MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10" ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"

Syntax Lite= rate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398

Vol. 8, No. 7, Juli 2023

 

E-LEARNING: METODE PEMBELAJARA= N MASA DEPAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

 

Irfan Haryanto1, Am= elia Setiawan2, Hamfri Djajadikerta3

Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia

Email: irfanharyanto@gmail.com, amelias@unpar.ac.id<= /a>, talenta@unpar.ac.id=

 

Abstrak

= Saat ini E-learning muncul sebagai paradigma baru dalam bidang pendidikan modern= dan sudah banyak penelitian memperlihatkan bukti empiris secara efektif dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penelitian-penelitian terbaru terkait penerapan E-learning dari tahun 2018 sampai 2023 untuk mendalami dan melihat sejauh mana fenomena perkembangan metode E-learning bila dilihat dari tiga rentang waktu yaitu pada masa sebelum adanya pandemic Covid-19 yaitu 2018-2= 019, lalu pada masa pandemic Covid-19 yaitu tahun 2020-2022 dan pada masa setelah pandemic Covid-19 tahun 2023 dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan bantuan tools Publish or Perish, Mendeley, Zotero, dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 61 artikel yang terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19), pada bulan April tahun 20= 23 (setelah pandemi covid19), sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi penil= aian kualitas. Pemanfaatan E-learning sebagai sarana pelatihan dan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi karyawan. Dengan penerapan E-learning, karyaw= an dapat mengimplementasikan skill atau kemampuan yang sudah didapat yang memb= uat karyawan lebih mampu dalam menanggapi tuntutan pekerjaan. Proses e-learning sebagai media pelatihan dan pengembangan karyawan mampu untuk memberikan learning experience pada karyawan secara komprehensif. E-learning dijadikan sebagai alternatif atau solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningka= tan kompetensi karyawan.

 

Kata Kunci<= /b>: e-learning; kompetensi; pelatihan; kinerja karyawan<= /o:p>

 

Abstract

Currently E-learning emerges as a new paradigm in the field of modern education and many studies have shown empirical evidence that it can effectively improve employee competency and performance. This s= tudy aims to identify and analyze the latest studies related to the implementati= on of E-learning from 2018 to 2023 to explore and see how far the phenomenon of the development of the E-learning method is when viewed from three timefram= es, namely during the period before the Covid-19 pandemic, namely 2018 -2019, t= hen during the Covid-19 pandemic, namely 2020-2022 and during the period after = the Covid-19 pandemic in 2023 using the Systematic Literature Review (SLR) meth= od with the help of Publish or Perish, Mendeley, Zotero, and Microsoft Excel tools. The results showed that of the 61 articles selected based on article searches in 2018-2019 (before the covid19 pandemic), 2020-2022 (during the covid19 pandemic), in April 2023 (after the covid19 pandemic), so that 9 articles were obtained that met quality assessment. Utilization of E-learni= ng as a means of training and learning can improve employee competency. With t= he implementation of E-learning, employees can implement the skills or abiliti= es that have been acquired which make employees more capable in responding to = job demands. The e-learning process as a medium for employee training and development is able to provide a comprehensive learning experience for employees. E-learning is used as an alternative or a solution to face-to-fa= ce training to increase employee competence.

 

Keywords: E-Lear= ning; Competence; Training; Employee Performance

 

Pendahuluan

Setiap perusahaan tentunya akan selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan seluruh kegiatan usahanya agar dapat bertahan ditengah badai perubahan yang datang silih berganti. Belum selesai perusaha= an beradaptasi dengan hadirnya teknologi digitalisasi, lalu kemudian datang pandemic Covid-19 yang kembali memberikan tekanan kepada perusahaan. Sehing= ga kata kunci yang harus dipikirkan oleh setiap perusahaan yaitu adalah selalu berusaha mencari solusi yang efektif dan efisien dalam menghadapi segala stimulus yang datang dari waktu ke waktu. Dimana kondisi tersebut secara ti= dak langsung menuntut perusahaan untuk mau berubah lebih baik dan adaptif sehin= gga dapat bertahan di era yang penuh dengan ketidakpastian.

Dalam prakteknya, ketika teknologi digital hadir maka perusahaanpun mau tidak mau harus menyesuaikan segala proses yang ada, baik= di area produksi, pemasaran, keuangan dan juga di area sumber daya manusia. Kh= usus mengenai sumber daya manusia, tentunya hal ini juga merupakan salah satu fa= ktor produksi yang sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Bahkan sumb= er daya manusia juga disebut sebagai salah satu faktor yang bisa dijadikan seb= agai daya saing utama sebuah perusahaan. Maka tidaklah mengherankan bila kini su= dah mulai banyak perusahaan yang berani mengeluarkan biaya pelatihan guna meningkatkan kompetensi yang dapat mendukung kinerja sehingga dapat berkontribusi kepada pencapaian tujuan perusahaan.

Dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusi= a, perusahaan sudah mulai berani melakukan investasi yang tidak sedikit dalam bentuk memberikan pelatihan kepada karyawannya. Dimana cara yang umum digun= akan yaitu melakukan pelatihan secara langsung atau secara tatap muka. Namun den= gan hadirnya teknologi, ternyata pelatihan dapat juga dilakukan dengan cara menggunakan metode E-learning. Bila dilihat perkembangannya, awalnya= E-learning hadir hanya sebagai salah satu metode pembelajaran yang muncul akibat muncu= lnya teknologi di era informasi. Namun siapa sangka ternyata hadirnya pandemic Covid-19 justru semakin membuat perkembangan E-learning semakin popu= lar dan umum digunakan, baik di dunia pendidikan formal di sekolah-sekolah maup= un perguruan tinggi bahkan perusahaan juga memanfaatkan E-learning seba= gai metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kompetensi para karyawannya (Dos Santos, 2022). Lain halnya cara konvensional masih ba= nyak menemui kendala, seperti waktu pelatihan yang terbatas, tidak adanya media pendistribusian materi, tidak adanya konsultasi diluar jam pelatihan (tr= aining) serta proses evaluasi pelatihan masih menggunakan cara manual. E-learning merupakan suatu konsep penggunaan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran dengan menggunakan media yang terhubung dengan jaringan komput= er dan internet. Pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung proses traini= ng yang sangat penting untuk kemajuan dan peningkatan kemampuan dari para karyawannya (Hamza & Tóvölgyi, 2023).

Mengingat perkembangan era teknologi disruptif yang s= emakin pesat, pengembangan kompetensi SDM dalam hal ini, harus ikut pula memanfaat= kan teknologi informasi yang berkembang tersebut (Setiadiputra, 2019)= . Saat ini E-learning mulai menga= mbil perhatian banyak pihak, baik dari kalangan akademik, profesional, perusahaan maupun industri. E-learning merupakan metode pembelajaran menggunakan media elektronik (audio/visual) melalui metode internet. Saat ini E-lear= ning muncul sebagai paradigma baru dalam bidang pendidikan modern dan sudah banyak penelitian memperlihatkan bukti empiris dalam mendukung gagasan memanfaatkan teknologi E-Learning secara efektif dapat memberikan ba= nyak peluang. Sistem E-learning sebagai salah satu penunjang pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (Karyawan). Penerapan E-learning mengacu pada tiga karakteristik 1) E-learning berkaitan dengan jarin= gan elektronik yang memungkinkan informasi dan instruksi disampaikan. 2), E-= learning disampaikan pada learner menggunakan komputer dengan teknologi internet. 3), pada solusi pembelajaran yang melebihi pelatihan tradisional termasuk penyampaian informasi dan alat untuk meningkatkan kinerja <= !--[if supportFields]>ADDIN CSL_CITATION {"citationItems":[{"id":"ITEM-1","itemDa= ta":{"ISSN":"2581-0588","author":[{"= ;dropping-particle":"","family":"Permatasari&= quot;,"given":"Indah","non-dropping-particle"= :"","parse-names":false,"suffix":""= },{"dropping-particle":"","family":"Hard= iyan","given":"Hardiyan","non-dropping-partic= le":"","parse-names":false,"suffix":&quo= t;"}],"container-title":"Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer)","id":"ITEM-1","issue":"1= ","issued":{"date-parts":[["2018"]]},&qu= ot;page":"1-8","title":"Pengaruh E-learning sebagai media pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyaw= an BCA KCU Tangerang","type":"article-journal","volume&q= uot;:"7"},"uris":["http://www.mendeley.com/documen= ts/?uuid=3D55988401-3986-4899-80a7-5b69ae36baba"]}],"mendeley&quo= t;:{"formattedCitation":"(Permatasari & Hardiyan, 2018)","plainTextFormattedCitation":"(Permatasari & Hardiyan, 2018)","previouslyFormattedCitation":"(Permatasari & Hardiyan, 2018)"},"properties":{"noteIndex":0},&qu= ot;schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw= /master/csl-citation.json"}(Permatasari & H= ardiyan, 2018).

Adanya E-learning ini memungkinkan para karyaw= an untuk bisa berperan dalam pencarian informasi dan pengetahuan baru, memiliki biaya yang lebih rendah dibanding pelatihan secara langsung, dan memiliki a= kses yang tak terbatas sehingga sangat menguntungkan baik dari pihak karyawan ma= upun perusahaan. Pengaruh dari penggunaan E-learning sebagai salah satu strategi pelatihan bagi perusahaan dapat dikaitkan dengan peningkatan kiner= ja. Penggunaan E-learning pada sumber daya manusia dipandang sebagai sal= ah satu kunci untuk meningkatkan kinerja, kualitas, dan aksesibilitas kepada pendidikan dan pelatihan. Kegunaan teknologi untuk memberikan pembelajaran melalui sistem E-learning kepada karyawan sangat membantu untuk memb= uat kinerja mereka semakin baik ketika hal-hal seperti keselarasan antara kebut= uhan individu dan kepentingan perusahaan dapat dicapai. Pencapaian atau masalah = yang dialami oleh sebuah perusahaan sangat bergantung pada kinerja karyawannya, = oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk menyadari pentingnya pelatihan dan pengembangan melalui sistem E-learning dalam kinerja dan evaluasi karyawan (Purwanto & Sura= tman, 2022).

 

Metode Penelitian <= /span>

Dalam penelitian ini, metode tinjauan pu= staka sistematis atau Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk mempelajari dan memahami informasi yang berkaitan dengan tujuan dan topik u= tama penelitian. SLR disusun berdasarkan pedoman PRISMA (Preffered Reporting = Item for Systematic Review and Meta-Analysis) (Akigbe, Ikono, Ejid= okun, Aderibigbe, & Afolabi, 2017). Metode yang digunakan memiliki tiga ta= hapan alur yang terdiri atas tahapan perencanaan (planning), tahapan pelaksanaan (conducting), dan tahapan pelaporan (reporting). Pada tahap perencanaan akan ditentukan konteks pencarian artikel, penentuan pertanyaan penelitian (rese= arch questions) yang akan dijadikan dasar perlakuan studi literatur. Tahap selanjutnya adalah mencari bahan referensi atau sumber literatur (search process). Dan tahap terakhir adalah pelaporan, dan menyimpulkan hasil usulan kegiatan penelitian dan aktivitas diskusi.

Gambar 1

Tahapan Systematic Literature Review (SLR)

 

a)   Pertanyaan Penelitian (Research Questions)

Daftar pertanyaan penelitian dapat dibuat dari kebutuhan penelitian tentang topik = yang dibahas. Berikut ini adalah daftar pertanyaan penelitian dalam Tinjauan Pus= taka ini:

1.  RQ1: Apakah artikel yang dipilih memba= has tentang E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan?=

2.  RQ2: Apakah artikel yang dipilih memba= has tentang metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi karyawan?

