The Influence of Semi-Military Education In Shaping The Discipline of Students oThe Surabaya Navy Special Vocational School

  • Mohammad Wildan Habibi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Disiplin, Pendidikan, Semi Militer

Abstract

Di sejumlah sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia, terdapat sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah pendidikan semi militer. Pendidikan semi-militer adalah jenis program pendidikan yang menggunakan ide-ide militer tetapi tidak secara ketat meniru nilai-nilai militer untuk mengembangkan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan dampak pendidikan semi militer terhadap pembentukan disiplin mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Temuan analisis mengarah pada kesimpulan penelitian, yang berfokus pada bagaimana disiplin siswa di sekolah terbentuk dapat dikatakan bahwa pendidikan semi militer berperan positif dalam menegakkan kedisiplinan siswa di sekolah. Hal ini dapat dilihat pada siswa yang mulai putus asa dengan konsekuensi yang dihadapi, siswa yang secara konsisten mengikuti peraturan terkait, dan siswa yang lebih menghormati semua penghuni sekolah. Seluruh tenaga pendidik SMK Khusus Angkatan Laut 1 Surabaya, bisa pengembangan karakter melalui Pendidikan semi militer terus diupayakan semaksimal mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Carrese, J. A., Malek, J., Watson, K., Lehmann, L. S., Green, M. J., McCullough, L. B., Geller, G., Braddock III, C. H., & Doukas, D. J. (2015). The essential role of medical ethics education in achieving professionalism: the Romanell Report. Academic Medicine, 90(6), 744–752.

Catyaningsih, R., Priyanto, A. S., & Subagyo, S. (2022). The Democratic character values formation in the School of the Ministry Defense of the Republic Indonesia. Journal of Educational Social Studies, 11(2), 52–60.

Datuk, A. (2020). Internalization of Character Education in Era 4.0 as A Moral Conservation Solution for Students in Kupang City. The 5th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2020), 21–30.

Ebrahimi, M. (2017). Islamic identity, ethical principles and human values. European Journal of Multidisciplinary Studies, 2(6), 325–336.

Fischer, E., & Qaim, M. (2012). Linking Smallholders to Markets: Determinants and Impacts of Farmer Collective Action in Kenya. World Development, 40(6), 1255–1268. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2011.11.018

Freud, S. (2014). On the sexual theories of children. Read Books Ltd.

Hamriana, H., Kasmawati, K., & Ahmad, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya dan Gerak Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 7 Pasir Putih. Jurnal Sultra Elementary School, 2(2), 83–88.

Kim, S. (2015). NGOs and Social Protection in East Asia: Korea, Thailand and Indonesia. Asian Journal of Political Science, 23(1), 23–43.

Kusha, H. R. (2017). The sacred law of Islam: a case study of women’s treatment in the Islamic Republic of Iran’s criminal justice system. Taylor & Francis.

LePage, P., Akar, H., Temli, Y., Şen, D., Hasser, N., & Ivins, I. (2011). Comparing teachers’ views on morality and moral education, a comparative study in Turkey and the United States. Teaching and Teacher Education, 27(2), 366–375.

Sumarno, W. K., Shodikin, A., Rahmawati, A. A., & Shafira, P. D. (2021). Gerakan Literasi Sains melalui Pengenalan STEAM pada Anak di Komunitas †œPanggon Moco†Gresik. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 702–709.

Suryanto, A., & Saepulloh, A. (2016). Optimalisasi Fungsi dan Potensi Masjid: Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Kota Tasikmalaya. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 150_176-150_176.

Sutomo, I. (2014). Modification of character education into akhlaq education for the global community life. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 291–316.

Suyata, P., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Retnawati, H. (2011). Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2).

Vansteenkiste, M., Niemiec, C. P., & Soenens, B. (2010). The development of the five mini-theories of self-determination theory: An historical overview, emerging trends, and future directions. The Decade Ahead: Theoretical Perspectives on Motivation and Achievement, 105–165.

Yunita, Y., & Mufidah, N. (2022). The National Defense Education as Students’ Character Education. International Journal of Education and Humanities, 2(4), 147–156.
Published
2022-10-20