MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10" ------=_NextPart_01D9BBE6.AB162E10 Content-Location: file:///C:/F057B2C8/59.IrfanHaryanto,siappublish.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"
Syntax Lite=
rate:
Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398
Vol. 8, No.
7, Juli 2023
E-LEARNING: METODE PEMBELAJARA=
N MASA
DEPAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
Irfan Haryanto1, Am=
elia
Setiawan2, Hamfri Djajadikerta3
Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia
Email: irfanharyanto@gmail.com, amelias@unpar.ac.id<=
/a>, talenta@unpar.ac.id
Abstrak
=
Saat
ini E-learning muncul sebagai paradigma baru dalam bidang pendidikan modern=
dan
sudah banyak penelitian memperlihatkan bukti empiris secara efektif dapat
meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi dan menganalisis penelitian-penelitian terbaru terkait
penerapan E-learning dari tahun 2018 sampai 2023 untuk mendalami dan melihat
sejauh mana fenomena perkembangan metode E-learning bila dilihat dari tiga
rentang waktu yaitu pada masa sebelum adanya pandemic Covid-19 yaitu 2018-2=
019,
lalu pada masa pandemic Covid-19 yaitu tahun 2020-2022 dan pada masa setelah
pandemic Covid-19 tahun 2023 dengan menggunakan metode Systematic Literature
Review (SLR) dengan bantuan tools Publish or Perish, Mendeley, Zotero, dan
Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 61 artikel yang
terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi
covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19), pada bulan April tahun 20=
23
(setelah pandemi covid19), sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi penil=
aian
kualitas. Pemanfaatan E-learning sebagai sarana pelatihan dan pembelajaran
dapat meningkatkan kompetensi karyawan. Dengan penerapan E-learning, karyaw=
an
dapat mengimplementasikan skill atau kemampuan yang sudah didapat yang memb=
uat
karyawan lebih mampu dalam menanggapi tuntutan pekerjaan. Proses e-learning
sebagai media pelatihan dan pengembangan karyawan mampu untuk memberikan
learning experience pada karyawan secara komprehensif. E-learning dijadikan
sebagai alternatif atau solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningka=
tan
kompetensi karyawan.
Kata Kunci<=
/b>: e-learning; kompetensi; pelatihan; kinerja karyawan
Abstract
Currently E-learning emerges as a new paradigm in
the field of modern education and many studies have shown empirical evidence
that it can effectively improve employee competency and performance. This s=
tudy
aims to identify and analyze the latest studies related to the implementati=
on
of E-learning from 2018 to 2023 to explore and see how far the phenomenon of
the development of the E-learning method is when viewed from three timefram=
es,
namely during the period before the Covid-19 pandemic, namely 2018 -2019, t=
hen
during the Covid-19 pandemic, namely 2020-2022 and during the period after =
the
Covid-19 pandemic in 2023 using the Systematic Literature Review (SLR) meth=
od
with the help of Publish or Perish, Mendeley, Zotero, and Microsoft Excel
tools. The results showed that of the 61 articles selected based on article
searches in 2018-2019 (before the covid19 pandemic), 2020-2022 (during the
covid19 pandemic), in April 2023 (after the covid19 pandemic), so that 9
articles were obtained that met quality assessment. Utilization of E-learni=
ng
as a means of training and learning can improve employee competency. With t=
he
implementation of E-learning, employees can implement the skills or abiliti=
es
that have been acquired which make employees more capable in responding to =
job
demands. The e-learning process as a medium for employee training and
development is able to provide a comprehensive learning experience for
employees. E-learning is used as an alternative or a solution to face-to-fa=
ce
training to increase employee competence.