3.  RQ3: Apakah E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan?

4.  RQ4: Apakah E-learning merupakan solusi terbaik dalam pengembangan kompetensi karyawan?

b)  Proses Pencarian (Search Process)

1)  Publish or Perish

Proses pencarian artikel ilmiah dalam Literature Review ini adalah pencarian datab= ase dari Scopus melalui software Harzing's Publish or Perish. Publisher Perish adalah program perangkat lunak yang mengambil dan menganalisis kutipan akademik, yang dirancang untuk memberdayakan akademisi individu untuk mempresentasikan kasus mereka untuk meneliti dampak untuk keuntungan terbaiknya. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel terkait melal= ui publish or perish adalah E-learning, kompetensi karyawan, pelatihan karyawan, kinerja karyawan dan tahun yang dipilih Sebelum pandemi Covid -19 tahun (2018-2019), Pada saat pandemi tahun (2020-2022) dan Setelah Pandemi tahun (2023). Setelah itu, hasil pencarian artikel disimpan dalam format RIS supaya dapat dibaca oleh Mendeley untuk diorganisasikan sebagai reference manager.

2)  Mendeley

Mendeley merupakan software yang berfungsi sebagai reference manager. Berdasarkan definisi yang dikutip dari situs resminya, menunjukkan bahwa Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi sekaligus jejaring sosial, alat kolaborasi onl= ine dan mampu menemukan penelitian terbaru/terkini (Rahm= awati, Meliyana, Yuliana, & Zain, 2018). Pada tahap ini, Penulis meng-importf= ile artikel hasil pencarian dari Publish or Perish dan menyimpan file-file ters= ebut dalam format biptex dan RIS.

3)  Zotero

Setelah mengumpulkan data dan informasi, semua data yang lolos seleksi digabungkan menggunakan Zotero. Zotero memungkinkan untuk mengumpulkan, mengatur, mengu= tip, dan berbagi sumber penelitian dan memungkinkan pengunduhan, pengambilan, dan pengindeksan teks lengkap dari katalog, basis data, situs web, dan PDF (Rahm= awati et al., 2018). Pada tahap ini, yaitu meng-import fi= le artikel dari Mendeley. Fungsinya adalah untuk menyimpan kembali file dalam format csv agar dapat di-import ke Microsoft Excel.

4)  Microsoft Excel

Tahap selanjutnya, yaitu penentuan kriteria inklusi (inclusion criteria) dan krit= eria eksklusi (exclusion criteria) untuk menentukan kelayakan artikel ilmiah unt= uk di-review atau tidak, dengan menggunakan Microsoft Excel. Studi kelayakan artikel terpilih sebagai berikut:

a)   = Artikel yang digunakan berkaitan dengan topik penelitian mengenai E-learning, metode pembelajaran masa depan yang efektif dan efisien?.

b)  Semua artikel yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

c)   = Semua artikel dapat diakses secara utuh (PDF lengkap).

d)  Artikel yang diterbitkan pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19), tahun 2023 (setelah pandemi covid19)

Pada tahap ini, Penulis meng-import file artikel dari Zotero ke Microsoft Excel. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam memetakan atau mengklasifikasikan = dari artikel yang telah dicari. Di tahap ini, artikel yang telah diperoleh akan dilakukan penyaringan untuk menentukan topik penelitian yang akan dibahas. Penyaringan artikel akan dilakukan berdasarkan Quartile dan tahun publikasi= .

5)  Penilaian Kualitas (Quality Assessm= ent)

Dalam penelitian ini, data dari Kajian Literatur yang ditemukan akan dievaluasi berdasarkan pertanyaan kriteria penilaian kualitas dan masing-masing pertan= yaan akan diberikan jawaban sebagai berikut:

1.   = Q1: Apakah artikel terpilih diterbitkan pada tahun 2018-2023? (Ya(1)/Tidak (0)

2.   = Q2: Apakah artikel yang dipilih membah= as tentang E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan?= (Ya (1)/Tidak (0))

3.   = Q3: Apakah artikel yang dipilih membah= as tentang metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi karyawan? (Ya(1)/Tidak(0)

4.   = Q4: Apakah artikel membahas tentang E-learning memberikan dampak pada kompetensi dan peningkatan kinerja karyawan? (Ya(1)/= Tidak(0)

5.   = Q5: Apakah artikel yang dipilih membah= as tentang E-learning merupakan solusi terbaik dalam pengembangan kompetensi karyawan? (Ya(1)/Tidak(0))

6)  Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan Systematic Literature Revie= w (SLR) ini adalah dengan cara Data Extraction. Data Extraction adalah mengambil semua data penelitian yang didapat dari jurnal yang diguna= kan untuk penelitian dan mengubah data yang didapat menjadi data baru dengan ca= ra menyaring data yang digunakan dalam beberapa kategori dan dengan mengambil = data yang valid dan tidak menyertakan data yang kurang valid sehingga didapatkan data baru yang optimal dan hasil yang komprehensif.

Hasil dan Pembahasan

A. = Hasil

a)   Hasil Proses Pencarian

Proses pencarian yang dilakukan pada tahun 2018-= 2019 (sebelum pandemi covid19) sebanyak 23 artikel, tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19) sebanyak 31 artikel, tahun 2023 (setelah pandemi covid19) sebanyak= 7 artikel, kemudian dilakukan beberapa tahap penyaringan untuk menentukan literatur yang relevan dengan topik penelitian, sehingga diperoleh hasil ak= hir sebanyak 8 literatur. Pemilihan 8 literatur tersebut mengacu pada kriteria = yang telah ditentukan. Hasil proses pencarian dapat dilihat pada Tabel 1.

 

Tabel 1

Hasil Proses Pencarian

No<= o:p>

Des= kripsi

Has= il

1

Pen= carian artikel (2018-2019)

23

2

Pen= carian artikel (2020-2022)

31

3

Pen= yaringan artikel (2023)

7

4

Art= ikel yang memenuhi penilaian kualitas

9

 

b)&n= bsp; Hasil Penilaian Kualitas

Penilaian kualitas dilakukan dengan cara membaca judul dan abstrak dari 61 artikel ya= ng terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19), tahun 2023 (setelah pande= mi covid19), sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi penilaian kualitas. Berikut ini 9 artikel terpilih yang dievaluasi berdasarkan penilaian kualit= as disajikan pada Tabel 2.

 

Tabel 2

Hasil Penelitian Kualitas

No

Peneliti

Tahun

Q1

Q2

Q3

Q4

Hasil

1

Indah Permatasari

2018

0

1

1

0

2

2

Putu Ashintya Widhiartha

2019

0

0

0

1

1

3

Baskoro Harwindito

2020

0

0

1

0

1

4

Ifan Junaedi

2020

1

1

0

1

3

5

Henny Yulianti

2021

1

1

1

1

4

6

Ayuningtyas

2021

1

0

1

1

3

7

Hartanto

2022

0

0

1

0

1

8

Purwanto

2022

0

0

1

0

1

9

Supriatna

2023

0

0

1

0

1

 

c)&n= bsp; Hasil Analisis Data

Setelah dilakukan seleksi data, ditemukan 10 artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi serta telah melalui tahap penilaian kualitas (quali= ty assessment). Pada tahap ini, 9 data atau artikel akan dianalisis untuk memperoleh jawaban dari setiap pertanyaan penelitian (research questions= ) yang telah ditentukan. Dari artikel-artikel yang diperoleh tersebut, ditemu= kan beberapa ide atau topik yang menjadi pembahasan diantaranya:

1.&n= bsp;  E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan<= /p>

2.&n= bsp;  Metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi karyawan

3.&n= bsp;  E-learning memberikan dampak pada kompetensi dan peningkatan kinerja

4.&n= bsp;  E-learning merupakan solusi terbaik dalam pengembangan kompetensi karyawan.

B.&n= bsp; Pembahasan

1.&n= bsp; E-Learning berdampak kepada peningkatan kompeten= si karyawan

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset atau komponen penting dalam suatu perusahaan maupun organisasi. Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia de= ngan kompetensi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. E-learning juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kompetensi pegawai (Ayuningtyas, 2021). E-learni= ng sangat membantu bagi penggunanya untuk mencari atau menyampaikan berbagai informasi. E-learning dapat mencari sebuah informasi dengan cepat dan akurat, mendownload berbagai macam informasi baik dalam berbentuk teks, gam= bar atau sebuah aplikasi dan memberikan fasilitas-fasilitas yang membangun bagi situs E-learning itu sendiri sehingga berdampak pada peningkatan kompetensi karyawan (Juna= edi & Prasetyo, 2020). Karyawan yang kompeten biasanya memi= liki kemampuan dan kemauan untuk dengan cepat mengatasi masalah pekerjaan yang mereka hadapi, yang membuat mereka lebih mampu dan lebih berkinerja dalam m= enanggapi tuntutan pekerjaan (Lukv= inda & Macella, 2022).

E-learning dikembangkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Salah satu tujuannya ialah untuk mengemban= gkan kualitas pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sangat menentukan kinerja perusahaan, maka pengembangan SDM sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Untuk itu E-learning dibangun untuk memberikan manfaat baik bagi pegawai maupun bagi perusahaan. E-learning sangat bermanfaat bagi pegawai. Pengetahuan baru yang dimiliki dapat dimanfaatkan dalam pekerjaan sehari-hari. Selain menambah pengetahuan e-learning juga meningkatkan kemampuan pegawai. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan pegaw= ai menunjukan bahwa metode pembelajaran E-learning telah terbukti memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap sumber daya manusia.

Dengan demikian perusahaan berkewajiban untuk membangun kompetensi karyawan (sumber daya manusia) agar karyawan memiliki kompetensi (kemampuan) untuk bekerja dengan baik, sehingga bisa dan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban mereka sehingga dapat mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan yaitu keuntungan yang berkelanjutan.

2.&n= bsp; Metode E-Learning efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi karyawan

Hasil Penelitian (Moha= mmadyari & Singh, 2015) menunjukkan bahwa E-learning memberikan jaringan rekan yang luas, sumber belajar yang lebih terkini, dan biaya pelatihan yang lebih rendah. Hal ini membuat E-learning sebagai salah satu strategi pelatihan yang berdampak signifikan pada kompetensi dan kinerja individu karyawan. Kegunaan teknologi untuk memberikan pembelajaran melalui sistem E-learning kepada karyawan sangat membantu untuk memb= uat kompetensi dan kinerja mereka semakin baik sehingga keselarasan antara kebutuhan individu dan kepentingan perusahaan dapat dicapai. Metode pembela= jaran secara online melalui e-Learning memungkinkan pegawai untuk belajar dimanap= un dengan waktu yang flexsibel. Materi yang ditawarkan melalui E-learning a= kan selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengembangan karyawan atau pega= wai (Perm= atasari & Hardiyan, 2018).

E-learning dirancang untuk memberikan manfaat ya= ng besar bagi karyawan dan organisasi itu sendiri, dengan melalui berbagai pengetahuan, ketrampilan, dan kompetensi dapat meningkatkan kompetensi karyawan. E-learning merupakan upaya untuk mengembangkan kerangka ke= rja untuk mengatasi masalah karyawan dan tantangan yang disajikan oleh teknolog= i. E-learning dalam peningkatan kompetensi karyawan penentu keberhasilan untuk mencapai v= isi dan misi perusahaan (Sasongko, 2019).

Dengan E-learning ini, karyawan dituntut mandiri dan bertanggung jawab terh= adap proses pembelajarannya. Karyawan dapat berdiskusi secar= a  online dengan pakar-pakar p= ada bidangnya, melalui e-mail atau chatting. Dengan keaktifan karyawan, fasilit= as yang tersedia dalam teknologi E-learning sangat menentukan hasil bel= ajar karyawan. Semakin karyawan aktif, semakin banyak pengetahuan atau kecakapan yang akan diperoleh (Luki= to & Haryono, 2020).

