Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Sales Promotion Dari Boyband K-POP BTS Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand ambassador, brand image, dan sales promotion terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Tokopedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner secara daring melalui google form. Terdapat jumlah responden yang digunakan sebanyak 103 responden. Analisis data menggunakan analis regresi linear berganda, dibantu dengan program statistika SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador, brand image dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Downloads
References
Ajeng, A., & Rishmawati, R. P. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Brand Image terhadap Purchase Intention Produk Wardah di Kota semarang. 6(1), 390–398.
Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. E-Proceeding of Management, 8(2), 2074–2082.
Asosiasi Penyelenggara Jasa. (2022). APJII di Indonesia Digital Outloook 2022. APJII.
Assauri, S. (2017). Manajemen pemasaran: dasar, konsep den strategi. Rajawali Pers.
Ayu, & Tri, L. (2022). Pengaruh Brand Ambassador BTS (Bangtan Boys) dan E-Trust terhadap Minat Beli. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1516–1542. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.1009
Bambang, S., & Willis, R. F. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 53. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2086
Ekhel, Chandra, & Antonia, A. (2019). Tokopedia Umumkan BTS Sebagai Brand Ambassador. Tokopedia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ika Wahyuningtyas, A. A. (2023). 2 , 1,2,3. 9(9), 510–518.
Iprice. (2022). The Map of E-commerce in Indonesia. Iprice Insight.
Johannes, C. S., & Siagian, V. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Kepercayaan, dan Price Discount Terhadap Minat Beli di Aplikasi Tokopedia. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 6(2), 98–112.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.
M. Anang, F. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Negarawan, & Ikrar, G. (2018). Pengaruh P Brand Image Terhadap Minat Membeliyang di Moderasi Oleh Tipe Kepribadian Ekstrovert. Psikovidya, 22(1), 60–66.
Rahayu, N. C., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador BTS (Bangtan Seoyeondan) Terhadap Minat Beli Tokopedia Konsumen di Kota Bandung The Influence Of Brand Ambassador BTS (Bangtan Seoyeondan ) on Tokopedia Consumer Purchase Intention At Bandung City Pada zaman ini , teknologi me. 8(5), 5714–5730.
Setiawan, B., & Putri, R. Y. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen Azarine. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 2477–1783.
Setyobudi, M. A., & Farida, S. N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia di Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(2), 29–36. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2.124
Tjahjaningsih, E., Isnowati, S., Nastiti, H. D., & UN, D. H. (2022). The Effect of Word of Mouth and Brand Image on Trust and Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 17(2), 262–276.
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Korean Celebrity Endorsement, dan Kampanye #Jagaekonomiindonesia Terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Tokopedia Georgius. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3740
Wikipedia. (2023). Tokopedia. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas.
Winda Palit, D., Lefina Mandey, S., Djemly, W., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Pengaruh Advertising, Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Y.O.U Di Matahari Dept. Store Manado Town Square the Effect of Advertising, Personal Selling and Sales Promotion on Consumer Buying Interest in Y. 11(1), 465–476.
Yusuf, A., & Rosyad, U. N. (2020). Hubungan Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen (Studi Korelasional Promosi Penjualan “ Bayar Suka - Suka †Binar Coffee). Prosiding Manajemen Komunikasi, 06(02), 527–532.
Copyright (c) 2022 Madenia Klara Funan Naitefa, Alimuddin Rizal Rivai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.