Keywords:
E-Lear=
ning;
Competence; Training; Employee Performance
Pendahuluan
Setiap perusahaan tentunya akan selalu melakukan yang
terbaik dalam menjalankan seluruh kegiatan usahanya agar dapat bertahan
ditengah badai perubahan yang datang silih berganti. Belum selesai perusaha=
an
beradaptasi dengan hadirnya teknologi digitalisasi, lalu kemudian datang
pandemic Covid-19 yang kembali memberikan tekanan kepada perusahaan. Sehing=
ga
kata kunci yang harus dipikirkan oleh setiap perusahaan yaitu adalah selalu
berusaha mencari solusi yang efektif dan efisien dalam menghadapi segala
stimulus yang datang dari waktu ke waktu. Dimana kondisi tersebut secara ti=
dak
langsung menuntut perusahaan untuk mau berubah lebih baik dan adaptif sehin=
gga
dapat bertahan di era yang penuh dengan ketidakpastian.
Dalam prakteknya, ketika teknologi digital hadir maka
perusahaanpun mau tidak mau harus menyesuaikan segala proses yang ada, baik=
di
area produksi, pemasaran, keuangan dan juga di area sumber daya manusia. Kh=
usus
mengenai sumber daya manusia, tentunya hal ini juga merupakan salah satu fa=
ktor
produksi yang sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Bahkan sumb=
er
daya manusia juga disebut sebagai salah satu faktor yang bisa dijadikan seb=
agai
daya saing utama sebuah perusahaan. Maka tidaklah mengherankan bila kini su=
dah
mulai banyak perusahaan yang berani mengeluarkan biaya pelatihan guna
meningkatkan kompetensi yang dapat mendukung kinerja sehingga dapat
berkontribusi kepada pencapaian tujuan perusahaan.
Dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusi=
a,
perusahaan sudah mulai berani melakukan investasi yang tidak sedikit dalam
bentuk memberikan pelatihan kepada karyawannya. Dimana cara yang umum digun=
akan
yaitu melakukan pelatihan secara langsung atau secara tatap muka. Namun den=
gan
hadirnya teknologi, ternyata pelatihan dapat juga dilakukan dengan cara
menggunakan metode E-learning. Bila dilihat perkembangannya, awalnya=
E-learning
hadir hanya sebagai salah satu metode pembelajaran yang muncul akibat muncu=
lnya
teknologi di era informasi. Namun siapa sangka ternyata hadirnya pandemic
Covid-19 justru semakin membuat perkembangan E-learning semakin popu=
lar
dan umum digunakan, baik di dunia pendidikan formal di sekolah-sekolah maup=
un
perguruan tinggi bahkan perusahaan juga memanfaatkan E-learning seba=
gai
metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kompetensi para karyawannya =
span>(Dos Santos, 2022)=
span>. Lain halnya cara konvensional masih ba=
nyak
menemui kendala, seperti waktu pelatihan yang terbatas, tidak adanya media
pendistribusian materi, tidak adanya konsultasi diluar jam pelatihan (tr=
aining)
serta proses evaluasi pelatihan masih menggunakan cara manual. E-learning
merupakan suatu konsep penggunaan teknologi informasi untuk mendukung proses
pembelajaran dengan menggunakan media yang terhubung dengan jaringan komput=
er
dan internet. Pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung proses traini=
ng
yang sangat penting untuk kemajuan dan peningkatan kemampuan dari para
karyawannya (Hamza &
Tóvölgyi, 2023).