3.&n= bsp; E-Learning memberikan dampak pada kompetensi dan peningkatan kinerja karyawan

Perusahaan membutuhkan dukungan karyawan yang cakap dalam bidangnya agar tercipta kine= rja yang optimal. Perusahaan mengharapkan kinerja tinggi dari karyawan untuk membantu peningkatan kinerja organisasi. Artinya apabila SDM yang dimiliki = oleh perusahaan memiliki kinerja yang baik maka kinerja perusahaan pun dapat meningkat. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kine= rja adalah dengan mengadakan pelatihan. Untuk meningkatkan kinerja dan kompeten= si karyawannya, perusahaan dapat mengadakan program pendidikan, pelatihan, dan pengembangan. Dengan diadakannya pelatihan, berarti perusahaan membantu karyawan agar mampu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kemampuannya (Rao = & Fajri, 2022).

Implementasi E-learning yang harus dilakukan perusahaan adalah menjadikan program= ini menjadi salah satu kebiasaan para karyawan sehingga dapat meminimalisir jum= lah biaya tambahan untuk mengadakan training yang dilakukan secara offline method dan menjadikan program ini trend baru yang berhasil memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang (Harw= indito & Aisyah, 2020). Sistem E-learning dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan dan cenderung memberikan manfaat kepada karyawan yang terlibat dalam pelatihan yang dilakukan dengan cara E-learning karena karyawan dapat mengimplementasikan skill atau kemampuan yang sudah didapat sesuai dengan materi yang didapatkan (Rijal & Sholihah, 2022).

E-learning memiliki pengaruh penting terhadap kinerja. Penerapan budaya E-learning di kalangan karyawan yang terintegrasi secara menarik akan berujung kepada hasil kinerja yang tinggi = dan keberhasilan jangka panjang perusahaan (Purw= anto & Suratman, 2022). Penelitian oleh (Sila= en, Afrilianto, & Noor, 2021), menunjukkan bahwa penerapan sistem e-learning pada perusahaan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan, mempertahankan perusahaan, dan mempertahankan kinerja karyawan secara optim= al.

E-learning sebagai media pelatihan dan pengemban= gan menjadi strategi utama dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia. E= -learning mampu mengevaluasi dan menganalisa kesulitan yang dimiliki oleh karyawan me= reka saat bekerja sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka sesuai posisi masing-masing karyawan (Agar= wal & Lenka, 2018).

Penelitian (Rao = & Fajri, 2022) membuktikan efektivitas pelatihan dar= ing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

4.&n= bsp; E-Learning merupakan solusi terbaik da= lam pengembangan kompetensi karyawan

Saat ini telah terjadi peningkatan penggunaan internet untuk pembelajaran (E<= /i>-learning) di berbagai satuan pendidikan maupun organisasi di Indonesia. Berbagai perguruan tinggi dan lembaga pelatihan telah menerapkan E-learning d= alam meningkatkan layanan mereka secara masif dalam beberapa tahun terakhir. = E-learning menawarkan berbagai kelebihan yang dapat menjadikannya sebagai alternatif a= tau solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningkatan kompetensi karyawan. Berbagai kelebihan tersebut antara lain dapat menjadikan peserta pelatihan menjadi seorang active learner yang mandiri dan tidak terlalu bergan= tung kepada instruktur pelatihan. E-learning juga memperluas akses layanan dan menekan biaya pelatihan yang selama ini sangat mahal (Widh= iartha, 2009). Implementasi aplikasi pelatihan E= -learning karyawan secara cepat dan akurat dapat meningkatkan kompetensi karyawan (Yuli= anti, 2021).

Adanya platform E-learning akan memudahkan karyawan dalam peningkatan kompetensi, tidak terbatas pada tugas dan fungsinya di perusahaan, tapi juga tapi juga menciptakan budaya belajar bagi karyawan. Kemudahan mengakses = E-learning akan mempercepat proses transfer knowledge sehingga membuat karyawan ingin terus menggali pengetahuan baru sehingga terciptalah budaya belajar d= alam dirinya. Menurut (Kapo, Mujkic, Turulja, & Kovačević, 2020), E-learning merupakan solusi y= ang tepat untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Salah satu faktor penentu keberhas= ilan E-learning di perusahaan karena adanya dukungan organisasi, dan duku= ngan manajemen. Organisasi harus menyediakan sumber daya yang memadai untuk pembelajaran berkelanjutan di tempat kerja, dan karenanya, dari sudut panda= ng karyawan e-learning bagian penting dari pembelajaran dalam organisas= i. Jika organisasi pada umumnya dan manajemen mendukung pendidikan berkelanjut= an karyawan, diharapkan karyawan akan lebih termotivasi dan akan lebih banyak menggunakan E-learning secara terus menerus dan membantu karyawan menjadi lebih produktif.

Penggunaan teknologi E-learning membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan, serta dengan memastikan ketersediaan materi pelatihan. Urgensi transformasi proses pelatihan E-learning karena struktur pasar tenaga kerja yang berubah dengan cepat. Di perusahaan, sistem pembelajaran E-learning perusahaan ditempatkan pada tingkat strategis. Hasil terbaik dari pelatihan yang berhasil menggabungkan rencana pengembangan perusahaan dengan rencana pengembangan pribadi untuk setiap karyawan. Hal ini memastikan motivasi dan minat karyawan yang stabil untuk melatih dan memperoleh kompetensi baru, ya= ng diperlukan baik untuk perusahaan maupun untuk karyawan itu sendiri <= !--[if supportFields]>ADDIN CSL_CITATION {"citationItems":[{"id":"ITEM-1","itemDa= ta":{"ISSN":"1877-0509","author":[{"= ;dropping-particle":"","family":"Anton",= "given":"Chunaev","non-dropping-particle":&qu= ot;","parse-names":false,"suffix":""},{&= quot;dropping-particle":"","family":"Shikov&q= uot;,"given":"Alexey","non-dropping-particle"= :"","parse-names":false,"suffix":""= }],"container-title":"Procedia computer science","id":"ITEM-1","issued":{"d= ate-parts":[["2018"]]},"page":"511-521",= "publisher":"Elsevier","title":"The method of personalized corporate e-learning based on personal traits of employees","type":"article-journal","volume&q= uot;:"136"},"uris":["http://www.mendeley.com/docum= ents/?uuid=3D8d51c797-5ed6-4ece-979e-748a182b5b4d"]}],"mendeley&q= uot;:{"formattedCitation":"(Anton & Shikov, 2018)","plainTextFormattedCitation":"(Ant= on & Shikov, 2018)","previouslyFormattedCitation":"(An= ton & Shikov, 2018)"},"properties":{"noteIndex":0}= ,"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema= /raw/master/csl-citation.json"}(Anton & Shikov, 2018).

Terdapat tiga karakteristik penting dalam pengembangan kompetensi karyawan melalui <= i>e-learning. Pertama, E-learning berkaitan dengan jaringan elektronik yang memungkinkan informasi dan instruksi disampaikan. Kedua, E-learning disampaikan pada learner mengggunakan komputer dengan teknologi internet. Ketiga, E-learning merupakan solusi pembelajaran untuk men= ingkatkan kinerja (Yuli= anti, 2021).

Kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 61 artikel yang terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid-19= ), pada bulan April tahun 2023 (setelah pandemi covid19), sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi penilaian kualitas. Pemanfaatan E-learning seb= agai sarana pelatihan dan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi karyawan. Dengan penerapan E-learning, karyawan dapat mengimplementasikan s= kill atau kemampuan yang sudah didapat yang membuat karyawan lebih mampu dalam menanggapi tuntutan pekerjaan. Proses E-learning sebagai media pelat= ihan dan pengembangan karyawan mampu untuk memberikan learning experience pada karyawan secara komprehensif. E-learning dijadikan sebagai alternatif atau solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningkatan kompetensi karyawan sehingga dapat memberikan dampak kepada peningkatan kinerjanya.

 

BIBLIOGRAFI

= Agarwal, Sucheta, & Lenka, Usha. (2018). Managing organization effectiveness through e-human resource manage= ment tool-e-learning: Indian cases a qualitative approach. PEOPLE: Internatio= nal Journal of Social Sciences, 4(1), 298–312.

=  

= Akigbe, B. I., Ikono, R. N., Ejidok= un, A. O., Aderibigbe, S. O., & Afolabi, B. S. (2017). An Architecture-Based Technique To Mobile Contact Recommendation For Emergency Situation In Niger= ia. Nigerian Journal of Technology, 36(1), 186–195.

=  

= Anton, Chunaev, & Shikov, Alexe= y. (2018). The method of personalized corporate e-learning based on personal traits of employees. Procedia Computer Science, 136, 511–521.

=  

= Artiyany, Megawhati. (2018). Pengar= uh Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN Pikitring Sulawesi Selatan. Tangible Journal, 3(2), 103–119.=

=  

= Ayuningtiyas, Hanny Andra, & Lu= turlean, Bachruddin Saleh. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan E-learning Terhadap Kompet= ensi Pegawai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Karawang= . EProceedings of Management, 8(5).

=  

= Chartika. (2018). Dampak Pemanfa= atan Sistem E-Learning Pada PT. Area Untuk Meningkatkan Kualitas SDM. Jurnal Universitas Mercubuana.

=  

= Dos Santos, Luis M. (2022). Online = learning after the COVID-19 pandemic: Learners’ motivations. Frontiers in Education, 7(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.879091

=  

= Gustiana, Riska, Hidayat, Taufik, &= amp; Fauzi, Achmad. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekon= omi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 657–666.

=  

= Hamza, Ibrahim, & Tóv&ou= ml;lgyi, Sarolta. (2023). The Effect of Gamified E-learning on Employees’ Engagement A Case Study of a Lebanese Bank. Periodica Polytechnica Social and Management Sciences, 31(1), 80–89. https://doi.org/10.3311/PPso.19616

=  

= Harwindito, Baskoro, & Aisyah, = Dinda. (2020). Implementasi E-Learning Berbasis Aerofood Learning Center Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus: Pada Karyawan Di Divisi Hot Kitchen) Di Pt Aerofood Acs Cengkareng. Jurnal Manajemen Dirgantara, 13(2), 132–143.

=  

= Heri, Heri, & Andayani, Fitri. = (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung. Neo Politea, 1(2), 17–= ;29.

=  

= Husnussaadah, Husnussaadah. (2021). Strategi Pembelajaran E-Learning di Era Digitalisasi. IQRA: Jurnal Magis= ter Pendidikan Islam, 1(1), 10–16.

=  

= Junaedi, Ifan, & Prasetyo, Roy.= (2020). Efektifitas Pengembangan E-Learning Terhadap Kompetensi Karyawan Dengan Menggunakan Jquery, Php & Mysql Studi Kasus Pt Bank Mega, Tbk. Jisic= om (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(1), 55–69.

=  

= Kapo, Amra, Mujkic, Alisa, Turulja,= Lejla, & Kovačević, Jasna. (2020). Continuous e-learning at the workplace: the passport for the future of knowledge. Information Technol= ogy and People, 34(5), 1462–1489. https://doi.org/10.1108/ITP-04-2020-0223

=  

= Kapo, Amra, Turulja, Lejla, Zaimovi= ć, Tarik, & Mehić, Senka. (2021). Examining the Effect of User Satisfaction and Business Intelligence System Usage on Individual Job Performance. Management (Croatia)26(2), = ;43–62. https://doi.org/10.30924/MJCMI.26.2.3

=  

= Krisnawati, Ni Komang Dewi, & B= agia, I. Wayan. (2021). Pengaruh kompetensi kerja terhadap kinerja karyawan. Bism= a: Jurnal Manajemen, 7(1), 29–38.

