Peran Electronic Word of Mouth Dalam Meningkatkan Minat Pasien Mengunjungi Rumah Sakit di Era Digital

  • Nurlaili Maya Ramadhanty Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Electronic Word Of Mouth, Digitalisasi, Minat Berkunjung, Sosial Media

Abstract

Dalam era digitalisasi, media sosial menjadi alat penting terutama dalam sektor kesehatan, dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, memudahkan masyarakat untuk mengakses segala informasi melalui media sosial. Electronic Word of Mouth (EWOM) merupakan sebuah sarana komunikasi berbasis internet yang memungkinkan pengguna merespon pengalaman yang didapatkan terhadap pelayanan kesehatan. Kajian ini bertujuan untuk melihat peran Electronic Word of Mouth dalam meningkatkan minat pasien mengunjungi rumah sakit di era digital, kajian ini menggunakan tinjauan sistematis dengan metode PRISMA, data yang diambil dari database online seperti Google Scholar, Pubmed. Di akhir pencarian didapatkan 8 Jurnal yang relevan dengan tujuan kajian. Hasil tinjauan menunjukan, keberadaan metode Electronic Word of Mouth berdampak baik dan signifikan terhadap peningkatan minat dan keputusan kunjungan. Metode Electronic Word of Mouth sebagai strategi pemasaran yang berguna untuk membentuk minat dan mendorong keputusan pelanggan untuk melakukan kunjungan. Diharapkan, dalam menggunakan E-WOM harus dilakukan evaluasi secara berkelanjutan agar pemasaran rumah sakit dapat berjalan dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiarno, Y. (2022). Bauran Pemasaran, Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Radioterapi. Journal of Public Health Education, 1(3), 117–129. https://doi.org/10.53801/jphe.v1i3.20

Anjani, H., Ruswanti, E., & Indrawati, R. (2022). EWOM, Kepercayaan, Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang pada Poliklinik Penyakit dalam di RS ABC Jakarta. Jurnal Health Sains, 3(3), 402–414. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i3.445

Cahyani, N. M. W. S., Suwastini, N. K. A., Dantes, G. R., Jayantini, I. G. A. S. R., & Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Blended Online Learning: Combining the Strengths of Synchronous and Asynchronous Online Learning in Efl Context. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 174. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.34659

Dewi Masyitoh, C., & Jaka Sarwadhamana, R. (n.d.). The Effectiveness of Social Media Facebook and Instagram as Hospital Promotional Media.

Imron, A. (2022). Pilihan Media Promosi Kesehatan Berdasarkan Kategori Generasi di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 478–485. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.834

Marnewick, C., & Marnewick, A. L. (2022). Digitalization of project management: Opportunities in research and practice. Project Leadership and Society, 3. https://doi.org/10.1016/j.plas.2022.100061

Niemand, T., Rigtering, J. P. C., Kallmünzer, A., Kraus, S., & Maalaoui, A. (2021). Digitalization in the financial industry: A contingency approach of entrepreneurial orientation and strategic vision on digitalization. European Management Journal, 39(3). https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.04.008

Ritter, T., & Pedersen, C. L. (2020). Digitization capability and the digitalization of business models in business-to-business firms: Past, present, and future. In Industrial Marketing Management (Vol. 86). https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.11.019

Rizal, M., Ruswanti, E., & Januarko, M. U. (2020). The Impact of eWOM in Social Media Instagram on Patient’s Intention to Joining In Vitro Fertilization Programme.

Ruswanti, E., Eff, A. R. Y., & Kusumawati, M. D. (2020). Word of mouth, trust, satisfaction and effect of repurchase intention to Batavia hospital in west Jakarta, Indonesia. Management Science Letters, 10(2), 265–270. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.006

Saputra F. (2018). Konfirmasi Empat Faktor yangBerpengaruhterhadapWord of Mouthdi Rumah Sakit.

Taufik, E. R., Hasan, S., Titin, T., Singagerda, F. S., & Sinambela, E. A. (2022a). Hospitals Visit Intention and Visit Decision: How the Role of Viral and Word of Mouth Marketing? Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.948554

Taufik, E. R., Hasan, S., Titin, T., Singagerda, F. S., & Sinambela, E. A. (2022b). Hospitals Visit Intention and Visit Decision: How the Role of Viral and Word of Mouth Marketing? Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.948554
Published
2022-10-20