Mengingat perkembangan era teknologi disruptif yang s=
emakin
pesat, pengembangan kompetensi SDM dalam hal ini, harus ikut pula memanfaat=
kan
teknologi informasi yang berkembang tersebut (Setiadiputra, 2019)=
. Saat ini E-learning mulai menga=
mbil
perhatian banyak pihak, baik dari kalangan akademik, profesional, perusahaan
maupun industri. E-learning merupakan metode pembelajaran menggunakan
media elektronik (audio/visual) melalui metode internet. Saat ini E-lear=
ning
muncul sebagai paradigma baru dalam bidang pendidikan modern dan sudah
banyak penelitian memperlihatkan bukti empiris dalam mendukung gagasan
memanfaatkan teknologi E-Learning secara efektif dapat memberikan ba=
nyak
peluang. Sistem E-learning sebagai salah satu penunjang pelatihan dan
pengembangan Sumber Daya Manusia (Karyawan). Penerapan E-learning
mengacu pada tiga karakteristik 1) E-learning berkaitan dengan jarin=
gan
elektronik yang memungkinkan informasi dan instruksi disampaikan. 2), E-=
learning
disampaikan pada learner menggunakan komputer dengan teknologi
internet. 3), pada solusi pembelajaran yang melebihi pelatihan tradisional
termasuk penyampaian informasi dan alat untuk meningkatkan kinerja <=
!--[if supportFields]>ADDIN CSL_CITATION
{"citationItems":[{"id":"ITEM-1","itemDa=
ta":{"ISSN":"2581-0588","author":[{"=
;dropping-particle":"","family":"Permatasari&=
quot;,"given":"Indah","non-dropping-particle"=
:"","parse-names":false,"suffix":""=
},{"dropping-particle":"","family":"Hard=
iyan","given":"Hardiyan","non-dropping-partic=
le":"","parse-names":false,"suffix":&quo=
t;"}],"container-title":"Jurnal
Sisfokom (Sistem Informasi Dan
Komputer)","id":"ITEM-1","issue":"1=
","issued":{"date-parts":[["2018"]]},&qu=
ot;page":"1-8","title":"Pengaruh
E-learning sebagai media pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyaw=
an
BCA KCU
Tangerang","type":"article-journal","volume&q=
uot;:"7"},"uris":["http://www.mendeley.com/documen=
ts/?uuid=3D55988401-3986-4899-80a7-5b69ae36baba"]}],"mendeley&quo=
t;:{"formattedCitation":"(Permatasari
& Hardiyan,
2018)","plainTextFormattedCitation":"(Permatasari &
Hardiyan,
2018)","previouslyFormattedCitation":"(Permatasari &
Hardiyan, 2018)"},"properties":{"noteIndex":0},&qu=
ot;schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw=
/master/csl-citation.json"}(Permatasari & H=
ardiyan,
2018).
Adanya E-learning ini memungkinkan para karyaw=
an
untuk bisa berperan dalam pencarian informasi dan pengetahuan baru, memiliki
biaya yang lebih rendah dibanding pelatihan secara langsung, dan memiliki a=
kses
yang tak terbatas sehingga sangat menguntungkan baik dari pihak karyawan ma=
upun
perusahaan. Pengaruh dari penggunaan E-learning sebagai salah satu
strategi pelatihan bagi perusahaan dapat dikaitkan dengan peningkatan kiner=
ja.
Penggunaan E-learning pada sumber daya manusia dipandang sebagai sal=
ah
satu kunci untuk meningkatkan kinerja, kualitas, dan aksesibilitas kepada
pendidikan dan pelatihan. Kegunaan teknologi untuk memberikan pembelajaran
melalui sistem E-learning kepada karyawan sangat membantu untuk memb=
uat
kinerja mereka semakin baik ketika hal-hal seperti keselarasan antara kebut=
uhan
individu dan kepentingan perusahaan dapat dicapai. Pencapaian atau masalah =
yang
dialami oleh sebuah perusahaan sangat bergantung pada kinerja karyawannya, =
oleh
karena itu penting bagi perusahaan untuk menyadari pentingnya pelatihan dan
pengembangan melalui sistem E-learning dalam kinerja dan evaluasi
karyawan (Purwanto & Sura=
tman,
2022).
Metode
Penelitian
Dalam penelitian ini, metode tinjauan pu=
staka
sistematis atau Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk
mempelajari dan memahami informasi yang berkaitan dengan tujuan dan topik u=
tama
penelitian. SLR disusun berdasarkan pedoman PRISMA (Preffered Reporting =
Item
for Systematic Review and Meta-Analysis) (Akigbe, Ikono, Ejid=
okun,
Aderibigbe, & Afolabi, 2017). Metode yang digunakan memiliki tiga ta=
hapan
alur yang terdiri atas tahapan perencanaan (planning), tahapan pelaksanaan
(conducting), dan tahapan pelaporan (reporting). Pada tahap perencanaan akan
ditentukan konteks pencarian artikel, penentuan pertanyaan penelitian (rese=
arch
questions) yang akan dijadikan dasar perlakuan studi literatur. Tahap
selanjutnya adalah mencari bahan referensi atau sumber literatur (search
process). Dan tahap terakhir adalah pelaporan, dan menyimpulkan hasil usulan
kegiatan penelitian dan aktivitas diskusi.