=  

= Lukito, Imam, & Haryono, Haryon= o. (2020). Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan Metode E-Learning di Lingkung= an Kementerian Hukum dan HAM. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 14(= 2), 339–360.

=  

= Lukvinda, Ruddiana, & Macella, = Agatha Debby Reiza. (2022). Pengembangan Kompetensi Karyawan Pada Bagian Keuangan = dan Umum PT. PLN (Persero) Upk Nagan Raya. Sawala: Jurnal Administrasi Negar= a, 10(2), 207–223.

=  

= Milić, Dominika Crnjac, Krpi&#= 263;, Zdravko, & Sušac, Filip. (2020). E-learning in Business Practice, a Case Study During COVID-19 in Croatia. Informatica, 44(4).

=  

= Mohammadyari, Soheila, & Singh, Harminder. (2015). Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education= , 82, 11–25.

=  

= Permatasari, Indah, & Hardiyan, Hardiyan. (2018). Pengaruh E-learning sebagai media pelatihan dan pengemban= gan terhadap kinerja karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 1–8.

=  

= Purwanto, Reza, & Suratman, Andriyastuti. (2022). Pengaruh Pelatihan & Pengembangan Melalui Metode E-Learning Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(4), 254–266.

=  

= Rafiq, Karmila Rafiqah M., Hashim, = Harwati, & Md Yunus, Melor. (2019). MOOC for Training: How Far It Benefits Employees? Journal of Physics: Conference Series, 1424(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012033

 

= Rahayu, Sr, Malik, Djamaludin, & Minarsih, Maria Magdalena. (2018). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Analisis Swot Divisi Cash Proces= sing Center (Studi Kasus Pada PT Advantage SCM Kota Semarang). Journal of Management, 4(4).

=  

= Rahmawati, Cut, Meliyana, Meliyana, Yuliana, Yuliana, & Zain, Helwiyah. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian = Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.

=  

= Rao, Don Gusti, & Fajri, Salma Athiyyah. (2022). Pengaruh Efektivitas Pelatihan Daring Terhadap Kinerja Di= PT Kalbe Milko Indonesia. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 286–297.

=  

= Ratnasari, Dewi, & Musadad, Anw= ar. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mandiri Pratama Intilogam Cikarang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,= 8(15), 172–184.

=  

= Rijal, Muhammad Saifur, & Sholi= hah, Nida Anisatus. (2022). Penerapan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja Karyawan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan = Dan Kewirausahaan, 10(1), 254–266.

=  

= Rukhvianti, NRukhvianti, Novi, Rosi= da, Rosida, & Ramdhani, Moch Ali. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembang= an melalui e-learning Terhadap Kompetensi Karyawan di Perusahaan X. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1), 175–181.ovi, Rosida, Rosida, & Ramdhani, Moch Ali. (2021). <= /o:p>

=  

= Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan= melalui e-learning Terhadap Kompetensi Karyawan di Perusahaan X. Prosiding Semin= ar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1), 175–= 181.

=  

= Setiadiputra, R. Yudhy Pradityo. (2= 019). Pemanfaatan Real Time Conference Dalam Bidang Pengembangan Kompetensi Pada = Era Disruptive Technology. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 2(2), 1–12.

=  

= Silaen, Sangkut Harpend Yohanes, Afrilianto, Muhammad, & Noor, Agus Hasbi. (2021). Employee Performance Improvement Through Dream (Digital Room For E-Learning Modules) Application Training Based On E-Learning At Bank Btn Cimahi Branch. Empowerment: Jur= nal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 149–1= 59.

=  

= Supriatna, Dasep, Purnawanti, Felis= ia, Arta, Deddy Novie Citra, Rais, Rinovian, & Saputra, Anggara Setya. (202= 3). Pengaruh E-Learning Sebagai Pengembangan Karir Terhadap Karyawan Generasi Milenial Di Bank Central Asia (BCA). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 52–61.

=  

= Vagarinho, João Paulo, & Llamas-Nistal, Martin. (2020). Process-Oriented Quality in e-Learning: A Proposal for a Global Model. IEEE Access, 8, 13710–1373= 4.

=  

=  

= Widhiartha, Putu Ashintya. (2009). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Alternatif Pengganti Pelatihan Tatap Muka Ba= gi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 4(2), 189–196.

=  

= Yulianti, Henny. (2021). Pemanfaata= n Sistem Pelatihan E-learning pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pengujian ISO 9126. Multinetics, 7(1), 65–81.

 

Copyright holder:

Irfan Haryant= o, Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta (2023)

&nb= sp;

First publication right:

Syntax Lit= erate: Jurnal Ilmiah Indonesia

&nb= sp;

This article is licensed under:

 

