan ialah True experimental dengan membadakan kelompok yang diteliti yaitu kelompok ekperimen yang menggunakan metode membaca nyaring (Reading Aloud) dan kelas kontrol yang tidak diterapkan menggunakan metode membacar nyaring (Reading Aloud). Instrumen penelitian berupak kuesioner sebanyak 30 item. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapa Pengaruh Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud) Terhadap Minat Membaca peserta didik. Di dalam perhitungan statistik, Pengaruh Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud) Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas II SDN Susukan 02 Pagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A., & Otaya, R. (2022). Penerapan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Meteri Kitab-Kitab Allah Mata Pelajatan Agama Islam dan Budi Pekerti. Al-Muhtarif: Jurna Pendidikan Agama Islam, 1(1), 96–107.

Agustin, J. T., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada peserta didik kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tengerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4, 2556–2560.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/1229/577

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Peserta didik Smp Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778

Bangun, R. Y. B. (2021). Hubungan Minat Baca Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Negeri 040492 Batukarang T.P 2020/2021. Digital Repository Universitas Qualitas Berastagi. http://portaluqb.ac.id:808/135/

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT Rajagrafindo Persada.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Hafni Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.

Kamila, A., & Ritonga, R. (2021). Strategi Reading Aloud Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Peserta didik Kelas IV SDN Pancoran 07 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2). http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/1229/577

Kuraesin, C., Rohimat, M., Jaenurdin, H., April, U. S., Artikel, I., & Membaca, K. (2022). Upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan anak melalui kegiatan literasi pojok baca. 1(1), 1–8. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jege/article/view/431/177

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (N. Nur M (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, P. P. (2022). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Motivasi Belajar Al-Qur’an Anak Pedagang Kaki Lima Di SMP Negeri 5 Kendari. Repository Perpustakaan IAIN Kendari.

Masitrah, Husin, M., & Fitriani, S. (2022). Kemampuan Membaca Nyaring Peserta didik Kelas II SD Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik: Elementary Education Research, 7(4), 176–180.

Meliyawari. (2018). Pemahaman Dasar Membaca. Deepublish.

Mukharam, I., Ruswan, A., & Sri, N. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dengan metode Reading Aloud pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50

Nasution, A. E., & Hidayah, M. W. (2019). E-KOMPEN (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 13(1), 105. https://doi.org/10.30829/iqra.v13i1.4365

Nora, K. (2020). Minat Membaca Peserta didik Kelas Viii C Smp Katolik Santo Paulus Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(4), 90–97. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1321422&val=732&title=Minat Membaca Peserta Didik Kelas Viii C Smp Katolik Santo Paulus Palu

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. OSF.IO. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0A

OEDC. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretations. OEDC, 6. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Sukirno. (2017). Terampil Membaca Nyaring. Pustaka pelajar.

Tiara Anti Sari, N., Nurmahanani, I., Adjie, N., & Rajasa, G. (2022). Persepsi Peserta didik Sekolah Dasar Kelas Rendah Terhadap Aktivitas Membaca Nyaring (Reading Aloud) : Sebuah Studi Kasus. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 81–90. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30845

Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. S.U.H.U.F, 30, 35–56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721

Umanahu, M., Eksan, W., & Jinudin, J. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Peserta didik Kelas III SD Negeri 115 Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.6372753

Widya Prabaningrum, D. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas (3rd ed.). PT Indeks Permata Puri Media.

Winda Lestari, P., Nur Izzah, H., & Kartika Yudyanintyas, M. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 106–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4300

Zaenul Fitri, A., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Madani Kelompok Intrans Publshing.
Published
2022-10-20