Gambar 1
Tahapan Systematic
Literature Review (SLR)
a)
Pertanyaan Penelitian (Research Questions)
Daftar
pertanyaan penelitian dapat dibuat dari kebutuhan penelitian tentang topik =
yang
dibahas. Berikut ini adalah daftar pertanyaan penelitian dalam Tinjauan Pus=
taka
ini:
1. RQ1: Apakah artikel yang dipilih memba=
has
tentang E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan?=
2. RQ2: Apakah artikel yang dipilih memba=
has
tentang metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan
kompetensi karyawan?
3. RQ3: Apakah E-learning berdampak
kepada peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan?
4. RQ4: Apakah E-learning merupakan
solusi terbaik dalam pengembangan kompetensi karyawan?
b)
Proses Pencarian (Search Process)
1) Publish or Perish
Proses
pencarian artikel ilmiah dalam Literature Review ini adalah pencarian datab=
ase
dari Scopus melalui software Harzing's Publish or Perish. Publisher Perish
adalah program perangkat lunak yang mengambil dan menganalisis kutipan
akademik, yang dirancang untuk memberdayakan akademisi individu untuk
mempresentasikan kasus mereka untuk meneliti dampak untuk keuntungan
terbaiknya. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel terkait melal=
ui
publish or perish adalah E-learning, kompetensi karyawan, pelatihan
karyawan, kinerja karyawan dan tahun yang dipilih Sebelum pandemi Covid -19
tahun (2018-2019), Pada saat pandemi tahun (2020-2022) dan Setelah Pandemi
tahun (2023). Setelah itu, hasil pencarian artikel disimpan dalam format RIS
supaya dapat dibaca oleh Mendeley untuk diorganisasikan sebagai reference
manager.
2) Mendeley
Mendeley
merupakan software yang berfungsi sebagai reference manager. Berdasarkan
definisi yang dikutip dari situs resminya, menunjukkan bahwa Mendeley adalah
aplikasi manajemen referensi sekaligus jejaring sosial, alat kolaborasi onl=
ine
dan mampu menemukan penelitian terbaru/terkini (Rahm=
awati,
Meliyana, Yuliana, & Zain, 2018). Pada tahap ini, Penulis meng-importf=
ile
artikel hasil pencarian dari Publish or Perish dan menyimpan file-file ters=
ebut
dalam format biptex dan RIS.
3) Zotero
Setelah
mengumpulkan data dan informasi, semua data yang lolos seleksi digabungkan
menggunakan Zotero. Zotero memungkinkan untuk mengumpulkan, mengatur, mengu=
tip,
dan berbagi sumber penelitian dan memungkinkan pengunduhan, pengambilan, dan
pengindeksan teks lengkap dari katalog, basis data, situs web, dan PDF (Rahm=
awati
et al., 2018). Pada tahap ini, yaitu meng-import fi=
le
artikel dari Mendeley. Fungsinya adalah untuk menyimpan kembali file dalam
format csv agar dapat di-import ke Microsoft Excel.
4) Microsoft Excel
Tahap
selanjutnya, yaitu penentuan kriteria inklusi (inclusion criteria) dan krit=
eria
eksklusi (exclusion criteria) untuk menentukan kelayakan artikel ilmiah unt=
uk
di-review atau tidak, dengan menggunakan Microsoft Excel. Studi kelayakan
artikel terpilih sebagai berikut:
a) =
Artikel yang digunakan berkaitan dengan
topik penelitian mengenai E-learning, metode pembelajaran masa
depan yang efektif dan efisien?.
b) Semua artikel yang diterbitkan dalam
bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
c) =
Semua artikel dapat diakses secara utuh
(PDF lengkap).
d) Artikel yang diterbitkan pada tahun
2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19),
tahun 2023 (setelah pandemi covid19)
Pada
tahap ini, Penulis meng-import file artikel dari Zotero ke Microsoft Excel.
Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam memetakan atau mengklasifikasikan =
dari
artikel yang telah dicari. Di tahap ini, artikel yang telah diperoleh akan
dilakukan penyaringan untuk menentukan topik penelitian yang akan dibahas.
Penyaringan artikel akan dilakukan berdasarkan Quartile dan tahun publikasi=
.
5) Penilaian Kualitas (Quality Assessm=
ent)
Dalam
penelitian ini, data dari Kajian Literatur yang ditemukan akan dievaluasi
berdasarkan pertanyaan kriteria penilaian kualitas dan masing-masing pertan=
yaan
akan diberikan jawaban sebagai berikut:
1. =
Q1: Apakah artikel terpilih diterbitkan
pada tahun 2018-2023? (Ya(1)/Tidak (0)
2. =
Q2: Apakah artikel yang dipilih membah=
as
tentang E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan?=
(Ya
(1)/Tidak (0))
3. =
Q3: Apakah artikel yang dipilih membah=
as
tentang metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan
kompetensi karyawan? (Ya(1)/Tidak(0)
4. =
Q4: Apakah artikel membahas tentang E-learning
memberikan dampak pada kompetensi dan peningkatan kinerja karyawan? (Ya(1)/=
Tidak(0)
5. =
Q5: Apakah artikel yang dipilih membah=
as
tentang E-learning merupakan solusi terbaik dalam pengembangan
kompetensi karyawan? (Ya(1)/Tidak(0))
6) Analisis Data
Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitan Systematic Literature Revie=
w
(SLR) ini adalah dengan cara Data Extraction. Data Extraction
adalah mengambil semua data penelitian yang didapat dari jurnal yang diguna=
kan
untuk penelitian dan mengubah data yang didapat menjadi data baru dengan ca=
ra
menyaring data yang digunakan dalam beberapa kategori dan dengan mengambil =
data
yang valid dan tidak menyertakan data yang kurang valid sehingga didapatkan
data baru yang optimal dan hasil yang komprehensif.
Hasil dan Pembahasan
A. =
Hasil
a) Hasil Proses Pencarian
Proses pencarian yang dilakukan pada tahun 2018-=
2019
(sebelum pandemi covid19) sebanyak 23 artikel, tahun 2020-2022 (saat pandemi
covid19) sebanyak 31 artikel, tahun 2023 (setelah pandemi covid19) sebanyak=
7
artikel, kemudian dilakukan beberapa tahap penyaringan untuk menentukan
literatur yang relevan dengan topik penelitian, sehingga diperoleh hasil ak=
hir
sebanyak 8 literatur. Pemilihan 8 literatur tersebut mengacu pada kriteria =
yang
telah ditentukan. Hasil proses pencarian dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1
Hasil Proses Pencarian
No<= o:p> |
Des=
kripsi |
Has=
il |
1 |
Pen=
carian
artikel (2018-2019) |
23 |
2 |
Pen=
carian
artikel (2020-2022) |
31 |
3 |
Pen=
yaringan
artikel (2023) |
7 |
4 |
Art=
ikel
yang memenuhi penilaian kualitas |
9 |
b)&n=
bsp; Hasil Penilaian Kualitas
Penilaian
kualitas dilakukan dengan cara membaca judul dan abstrak dari 61 artikel ya=
ng
terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun 2018-2019 (sebelum pandemi
covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid19), tahun 2023 (setelah pande=
mi
covid19), sehingga diperoleh 9 artikel yang memenuhi penilaian kualitas.
Berikut ini 9 artikel terpilih yang dievaluasi berdasarkan penilaian kualit=
as
disajikan pada Tabel 2.