------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/item0001.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml AMUW2mXrDu1qAD= yMIOfozXknpmTK+KWcV8kZzy2x7RcGDQ+t6vTnbkvLJaCpcMNaMrxi5FzoL8i3KoPzhqgPopVEU= vGLrh4J9p4MrpTQH7pa8qJ4mD1Vu5c=3D ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/props002.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/item0003.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/props004.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/themedata.thmx Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: application/vnd.ms-officetheme UEsDBBQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAW0NvbnRlbnRfVHlwZXNdLnhtbKyRy07DMBBF 90j8g+UtSpyyQAgl6YLHjseifMDImSQWydiyp1X790zSVEKoIBZsLNkz954743K9Hwe1w5icp0qv 8kIrJOsbR12l3zdP2a1WiYEaGDxhpQ+Y9Lq+vCg3h4BJiZpSpXvmcGdMsj2OkHIfkKTS+jgCyzV2 JoD9gA7NdVHcGOuJkTjjyUPX5QO2sB1YPe7l+Zgk4pC0uj82TqxKQwiDs8CS1Oyo+UbJFkIuyrkn 9S6kK4mhzVnCVPkZsOheZTXRNajeIPILjBLDsAyJX89nIBkt5r87nons29ZZbLzdjrKOfDZezE7B /xRg9T/oE9PMf1t/AgAA//8DAFBLAwQUAAYACAAAACEApdan58AAAAA2AQAACwAAAF9yZWxzLy5y ZWxzhI/PasMwDIfvhb2D0X1R0sMYJXYvpZBDL6N9AOEof2giG9sb69tPxwYKuwiEpO/3qT3+rov5 4ZTnIBaaqgbD4kM/y2jhdj2/f4LJhaSnJQhbeHCGo3vbtV+8UNGjPM0xG6VItjCVEg+I2U+8Uq5C ZNHJENJKRds0YiR/p5FxX9cfmJ4Z4DZM0/UWUtc3YK6PqMn/s8MwzJ5PwX+vLOVFBG43lExp5GKh qC/jU72QqGWq1B7Qtbj51v0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQBreZYWgwAAAIoAAAAcAAAAdGhl bWUvdGhlbWUvdGhlbWVNYW5hZ2VyLnhtbAzMTQrDIBBA4X2hd5DZN2O7KEVissuuu/YAQ5waQceg 0p/b1+XjgzfO3xTVm0sNWSycBw2KZc0uiLfwfCynG6jaSBzFLGzhxxXm6XgYybSNE99JyHNRfSPV kIWttd0g1rUr1SHvLN1euSRqPYtHV+jT9yniResrJgoCOP0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQAh WqKEIQcAANsdAAAWAAAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbOxZT28bRRS/I/EdRnsvsRMnTaI6 VezYDbRpo9gt6nG8O/ZOM7uzmhkn8Q21RyQkREEcqMSNAwIqtRKX8mkCRVCkfgXezOyud+Jxk5QA FTSH1jv7e2/e+70/82evXD1KGDogQlKeNoP6e7UAkTTkEU1HzeB2v3tpNUBS4TTCjKekGUyIDK5u vPvOFbyuYpIQBPKpXMfNIFYqW19YkCEMY/kez0gK74ZcJFjBoxgtRAIfgt6ELSzWaisLCaZpgFKc gNpbwyENCeprlcFGobzD4DFVUg+ETPS0auJIGGy0X9cIOZFtJtABZs0A5on4YZ8cqQAxLBW8aAY1 8xcsbFxZwOu5EFNzZCtyXfOXy+UC0f6imVOMBuWk9W5j7fJWqd8AmJrFdTqddqde6jMAHIbgqbWl qrPRXa23Cp0VkP05q7tdW641XHxF/9KMzWutVmt5LbfFKjUg+7Mxg1+trTQ2Fx28AVn88gy+0dps t1ccvAFZ/MoMvnt5baXh4g0oZjTdn0HrgHa7ufYSMuRs2wtfBfhqLYdPUZANZXbpKYY8VfNyLcH3 uOgCQAMZVjRFapKRIQ4hi9uY0YGgegK8TnDljR0K5cyQngvJUNBMNYMPMgwVMdX38tl3L589Qcf3 nx7f//H4wYPj+z9YRY7UNk5HVakX33z6x6OP0O9Pvn7x8HM/Xlbxv3z/8c8/feYHQvlMzXn+xeNf nz5+/uUnv3370APfFHhQhfdpQiS6SQ7RHk/AMcOKazkZiPNJ9GNMqxKb6UjiFOtZPPo7KnbQNyeY YQ+uRVwG7whoHz7gtfE9x+BeLMYqj7fj2fU4cYA7nLMWF14Wruu5KjT3x+nIP7kYV3F7GB/45m7j 1IlvZ5xB36Q+le2YOGbuMpwqPCIpUUi/4/uEePi6S6nD6w4NBZd8qNBdilqYeinp04GTTVOhbZpA XCY+AyHeDjc7d1CLM5/XW+TARUJVYOYxvk+YQ+M1PFY48ans44RVCb+BVewzsjcRYRXXkQoiPSKM o05EpPTJ3BLgbyXo16F1+MO+wyaJixSK7vt03sCcV5FbfL8d4yTzYXs0javY9+U+pChGu1z54Dvc rRD9DHHA6dxw36HECffp3eA2HTkmTRNEvxkLTyyvEe7kb2/ChpiYVgNN3enVCU1f1bgT6Nu54xfX uKFVPv/qkcfuN7VlbwIJvprZPtGo5+FOtuc2FxF987vzFh6nuwQKYnaJetuc3zbn4D/fnOfV88W3 5GkXhgatt0x2o2223cncXfeQMtZTE0ZuSLPxlrD2RF0Y1HLmxEnKU1gWw09dyTCBgxsJbGSQ4OpD quJejDPYtNcDrWQkc9UjiTIu4bBohr26NR42/soeNZf1IcR2DonVDo/s8JIeLs4apRpj1cgcaIuJ lrSCs062dDlXCr69zmR1bdSZZ6sb00xTdGYrXdYUm0M5UF66BoMlm7CpQbAVApZX4Myvp4bDDmYk 0rzbGBVhMVH4e0KUe20diXFEbIic4QqbdRO7IoVm/NPu2Rw5H5sla0Da6UaYtJifP2ckuVAwJRkE T1YTS6u1xVJ02AzWlheXAxTirBkM4ZgLP5MMgib1NhCzEdwVhUrYrD21Fk2RTj1e82dVHW4u5hSM U8aZkGoLy9jG0LzKQ8VSPZO1f3G5oZPtYhzwNJOzWbG0Cinyr1kBoXZDS4ZDEqpqsCsjmjv7mHdC PlZE9OLoEA3YWOxhCD9wqv2JqITbClPQ+gGu1jTb5pXbW/NOU73QMjg7jlkW47xb6quZouIs3PST 0gbzVDEPfPPabpw7vyu64i/KlWoa/89c0csBXB4sRToCIdzsCox0pTQDLlTMoQtlMQ27AtZ90zsg W+B6Fl4D+XC/bP4X5ED/b2vO6jBlDWdAtUdHSFBYTlQsCNmFtmSy7xRl9XzpsSpZrshkVMVcmVmz B+SAsL7ugSu6BwcohlQ33SRvAwZ3Mv/c57yCBiO9R6nWm9PJyqXT1sA/vXGxxQxOndhL6Pwt+C9N LFf36epn5Y14sUZWHdEvprukRlEVzuK3tpZP9ZomnGUBrqy1tmPNeLy4XBgHUZz1GAbL/UwGV0BI /wPrHxUhsx8r9ILa53vQWxF8e7D8IcjqS7qrQQbpBml/DWDfYwdtMmlVltp856NZKxbrC96olvOe IFtbdpZ4n5PschPlTufU4kWSnTPscG3H5lINkT1ZojA0LM4hJjDmK1f1QxQf3INAb8GV/5jZT1My gydTB9muMNk14NEk/8mkXXBt1ukzjEaydI8MEY2OivNHyYQtIft5pNgiG7QW04lWCi75Dg2uYI7X ona1LIUXTxcuJczM0LJLYXOX5lMAH8fyxq2PdoC3TdZ6rYurYIqlf4WyMxjvp8x78jkrZfag+MpA vQZl6ujVlOVMAXmziQefNwWGo1fP9F9YdGymm5Td+BMAAP//AwBQSwMEFAAGAAgAAAAhAA3RkJ+2 AAAAGwEAACcAAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFnZXIueG1sLnJlbHOEj00KwjAU hPeCdwhvb9O6EJEm3YjQrdQDhOQ1DTY/JFHs7Q2uLAguh2G+mWm7l53JE2My3jFoqhoIOumVcZrB bbjsjkBSFk6J2TtksGCCjm837RVnkUsoTSYkUiguMZhyDidKk5zQilT5gK44o49W5CKjpkHIu9BI 93V9oPGbAXzFJL1iEHvVABmWUJr/s/04GolnLx8WXf5RQXPZhQUoosbM4CObqkwEylu6usTfAAAA //8DAFBLAQItABQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAABbQ29udGVu dF9UeXBlc10ueG1sUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAKXWp+fAAAAANgEAAAsAAAAAAAAAAAAAAAAAMAEA AF9yZWxzLy5yZWxzUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAGt5lhaDAAAAigAAABwAAAAAAAAAAAAAAAAAGQIA AHRoZW1lL3RoZW1lL3RoZW1lTWFuYWdlci54bWxQSwECLQAUAAYACAAAACEAIVqihCEHAADbHQAA FgAAAAAAAAAAAAAAAADWAgAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbFBLAQItABQABgAIAAAAIQAN 0ZCftgAAABsBAAAnAAAAAAAAAAAAAAAAACsKAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFn ZXIueG1sLnJlbHNQSwUGAAAAAAUABQBdAQAAJgsAAAAA ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/colorschememapping.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/image001.png Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/png iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAAroAAABdCAIAAADFQVJdAAAAAXNSR0IArs4c6QAAGEBJREFUeF7t nUuIXUW3x7/ce8EMlOg1g0bFBHUQMZKAr8RnO1CjCMaBRlHUoNhGRRIH2u0zjY9WEaMgauRqJ6LG VqET8O2g4wM7vkgUJRn4iCLaA9+TJKO+P1wfRX37nD5n77Pfu/57cDinTtWqVf/619prV62qPWt6 evpfuoSAEBACQkAICAEhMDMC/yVwhIAQEAJCQAgIASHQGQG5C2KIEBACQkAICAEh0AUBuQuiiBAQ AkJACAgBISB3QRwQAkJACAgBISAE0iGg2YV0+Km0EBACQkAICIEAEJC7EEAnq4lCQAgIASEgBNIh IHchHX4qLQSEgBAQAkIgAATkLgTQyWqiEBACQkAICIF0CMhdSIefSgsBISAEhIAQCAABuQsBdLKa KASEgBAQAkIgHQJyF9Lhp9JCQAgIASEgBAJAQO5CAJ2sJgoBISAEhIAQSIeA3IV0+Km0EBACQkAI CIEAEJC7EEAnq4lCQAgIASEgBNIhIHchHX4qLQSEgBAQAkIgAATkLgTQyWqiEBACQkAICIF0CMhd SIefSgsBISAEhIAQCAABuQsBdLKaKASEgBAQAkIgHQKzpqen00nopfSOHTv+/PPPXkqqTEkILF68 +MADDyyp8hpXK6rXrvNE9Q5dJj6HzOeC3IW9e/du2LBhbGxs69atwK0BWTvOmZno6+tbvnz5wMAA PVi7JhSjsKheDM751SKq+9iKz/kxrRjJGfK5CHdh27Ztq1atWrJkyYoVK/r7+4vBSLXkgcDU1NTm zZvXr1+/bNmyu+++e/bs2XnUUl+Zonp9+y6iuagOIOKz+PwfCLAYkd+1Z8+ewcFBHIWdO3fmV4sk F4/AyMgIEwyTk5PFV13NGkX1avZLeq3CpLr4nJ451ZSQhs//vXbt2pwcKGaxzjzzzEWLFrEMMXfu 3JxqkdhSEDj11FOZKGLSaP/991+4cGEpOlSnUlG9On2RuSYBUl18zpxF1RGYhs85LkYMDQ3NmTOH 2YXqICVNskWAaIalS5dOTEwQ05Ct5HpJE9Xr1V89aBsU1cXnHhhSryK98Tkvd4HwipUrV27fvr1e IErbpAgQyrBx48bx8fGkBRuTX1RvTFd2bkggVBefxeeZEMjl3AXmspimHh0dDQT3kJvJRgkCHl96 6aUwQRDVw+n3EKguPovPHRDIxV3ADZ8/f7722gXCPLZIDA8PB9LYSDNF9aD6vfFUF5/F56LdhS1b tlxwwQVB4R5yYxcsWEDzd+3aFSAIonpQnd54qovP4nPR7gK7ddk8GRTugTeW7qbTAwRBVA+t05tN dfFZfC7aXSDqUgcGB0U7ujvMU71F9aB4TmObTXXxWXyWuxAaB4puLztm5S4UDbrqKwOBZlNd7kIZ nCqzzkR8ziXUsczWq24hIASEgBAQAkIgawTkLmSNqOQJASEgBISAEGgcAnIXGtelapAQEAJCQAgI gawRkLuQNaKSJwSEgBAQAkKgcQjIXWhcl6pBQkAICAEhIASyRkDuwr+++OILzjC+/vrrly1bljW8 kicEGoLAhx9+uH79+kv+uRrSJDVDCAiBJAg0013AtM1qd51wwgkPPfSQjw85Oaz60ksvffLJJ487 7rgk0ClvzRCo9VZPnNrbb78dAhuv+cLN+7fffuPzjTfeyLsnGDWnnXbaddddNzY2xlvp865O8oNC oK25Puqoo3iEg+FBQVHxxjbTXeCV3r/++uuKFStA/8gjj+T79PQ0nxjZW2+9FRa6XiEnf912222k nHLKKaX0FrcBbgAFGP1SWledSnks5oZXHX1iavLdd98x74VT+8cff6xbtw66cv3fP9fcuXNpkZ1M nOt1yy23UOk555xDLWeddVaudWk45ApvBYVjhL/99lsMNbrxbkKz1WeffTaPcCeddFJdPIYQeNtM dwHaHXzwwcY/nAa+W8oTTzxx0EEHwUL8WX/YQFbSzzvvvAqOJamUFQL79u3jhXsXXnghn1nJzFsO y2THH3/8J598wmuFYS+G1WpctGjRW2+9BcO5jjjiiLzVMPmokUd1uHF1uSUUg3PPtTz11FM1fXUL HGY6gYaff/75zlZDNizzq6++2jMguRYMkLeNdRcgyjvvvMPnxRdf7JPmxBNP5OdHH33kEjFVTLGW uCJ733334VDLWcl1bJvwq6666oorruBNxLVYmGDCiWUy1J6YmMA/iOCD+4srjDNRAG5UgTJMb9iM XYYXiyl2e3AyNRx6hhc7xkRUTd/e8s0330Se2cyB+Ouvv3oGJL+CYfK2se4CU7ifffYZ/IvYWUgJ hzj50jHp448/dl5tfvSS5IogwOzC4OAgHsPu3bsrolJbNSDw5Zdfzl8jIyOtvoIVgcaFRRK89tpr 1BhxvtMASANZFmQxpbAmpNG2LmUfffTRoaEhZp7qorDpSWgOEwmRZzaz1Ycffnil2hIybxvrLrz7 7ruQLMI/ehpSku6vv5odZJEsQkrmgS2yDIedGQhcXb4jge+sZRD8Rbr5mKTw83//ueC9pXTNQzak UYuFsPHdUniMsxQTZey06DZ/zhb5pFMjf/FJEc3oxjQr/f39WNWVK1cywx+zSPHZHn74YZ7mmTwY GBjoUPsxxxzj/wsr4LyxAsL4i27xqWUCobRx3vjPXB2Tw+a4QHv+Qr5fddu1W2Ov6UMR2G5FyIw0 lgX5jsdgm5I0HNLTjDdgvfnmm9B7dHQ0vbTCJLz88svUZSsRdsExC2hojZXxSQ6pzE5y8cU270Bd ZzbhnmOdE27/Gr35NDNuF1Q3CwwnLZ6M4gix76Hz1iKnsr2ANVuBPUizSdrXX3/dL2uxWgQ2+onM QDDF6qcQaENO0jdt2kQ6NxWLhUSmC/gybkFoMhOe88EHH1AXKQ8++GDMPGRzHDXJfgrjxKpGOLWY AtRi2VDM9OEvfpKOtk5apNU9oJe0yN3/XElLFZwfL4FZfVfp999/f8YZZ/gpPeiTE9XNqeUyBsa8 jCQwEE5y2RCAQomoZayjLJfxjU8TZQMHQlKFBQY5QpJOHkjoq8pSOnmMwFbQz2C+mmN+XYZDlanu M5x1t7vuuismc1y2nPjcVQ3o5LhhRg9NSHTsdRKMRVALhtswwVbzL5x0BpB/4SoZKE5mLot2t4sx ZTbf0ZKCFLF/7R5hl2WOjMSa8namLkjE51zu62VxziHirK1jG3dQ44FF3rrL7vG+UTY7C598prb6 GWbpzFcwLhqxzF2wK04eM6l+KUywmWZzU0yUjR+zztY6t+PDZ7lvvmfiRx7pcTg3Pj7uxmFZX7Zv 3+43n8d3ehbFesYkJ6obK7h8M9dZSWOIz2Qjkk/4rtSiCrOwxm1Xo/Gfv5BgVZi7YAbXcdJ3u813 cfoYaX1P3ey7M9Mmp/rDIQ7Ve6ZTyoIRhxh3Aachkcyc+NxZB7sBG6Psgm8wp5X85iv4ltkyO/nm 1/qcN+pGHrQidwGr3QmhXlIgM6UgpLkXTpma8namLkjE5/8py3DnWq+tREAUtk2+/fbbfKe/2ZlD 97vYclPAViL8+a7LLruMoAdyti4Yu4Vbm/5C4COPPHLPPfdYoNbmzZv5XLhwoUmOk4dsP/74o6nq APn666/5fuyxxzJBR9iXpdt82tFHH82nhQpfe+21foCYrUT8/fffuQKbRjiDHGquXbs2jZBsyzJz S68RTvjLL7/Y7bYiF3MeaILt87u4g27Qg4l9WNQasWuLXHZ1pRYsskgCFr/9qi0MzY0IW2lGPbcp 45lnnqEUESFWETO3999/PwbX6UNOc6Dd9corr/A9MtVc6+FA/CyrACVSKBKOMzw8zJLEueeei0M8 e/bsEhXrXLXFZt57772whTUCmIyX08pklhj4i5u346EtIpDZ5Lt4NWxy2xrJwGCHya0Z3BMmBS2a jYFARDxbiPnuK9M83sYnRjNjF+xBFhph9cyr+v333zGpEV+BPLZRzVlGfuJecOeI5MRcuoVbShm/ eTZlKFpZ217hR/bGyUNBSvmSSeFWgZz333//5ptvdsbXgtJnunlgvi2uszUCIz4VwsyJGYUtX375 JQFi1UHANm7E9BXIeccdd7hP14pW37ErtW644QaYxo5Nv2qL+PEtpq00X3PNNa4ui0Jw9/6bbrqJ n3gMM0Fqlt13OCxnrYcDvsJ7771XIouuvPJKzufwFSBAh75gGb7KW4E4QQSdbc/a6aefzqc9evkX BvaBBx7AVDoe4isQ9YKtdin2lEggc8TTJfGQQw7hk3ig1gytIV/2DMmOjKuvvjqiRiN5m4Cxiaaq Ymam+pg588hmU0lcXSdybSXCnw6NTLGaejZX5s+jtk55mSh/jitOnlbJTnl/Vjkyr2tTyi5wgapt fS7ROne2yMeZ0YqTJ1utEkljAwL+5Z49exKVyonqNtvkz7J20Mq45wcBWGajjeNtV2q5Ra5IXTbv 4gfE2DBx48tWEJy2xurOyluRSBRRLYZDBxpXluGTk5M8SBCs05XbOfG5Q73GOsfemay3EYZPSMKn rRdHVrLM5Ppm36f0TJJbh48FUrSNAKsvbzNZjMjlvl4853wsLIYgEr3YFiyzg279tTWGxUrZXnPH HqNgJHwmYlLj5HEG3V+KM+UjpjZinSmIMm7DPf+6aLKu5iCnDHEMZZw8OakXU+yzzz7LdHoijyEn qhudWj2Atg2xxdTIrRfjaNGvkVXbDtQyOX4YDdWZb+qHKFqKG19Q3bR1trutnIjmNqYigWzm31R8 ONTRXQD8nTt34jFEYnda6ZQTnzsMwNZoFeNG5OHHLdcyKOBb66ORmdyI2fcftNxTVkQZk+xo39nZ rS9v5S60R6At29pm5UZrFtkc0rZmzu7fvrls5TdlyeAHy8TJQyk7lc/XzZT3IxaNvpHYHNsrEXGu Y94U88gWxxWIkycP3RLJZNEdq8qEfMxSOZlXM22+L9uqj/MP2vLWEn3noCu1IkFhNi7MFfDpF/GM jYe+ql3dBXvOizC/LsOhpu4C8BKgw1Ygtll24HZOfO5QY2T/DjnN5EYsXis5TaabS7BSvhthZ/U6 n9vGVMRddt6wk2MeRtuphVrzNhN3oWmxC6wtsfxJf3c92d7CtQhXpMhM54ySx2Kv7LxPW+WyMDR/ WcsdeEf++HmcAhRxW4fZ3Q6//cgJtyPZ30OP2ujQeUe+3W90JUKAYBRufkSYl3uIEwQw+8g9vu1x Guz/doG3refYQCcWerGVRCG45seklstPvXfeeaeFlbEh3oVMIsfF6KAGETasPdvh0EZjOwMtAiB/ ube7WSiZuS+O1RoOiYjaQ+a+vj5iAljybz2HoAdpmRSxUIBI8JaZbqJh/ChdopJJjITjwBn3GmEL d/DNvr0byAIjuCx8wb9g+Jo1a0h5/vnnXbiDRc+0PWNXvG2Uu0D3m29If3c9OtR2THB74JR1u++e fPLJfD799NN2FhPjihk8s30E4LAJgi8W0hiJOrTQGN5QhUxoFycP+Z0fgOTDDjuMFHM7/AgyEs37 OfTQQ3/66SfjuoWeEUdmL9iMvP8ik2EsIaUj8MILL+AxYEyZ7cC+m9PAJ98xkfgKLj4cEwnh8Q+M CbCIoG5S8GvdzoU41OK8S4o//vjjdsgYvgIB5OYcc/3888+mANwjKo0v5rIw0FAS/9WddYM++BOY e7st2SFmsN2CzLm++uorG3oUOeCAAyxRw6EAynHT5fmbO2u5OzicHTOXEbb4PjEm1PnK7jnqxhtv JCfnnBrJjVRsfDPz6CLNsdhmIRkjvOLEPz2dsUB1mGgjqrkakJmJBOccmGm1h7HWS7xtTuxC62n2 kdXcyGxMJBDM/rVE6OuiAWyiFeH+4QqRVQD+pYhb/bJpsc55XF3u2AZSbJo3sqBryxz+5BgTaOT0 22sKdw3tjDnB3kO2OAsNcfL0UHW2RSqyGOEaBZeMXWa8MKN2QE2k1dg4xwdmp1pXdmNSy3nbjsyk +FG07vQnN0BsyheKRlbQ3GIzikWmdt2Y8qluVVd/ONR3McLnzPz589seUEYXZDugZpLWaq79oBl3 7ohRwoTAIovigm92KII/TEiPhHO1DhNSjM9kRpQdaOZraPXOdMxdrXmbyWJELuQojHPFMLs6tUBu xknk4B1I37oLo2Cd47gCcfIUrHakuuqEOpaLQ11qL2U41N1dIJIXG+LehB7p65qa7kjQesUJXApv M3EXGrUYUcBsXrlVsGzB5Jt/xgiL3Mzxfvrpp5gAf6mvXD3rWDuT+Zx1wXN5lQ+0qSOw+ems4ZAU W05f4Jwitv+sXr06adkq57fjcwp7k3tKKOrLW7kLKbu+0OKff/75TPXxEpS6jJZCIYtXGU8nrMFz BJ58hXiAVSKXhkOibpiamsJRIE6r9cDERHKqltnici666KKqKTaTPvXl7SzmKDJHmdd85SE2cz1r JxAnmocD/GiOd3XhOcT+EJ7GEnLk4N4iW2dHO3c+4Jl/f/jhBw6eK1Ixvy7ivCJn3vHv3r17gZTg pt4OgRbVy+pN6i1lOHSgepxRUBZcBHRzChmr761DwFepdnxmSpWJVYJt/YjFskCOWW8pvJ1Jt0Sk zeW+XjvOxezmKmTDOXjxxRfZzOZOguJWx0NDuU8McThHPPZjjz1WIoacUbN161bfXDI3C24cJete dpBUPVE9KWLZ5i9+ONTRXeBAelYfuEsR4dgZ/3rx2V4w4VpEDCOH/WdLsJykFc9buQs5daXEJkYg jruQWGjWBdheSJwaZyqYYA4G4HkLzV1KDxXWy7z20EAViSDQ2V3YuHHjvHnzygKN+bMNGzbYEQXu 4lwmoqFx1iPpbZUUn8vqu7LqTWS6NbtQVjc1qt5EnCur5b67wBY+TmghPrzz3GxXVWVeu0LUsAwd qM5klZ3BWtZllPbdX8JxONAi/hspxeey+q6sehOZbrkLZXVTo+pNxLmyWu7cBZYkUJjnsK5zs11V lXntClHDMlSZ6pH5M+bSOJQWjyF+F4jP8bFqRs5EfNbOiGZ0uloRFwGetNgzydxsel8hbpXKJwQK R4BXV1NnIl+hcB1VYc0QkLtQsw6TumkQYEbhueeei7mOm6YilRUCZSHAZh+ON+bcevZPlaWD6m0k AnIXGtmtalQbBPbbbz+OVYi/jisQhUDtECB+gpdxsA/CZhd0CYEMEZC7kCGYElVpBNhI5p9FX2ld pZwQ6AkBHIWRkRH3nsaeZKiQEGiPgNwFMSMUBOJsJAsFC7WziQhwYBFntS1ZsqSJjVObykdA7kL5 fSANhIAQEALpEeDAsQULFqSXIwlCoC0CchdEDCEgBISAEBACQqALAnIXRBEhIASEgBAQAkJA7oI4 