Tabel 2
Hasil Penelitian Kualitas
No |
Peneliti |
Tahun |
Q1 |
Q2 |
Q3 |
Q4 |
Hasil |
1 |
Indah Permatasari |
2018 |
0 |
1 |
1 |
0 |
2 |
2 |
Putu Ashintya Widhiartha |
2019 |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
3 |
Baskoro Harwindito |
2020 |
0 |
0 |
1 |
0 |
1 |
4 |
Ifan Junaedi |
2020 |
1 |
1 |
0 |
1 |
3 |
5 |
Henny Yulianti |
2021 |
1 |
1 |
1 |
1 |
4 |
6 |
Ayuningtyas |
2021 |
1 |
0 |
1 |
1 |
3 |
7 |
Hartanto |
2022 |
0 |
0 |
1 |
0 |
1 |
8 |
Purwanto |
2022 |
0 |
0 |
1 |
0 |
1 |
9 |
Supriatna |
2023 |
0 |
0 |
1 |
0 |
1 |
c)&n=
bsp; Hasil Analisis Data
Setelah
dilakukan seleksi data, ditemukan 10 artikel yang telah memenuhi kriteria
inklusi dan eksklusi serta telah melalui tahap penilaian kualitas (quali=
ty
assessment). Pada tahap ini, 9 data atau artikel akan dianalisis untuk
memperoleh jawaban dari setiap pertanyaan penelitian (research questions=
)
yang telah ditentukan. Dari artikel-artikel yang diperoleh tersebut, ditemu=
kan
beberapa ide atau topik yang menjadi pembahasan diantaranya:
1.&n=
bsp;
E-learning berdampak kepada peningkatan kompetensi karyawan
2.&n=
bsp;
Metode E-learning efektif dan efisien dalam meningkatkan
kompetensi karyawan
3.&n=
bsp;
E-learning memberikan dampak pada kompetensi dan peningkatan kinerja
4.&n=
bsp;
E-learning merupakan solusi terbaik dalam pengembangan kompetensi karyawan.
B.&n=
bsp; Pembahasan
1.&n=
bsp; E-Learning berdampak kepada peningkatan kompeten=
si
karyawan
Sumber
daya manusia merupakan salah satu aset atau komponen penting dalam suatu
perusahaan maupun organisasi. Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia de=
ngan
kompetensi yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar dapat
mencapai tujuan perusahaan. E-learning juga menjadi salah satu faktor
yang dapat meningkatkan kompetensi pegawai (Ayuningtyas, 2021). E-learni=
ng
sangat membantu bagi penggunanya untuk mencari atau menyampaikan berbagai
informasi. E-learning dapat mencari sebuah informasi dengan cepat dan
akurat, mendownload berbagai macam informasi baik dalam berbentuk teks, gam=
bar
atau sebuah aplikasi dan memberikan fasilitas-fasilitas yang membangun bagi
situs E-learning itu sendiri sehingga berdampak pada peningkatan
kompetensi karyawan (Juna=
edi
& Prasetyo, 2020). Karyawan yang kompeten biasanya memi=
liki
kemampuan dan kemauan untuk dengan cepat mengatasi masalah pekerjaan yang
mereka hadapi, yang membuat mereka lebih mampu dan lebih berkinerja dalam m=
enanggapi
tuntutan pekerjaan (Lukv=
inda
& Macella, 2022).
E-learning dikembangkan oleh perusahaan untuk
mencapai tujuan-tujuan tertentu. Salah satu tujuannya ialah untuk mengemban=
gkan
kualitas pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sangat
menentukan kinerja perusahaan, maka pengembangan SDM sangat penting bagi
kemajuan perusahaan. Untuk itu E-learning dibangun untuk memberikan
manfaat baik bagi pegawai maupun bagi perusahaan. E-learning sangat
bermanfaat bagi pegawai. Pengetahuan baru yang dimiliki dapat dimanfaatkan
dalam pekerjaan sehari-hari. Selain menambah pengetahuan e-learning juga
meningkatkan kemampuan pegawai. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan pegaw=
ai
menunjukan bahwa metode pembelajaran E-learning telah terbukti
memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap sumber daya manusia.