IASEgBAQAkJACKRDQLML6fBTaSEgBISAEBACASAgdyGATlYThYAQEAJCQAikQ0DuQjr8VFoICAEh IASEQAAI5OIucHYeB5EGgJ6a+G8E9u3bR6cHCIeoHlqnN5vq4rP43AGBXNyFvr6+qamp0HAPub10 N50eIAKiemid3myqi8/ic9HuAu/62717d2i4h9xeujvMFzyK6qHRvtlUF5/F56LdBc4iHRsbCw33 YNvL89auXbv6+/sDREBUD6rTG0918Vl8LtpdWL58+bZt27QeEQjzeG/TwMBAII2NNFNUD6rfG091 8Vl87oDArOnp6TwA4u1/W7Zs2bRpUx7CJbM6COzYsWPVqlUTExNhhjrSEaJ6ddiYqyaBUF18zpVF 1RHeA59zCXUEkUsuuYQ3r/N6tOqgI03yQABfYd26dcH6CqJ6HqSqpsxAqC7TXU36Za5VD3zOy12g baOjo2vWrGFVIvN2SmAVEGCvLIQjZEEvzBXVq0DI/HQIjeric35cqoLknvmco7vAnpzx8XE8hqGh IR3DUAWWZKgDXuDSpUvnzZs3MjKSodiaihLVa9pxcdQOkOricxxi1DRPGj7n6C6AJi9fn5ycnDNn DrcWlsTkNNSUYb7abILABeQiMGVwcLABLcqkCaJ6JjBWSkjIVBefK0XFTJRJz+e8Qh0jzUPR4eFh QhkWL16cScslpBQEbLcL+yBWr15digLVr1RUr34fxdFQVDeUxOc4bKl+nkz4XJC7YGgyu6BQhuoT q4OGzFLy2FHrJhSjvKheDM751SKq+9iKz/kxrRjJmfC5UHehGFxUixAQAkJACAgBIZAtAvnGLmSr q6QJASEgBISAEBACpSAgd6EU2FWpEBACQkAICIE6ISB3oU69JV2FgBAQAkJACJSCgNyFUmBXpUJA CAgBISAE6oSA3IU69ZZ0FQJCQAgIASFQCgJyF0qBXZUKASEgBISAEKgTAv8PgOsna2nTylcAAAAA SUVORK5CYIJ= ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/image002.jpg Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/jpeg /9j/4AAQSkZJRgABAQAASABIAAD/4QB0RXhpZgAATU0AKgAAAAgABAEaAAUAAAABAAAAPgEbAAUA AAABAAAARgEoAAMAAAABAAIAAIdpAAQAAAABAAAATgAAAAAAAABIAAAAAQAAAEgAAAABAAKgAgAE AAAAAQAAAXugAwAEAAAAAQAAADIAAAAA/+0AOFBob3Rvc2hvcCAzLjAAOEJJTQQEAAAAAAAAOEJJ TQQlAAAAAAAQ1B2M2Y8AsgTpgAmY7PhCfv/AABEIADIBewMBIgACEQEDEQH/xAAfAAABBQEBAQEB AQAAAAAAAAAAAQIDBAUGBwgJCgv/xAC1EAACAQMDAgQDBQUEBAAAAX0BAgMABBEFEiExQQYTUWEH InEUMoGRoQgjQrHBFVLR8CQzYnKCCQoWFxgZGiUmJygpKjQ1Njc4OTpDREVGR0hJSlNUVVZXWFla Y2RlZmdoaWpzdHV2d3h5eoOEhYaHiImKkpOUlZaXmJmaoqOkpaanqKmqsrO0tba3uLm6wsPExcbH yMnK0tPU1dbX2Nna4eLj5OXm5+jp6vHy8/T19vf4+fr/xAAfAQADAQEBAQEBAQEBAAAAAAAAAQID BAUGBwgJCgv/xAC1EQACAQIEBAMEBwUEBAABAncAAQIDEQQFITEGEkFRB2FxEyIygQgUQpGhscEJ IzNS8BVictEKFiQ04SXxFxgZGiYnKCkqNTY3ODk6Q0RFRkdISUpTVFVWV1hZWmNkZWZnaGlqc3R1 dnd4eXqCg4SFhoeIiYqSk5SVlpeYmZqio6Slpqeoqaqys7S1tre4ubrCw8TFxsfIycrS09TV1tfY 2dri4+Tl5ufo6ery8/T19vf4+fr/2wBDAAICAgICAgMCAgMFAwMDBQYFBQUFBggGBgYGBggKCAgI CAgICgoKCgoKCgoMDAwMDAwODg4ODg8PDw8PDw8PDw//2wBDAQICAgQEBAcEBAcQCwkLEBAQEBAQ EBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBD/3QAEABj/2gAMAwEA AhEDEQA/AP38ooqteXlrp9nPf3sqw29tG0ssjHCoiDczE+gAyaALNFeW2h+Ifi21i1qz1KDw1Y3S iS3tjaC6ujE3KPM7yKiswwTGqHZnBYmrP/CM/Eb/AKHRf/BbD/8AF0Aek0V5t/wjPxG/6HRf/BbD /wDF0f8ACM/Eb/odF/8ABbD/APF0Aek0V5t/wjPxG/6HRf8AwWw//F0f8Iz8Rv8AodF/8FsP/wAX QB6TRXm3/CM/Eb/odF/8FsP/AMXR/wAIz8Rv+h0X/wAFsP8A8XQB6TRXm3/CM/Eb/odF/wDBbD/8 XR/wjPxG/wCh0X/wWw//ABdAHpNFebf2J8TrI/aLbxPaaiyc+RdWAiST/Z8yGTcmf7218ddp6HqP C/iGHxNo8epxxG2lV5ILiBiGaC4gcxzRMRwdjqRkcEYI4IoA6GiiigAooooAKKxvEGu2HhnRbvXd SLC3s03kINzuScKiDuzsQqjuSBXGrpfxQ1ZVvbnXLXQTKNws4LMXRhz/AAvPJIBIw7lUUZ6ZHJAP S6K82/4Rn4jf9Dov/gth/wDi6P8AhGfiN/0Oi/8Agth/+LoA9Jorzb/hGfiN/wBDov8A4LYf/i6P +EZ+I3/Q6L/4LYf/AIugD0mivNv+EZ+I3/Q6L/4LYf8A4uj/AIRn4jf9Dov/AILYf/i6APSaK82/ 4Rn4jf8AQ6L/AOC2H/4uj/hGfiN/0Oi/+C2H/wCLoA9Jorzb/hGfiN/0Oi/+C2H/AOLqOSw+J+ix vqEGsWviIQqWayltBaySgclYp0kKo5/h3oVJ4JUHcAD02isrQ9Z0/wARaPZa7pUnm2l/Ek0TEYO1 xkZHYjoR2PFatABRRRQAUUV5hFqfi/xq0934Vv7fRdGhmkhiuJLf7VPdmFikjopdEjjDhlUkOXxu 4UjIB6fRXm3/AAjPxG/6HRf/AAWw/wDxdH/CM/Eb/odF/wDBbD/8XQB6TRXm3/CM/Eb/AKHRf/Bb D/8AF0f8Iz8Rv+h0X/wWw/8AxdAHpNFebf8ACM/Eb/odF/8ABbD/APF0f8Iz8Rv+h0X/AMFsP/xd AHpNFebf8Iz8Rv8AodF/8FsP/wAXR/wjPxG/6HRf/BbD/wDF0Aek0V5t/wAIz8Rv+h0X/wAFsP8A 8XR/wjvxKiPmReMYJWXkLNpaFD7Hy5Ub8mFAHpNFcn4W8RXGsi+07VbdbTV9JlEN3DGxePLKHjlj YgExyIQRkZByp5U11lAH/9D9/K89+Lf/ACSnxp/2BdR/9JpK9Crz34uf8kp8af8AYF1H/wBJpKAO 4sf+PK3/AOuafyFWqq2P/Hlb/wDXNP5CrVAGVrmpjRdE1DWGCEWNvLORLJ5UeIkLfNJhtq8ctg4H OK+W9C/amkvvDv8Aa2v+E30S9uvB8vjWztpL1ZVbT4duUuZEizbynehUbHDAtgllZa9O/aC8J+Ov H3wt1fwH4CS0Fz4iRbG7lvLqS1EdhMwW78to4ZyZHg3xpkABmDE4GDj+Mfgdo1x4UTwv4B0nT9Hj 1S/0v+12bcHm0yynWaS3DhWdwVTy1QlVCu2NueQD0Kw+Ivh+DS9HPjTULDw5rep2lrPJp1zexCWK W52qIhvKF/3reWpCjc3AGeKu/wDCyPh35C3X/CU6V5LQy3Af7dBtMEDiOWQHfjYjkKzdFY4JzXzI PgV8S5ruyutTOjX88PivU/Et7cTSzNJqDpHcLoqNmE+UlpvhQxgsFEQKsckHkp/2RPEX/CK2fgm2 v7H7DD4ZXQZbhi3ntcavexza/dhPKKb5YIgtt/dJIO1aAPr/AFn4l+D9JsLi7g1O01Ca2ltYGt4L y1WUy3hAhT99LGgZ1JZVLAuAdgY4Fatr448FX1zDZ2Ov6fcXFzLNDFHHdRO8ktuu6ZFUNktGvLqO VHJAFfNLfs+eIZfFMmpTJpn9l3HirTNTaAPKSmkaFabdOgQGIgSi8Hnvzj5n+Y5IPl/ij4F3/gfw dZ6t4wFvf2q2/iC41b7I04L6/wCK5PsomzHGpjsbOG5nUy8NHES+wkE0AfdGheNfB3imSSHwzrth q0kOd62lzFOVxjORGzEdR+ddNXyP+y9ocUEmv61q9iLjxElvpmmzazBdw32n3lpZQsIIrGSC3tUS OEs++PyQwZxuZjjb9cUAFeYfDHp4r/7GC/8A5pXp9eV/Djd9n8X7ev8Abuo4x1z8tAHqe5fUUbl9 RXyP4Bb9m1PA+gJ4gtPDf9qLYWwuvtNrbGfzxGvmebvTdv3Z3Z5znNdd5n7K3/Pn4U/8BbT/AOIo A9y8Q65a+HNA1PxDeK0sGl2011IkeC7JAhdgu4gZIHGSBnvUXh3xHpnifTxf6cXUqdk0Mq7J4JMA mOVDyrAEexGCCVIJ8Qab9lNFLSWvhNVAyS1rZgAepJTAFdv4p2P4ksx4M/5GdRF5zJ/x7iy3ci9x wUI3eSB+83fcwvmGgCx8X/8AkSx/2FdF/wDTnbV6dXmPxe/5Etf+wron/pzta9OoAxfEfiLRPCOg aj4p8S3kenaTpFvLdXdzKcJDDCpd3Y+gAJ459K8u0n4q+JdVPh3Uh4HvrbRPE9xHDbTSzRLdwRyR vKs91anmGMonA3tICVV40OcaXx0+GTfGP4S+JfhrFfDTZdbthHFcMnmIksciyx+YgI3Rl0AdQRlS RmsHxp4b+LPxG+FviPwfeNp3hfVtW02azjmsrue4UzSqFLCUwwvEjDcuQrON2RyvIB6KnxG+H0lt dXsfifS2t7KVIJ5BewbIppPuRu2/Cs2PlU4J7Vcl8a+DYbG81SbXbBLPTpza3MxuohHBcDGYpG3Y ST5h8pIPI45FfLGr/s3a94v1CW81z+ztK07VLnw9az6XZMzQ2eh+HHlu4reGUxIZJp7pwHbZGEhJ ReRlqGmfAL4q6P4lvPGNtc6PLqdz/wAJDe2ySSTG3sNWv5EisLpY/JxL5NhDFbDIUxDeV3h2oA9t +G3xt0DxvpGtatrM+naGulXeoKg/tGOYS6dYXDWp1AlliKQPLG4DEbePvHNej33jfwbpeovpGpa7 Y2t/HA9y1vLcxJMII1LvIYy27YqgsWxgAE9K+L4P2UvFNtDbaPE+l/2ZBY+FdGkPmSLLNpWlTi71 SJ9sON95cfeOcSRqqnZzn0G3+DXxFt/hb4z8HoNI/wCEn1mbW5rXXWlle4lm1eWQLcMTDut3itpB CAjSABFVSEGKAPWNF+Onwy8Q2ljrGk65Zy6LfWM2ojUHu7aGCO3imWBHdZJVlCSs37t/LKHGCykq G7K68feBbKC8urzxFp0EOnSpBcu93CqwSyLuSOQlsIzKcqpwSORXzF4z/Zt1jxZJr2joNOstD1TS /Dvhu3MbP9ot9E0+fz9QjXMRHmTA+XGcnACMSpXFeWfETwdrHgzxp9tV7LT/ABJc+ILjxDY3TXYs bRdLt7L+yLayt57m0uIDfeS3meW0TbS0jK4JDUAfoZper6Trlmmo6LewahaSfdmt5Fljb6MhIP51 o15d8FNA0Dwz8KfC+j+GdEn8O6fFYQslhdndcws6hmE7ZO6XcSXbuefavUaAPMfg3/yTfSPrc/8A pRJXp1fLNrLaj4UeCLTUbx7KwvNaENyy3D2u6Iy3LbWlRkYAsq8bhnpXef8ACL/B3/oLf+V26/8A kmgD2quY8QeMPD3he70yz125+ytq0rQwMysY96KXO9wCsYwMBmIGSBnJAPnn/CL/AAd/6C3/AJXb r/5JrV0Lwf8ACxtVW60mSLUr2KKVFWTUJb7bFMAkn7uWaRcMPlJx0OO9AHqteZ/Bv/kmPh7/AK9/ /Z2pvg6ea11698P6FK2oeG7JGVZpCT9kuVYA2kUhyZkAyT/zyI2bjkLG74N/8kx8Pf8AXv8A+ztQ B6ZXnvxY8eH4YfDnX/H4086qdDtmuBZrKIXuCCAIo3YMPMcnagI+ZiF4zmvQq8L+Nvgjxd8RY/C/ hbTLPT7vwyus2d9r6Xlw8bz2dlJ5yW8cQglSTfMsbOHZQUUp/FkAFzwH8ZLDxQ3i+08S2aeG7rwR eQ2WovJdRzWQknt4rhdl0AikqsqpIrKpR+OQQT2DfE74bJDDcP4r0lYrmOOaJjfQBXjmfy43U7+V dztUjgtwOa+T9M/Z3+KGjeH/AAb4Msr2yi0HwLrmp3FvHbXZgmvdPuRMLCWZns5VS6s1kCkbW3Ee asqOq1wvgv4UWfxa1bxvpXh220q18JQ/2d4RkvoJpJLr+ztNYXmoxW8bIWJvLqaRDcSTElV8zazB SQD9AJ/F/hO11k+HbnWrKLVRG0xtHuI1uBEq7mfyy27aF5JxgDnpXI678avhP4d0lNa1LxZpv2WS W1gjaK6imMkt85S2RQjEkysrBOx2sc4UkfPNn+z/APE2GG382+0w3mgar4h8Q2t2zyySatrGqRXd vZSXuYh5MNtBdGNo1Mu4IgXCKAe1079nq38NQfCnw94ais10XwRLHc6m7gpdX9xZWclvZyMUQ+Zs lmeXDkBW2lemKAPY9N+Jfg3ULm5tX1WztWiup7WHzL21b7UbaJZZmiEcrnEYYh1cK67SWULgm1N8 SPh5brp73HijS4l1aJZrMtewAXMTfdeIl/nU9mXINfK+lfs6+P7S10jWLmXSP+Eh0Kx8Sahb+W0g t5fE+vzGRZ5D5IP2e3QlVwufm+78gz4zpngPQrDxrZeBf7Lk1Tw7Zt4b0DUtKS9WHUbm58PTbob6 SzmtzJNp4kZZt0VxGrhWd0YEggH6gI6SIskbBlYAgg5BB6EGnUiqqKEQBVUYAHAAFLQB5r4e/wCS neMf+vXSf5XFelV5r4e/5Kd4x/69dJ/lcV6VQB//0f38rz34uf8AJKfGn/YF1H/0mkr0KqWpadZ6 vp11pOoxia1vYngmQ9GjkUqyn6gkUAPsf+PK3/65p/IVaryyx1Hx54VtYdCuvD8/iWO0QRw31ncW 0bSxrwvnx3MsJWXAG4oWVj8w252i5/wmXi7/AKELVP8AwK03/wCTKAPR6K84/wCEy8Xf9CFqn/gV pv8A8mUf8Jl4u/6ELVP/AAK03/5MoA9Horzj/hMvF3/Qhap/4Fab/wDJlH/CZeLv+hC1T/wK03/5 MoA9Horzj/hMvF3/AEIWqf8AgVpv/wAmUf8ACZeLv+hC1T/wK03/AOTKAPR6K84/4TLxd/0IWqf+ BWm//JlH/CZeLv8AoQtU/wDArTf/AJMoA9HrzD4Y9PFf/YwX/wDNKmbxZ45uR9nsfBF1bTycLLe3 lktuhP8AFIYJ5pMD0WMk9OOtdH4S8Ojwzo4sZJvtV3PLLdXU+3aJbm4cySuFydq7jhVydqgDJxmg DpqKKKAMnX9GtfEWhal4fvWdLfU7aa1kaMgOEmQoxUkEAgHjIPPaoPD3h3TPDGnLp2mK2M7pZZGL zTyEAGSVzy7nHJPbAGAABu0UAeY/F/8A5Etf+wron/pzta9OrB8T+H7TxToV3oN47RpdKNsiffik Rg8ci/7SOqsvuBXJR+JfH+nKLLVPCM2qTxAA3Wn3NotvNx95UuZoZEJ7oQwXoHbrQB6XRXnH/CZe Lv8AoQtU/wDArTf/AJMo/wCEy8Xf9CFqn/gVpv8A8mUAej0V5x/wmXi7/oQtU/8AArTf/kyj/hMv F3/Qhap/4Fab/wDJlAHo9Fecf8Jl4u/6ELVP/ArTf/kyj/hMvF3/AEIWqf8AgVpv/wAmUAej0V5x /wAJl4u/6ELVP/ArTf8A5Mo/4TLxd/0IWqf+BWm//JlAHo9Fecf8Jl4u/wChC1T/AMCtN/8Akyop vEXxB1ZDp+leFZtFnmBAvdQuLSSGAEff8u2mleRh/CmFUnq6igCj8KdO0/VPhfpVnqdtFdwM1wTH MiyISLmQglWBHFdl/wAIP4K/6F/T/wDwEh/+Jq94c0Gx8MaFY+HtN3fZrCJYkLnLttHLMe7Mcknu Sa2qAOX/AOEH8Ff9C/p//gJD/wDE1y2u/Cjw9quq6RqWmKmh/wBnPP532CGOCS5hnjKNEZUAdFPB JX5uMAg8j1GigCrY2NnplnDp+nwJbW1uoSOKNQqIo6AAcAV578G/+SY+Hv8Ar3/9navTK8qsoPFH gFZNI0fRH8QaI0sstqLaaGK4tRKxkaF1uHjRo1Zj5bK+4LhSvG4gHqtFecf8Jl4u/wChC1T/AMCt N/8Akyj/AITLxd/0IWqf+BWm/wDyZQB6PRXnH/CZeLv+hC1T/wACtN/+TKP+Ey8Xf9CFqn/gVpv/ AMmUAej0V5x/wmXi7/oQtU/8CtN/+TKP+Ey8Xf8AQhap/wCBWm//ACZQB6PRXnH/AAmXi7/oQtU/ 8CtN/wDkyj/hMvF3/Qhap/4Fab/8mUAej0V5x/wmXi7/AKELVP8AwK03/wCTKRvGXjIgiLwFqO88 Dfd6cqZ/2it0xA9SFJ9AelADfD3/ACU7xj/166T/ACuK9Krj/CmgX2mS6jrWuPHJq+sypJceSWMM SRLsihjLAEqi9WIBZmZsKCFHYUAf/9L9/KKKKACiiigAooooAKKKKACiiigAooooAKKKKACiiigA ooooAKKKKACiiigAooooAKKKKACiiigAooooAKKKKACiiigAooooAKKKKACiiigAooooAKKKKACi iigAooooA//Z ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/image003.jpg Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/jpeg /9j/4AAQSkZJRgABAgAAAQABAAD/2wBDAAgGBgcGBQgHBwcJCQgKDBQNDAsLDBkSEw8UHRofHh0a HBwgJC4nICIsIxwcKDcpLDAxNDQ0Hyc5PTgyPC4zNDL/2wBDAQkJCQwLDBgNDRgyIRwhMjIyMjIy MjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjL/wAARCAAfAFgDASIA AhEBAxEB/8QAHwAAAQUBAQEBAQEAAAAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtRAAAgEDAwIEAwUFBAQA AAF9AQIDAAQRBRIhMUEGE1FhByJxFDKBkaEII0KxwRVS0fAkM2JyggkKFhcYGRolJicoKSo0NTY3 ODk6Q0RFRkdISUpTVFVWV1hZWmNkZWZnaGlqc3R1dnd4eXqDhIWGh4iJipKTlJWWl5iZmqKjpKWm p6ipqrKztLW2t7i5usLDxMXGx8jJytLT1NXW19jZ2uHi4+Tl5ufo6erx8vP09fb3+Pn6/8QAHwEA AwEBAQEBAQEBAQAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtREAAgECBAQDBAcFBAQAAQJ3AAECAxEEBSEx BhJBUQdhcRMiMoEIFEKRobHBCSMzUvAVYnLRChYkNOEl8RcYGRomJygpKjU2Nzg5OkNERUZHSElK U1RVVldYWVpjZGVmZ2hpanN0dXZ3eHl6goOEhYaHiImKkpOUlZaXmJmaoqOkpaanqKmqsrO0tba3 uLm6wsPExcbHyMnK0tPU1dbX2Nna4uPk5ebn6Onq8vP09fb3+Pn6/9oADAMBAAIRAxEAPwCzp2ne FtO8C2Wv69YWUzS2sdxcXF1Cs008si72+ZsszMxPf8gKpadouveJ0F7oXw48NWWmOMwy6tbKHkXs QFwQD9COepo0XTU8T+KfAWhXo36ZZ6FFqcsJ6Stt2gEdxlV/An1rrdH+JPibV9OuvE9voNg3ha3e ff8A6SVuliiUsZMH5T0+6Oc8dPmoA4+dU8LXUUXjn4f6NZWkzbE1GwtI3hDejDBI/PPB4NdZJ4S8 NNGssWh6S0bqGVltIyCD0IOK0fD2peIviBpCL4g8P6Z/wjWr2shDQ3BMsIzhQwYcseoK9MZ4PFc7 8NnuR4UutNupPMfStQmsFf1VMEf+hED2ApMTC80DwxYWs11c6NpccMKF3c2kfAAye1YSaDJd2Nhq Z0Hwvo1jqdylpp6ajYNLNPI+dmRGuEDYPX8e1bnjuFpfCd8FhMyp5crxjqyLIrMP++Qa0Pile6tq um+Dr7wn4iksrTUNQSzWS2mZBI02PLZtvVV2NlT69KECMC00bT7bWJND17wppNnqkcfnIYreN4bi PON8Z2569QeRV+70HwxY2k11c6NpccMKF3c2icKBk9q2viDdW158QPDVjbbZLyxjubi5KnmGJ0Cq G/3mwce2awfGsTTeEb4LCZgnlyvGOrIsisw/75BoAxY9HjvLSHUJNN8GaBZ3SlrOPWIR58y5++VX AVT+NXrPSNOh1aTRdc8LaRa6ksXnxtDBG8NzFnG+NtucZ7HkV0Gq3WjnxPc6/cabf63puq6Wsdj5 Fmk8PuoI+ZWzng4xlvYDAit57M+BNEuxu1fTYLu5u0zlraGQERo/oSSvHbb9KBj/ABB4f0ez8O6j eWmmWlrdW1u9xBcW0SxSRSICysrrgghgDwaK0vFH/Ipaz/14T/8AotqKEJHKafrcWlQ+EPHGmN9t t9Kso9M1eGLO+JNuM4PoSxz0J284Oa9J0HwB4I1UprGkXdzd6XNK1wtlHdsbQSMuGPl9jg4wfpjH FfNOlavrHgbxBdRoqrPC7215ay4eOTaSrIwBwec8g/Sukh8R+B2mN5Fa+JdCun5kj0e5QRk+xYgj 6AAUxnsGq2HhH4RQjVY72/ub+KKSPS9MnvWkClzyETspPUnP4nFc34f1nSvAfh2Kz8Saktvq+oSP f3EPlu7Iz4+8FBwcAdcc59K4BfGHhfQ5GvdA0i/vdWPK3+tSq7RH1CqcE+/Brhr6+utSvpr29nee 5mbfJI5yWP8Ant2oA99k+JnhBif+Jtn/ALdpf/iK5+LxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyF P0xXjNd5r/juG80jQ4dMa6W70+3giYzxgomyARSKAzyBkfnKqsSsOHWQkFVYVjttK8X+BdHWU2+q yPPO26e4mimklmb1ZiuTWj/wsnwieurf+S0v/wATXiPiHUYdS1meSzWSLTY3aOwt3AHkW+4lEwCR nByTkksWYkkknKosFj2aLxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyFP0xVzSvF/gXR1lNvqsjzzt unuJoppJZm9WYrk1xtl4306xsdEhY314dPhlcQFWggSYwOsbBFmILLIykSoIXGGY73fK8x4n1a31 zXpdStrb7OJooTInP+tESCVslmZt0gZtzEsc5Y5JpjPWte+IHhe98O6na2+qb55rSWONfIlG5mQg DJXA5NFeK2NlcalqFtYWkfmXN1KsMKbgNzsQqjJ4GSR1ooA//9k= ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/header.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"





Irfan Haryanto, Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta

 

E-Learning:= Metode Pembelajaran Masa Depan yang Efektif dan Efisien

2=         &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp; Syntax Literate, Vol. 8, No. 7, Juli 2023

Syntax Literate= , Vol. 8, No. 7, Juli 2023        &= nbsp;                   &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;  3

 

 

How to cite:

Irfan Haryan= to, Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta(2023) E-Learning: Metode Pembelajaran Masa Depan yang Efe= ktif dan Efisien,<= span lang=3DEN-GB style=3D'font-size:11.0pt;font-family:"Calibri",sans-serif; mso-fareast-font-family:Calibri;color:black'> (8) 7, http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6

 

E-ISSN:

 

2548-139= 8

Published by:

Ridwan Institute =

 =

 

------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.fld/filelist.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml; charset="utf-8" ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10--