Dengan
demikian perusahaan berkewajiban untuk membangun kompetensi karyawan (sumber
daya manusia) agar karyawan memiliki kompetensi (kemampuan) untuk bekerja
dengan baik, sehingga bisa dan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas dan
kewajiban mereka sehingga dapat mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan
yaitu keuntungan yang berkelanjutan.
2.&n=
bsp; Metode E-Learning efektif dan efisien
dalam meningkatkan kompetensi karyawan
Hasil
Penelitian (Moha=
mmadyari
& Singh, 2015) menunjukkan bahwa E-learning
memberikan jaringan rekan yang luas, sumber belajar yang lebih terkini, dan
biaya pelatihan yang lebih rendah. Hal ini membuat E-learning sebagai
salah satu strategi pelatihan yang berdampak signifikan pada kompetensi dan
kinerja individu karyawan. Kegunaan teknologi untuk memberikan pembelajaran
melalui sistem E-learning kepada karyawan sangat membantu untuk memb=
uat
kompetensi dan kinerja mereka semakin baik sehingga keselarasan antara
kebutuhan individu dan kepentingan perusahaan dapat dicapai. Metode pembela=
jaran
secara online melalui e-Learning memungkinkan pegawai untuk belajar dimanap=
un
dengan waktu yang flexsibel. Materi yang ditawarkan melalui E-learning a=
kan
selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengembangan karyawan atau pega=
wai (Perm=
atasari
& Hardiyan, 2018).
E-learning dirancang untuk memberikan manfaat ya=
ng
besar bagi karyawan dan organisasi itu sendiri, dengan melalui berbagai
pengetahuan, ketrampilan, dan kompetensi dapat meningkatkan kompetensi
karyawan. E-learning merupakan upaya untuk mengembangkan kerangka ke=
rja
untuk mengatasi masalah karyawan dan tantangan yang disajikan oleh teknolog=
i. E-learning
dalam peningkatan kompetensi karyawan penentu keberhasilan untuk mencapai v=
isi
dan misi perusahaan (Sasongko, 2019).
Dengan
E-learning ini, karyawan dituntut mandiri dan bertanggung jawab terh=
adap
proses pembelajarannya. Karyawan dapat berdiskusi secar=
a online dengan pakar-pakar p=
ada
bidangnya, melalui e-mail atau chatting. Dengan keaktifan karyawan, fasilit=
as
yang tersedia dalam teknologi E-learning sangat menentukan hasil bel=
ajar
karyawan. Semakin karyawan aktif, semakin banyak pengetahuan atau kecakapan
yang akan diperoleh (Luki=
to
& Haryono, 2020).
3.&n=
bsp; E-Learning memberikan dampak pada
kompetensi dan peningkatan kinerja karyawan
Perusahaan
membutuhkan dukungan karyawan yang cakap dalam bidangnya agar tercipta kine=
rja
yang optimal. Perusahaan mengharapkan kinerja tinggi dari karyawan untuk
membantu peningkatan kinerja organisasi. Artinya apabila SDM yang dimiliki =
oleh
perusahaan memiliki kinerja yang baik maka kinerja perusahaan pun dapat
meningkat. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kine=
rja
adalah dengan mengadakan pelatihan. Untuk meningkatkan kinerja dan kompeten=
si
karyawannya, perusahaan dapat mengadakan program pendidikan, pelatihan, dan
pengembangan. Dengan diadakannya pelatihan, berarti perusahaan membantu
karyawan agar mampu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kemampuannya =
span>(Rao =
&
Fajri, 2022).
Implementasi
E-learning yang harus dilakukan perusahaan adalah menjadikan program=
ini
menjadi salah satu kebiasaan para karyawan sehingga dapat meminimalisir jum=
lah
biaya tambahan untuk mengadakan training yang dilakukan secara offline
method dan menjadikan program ini trend baru yang berhasil
memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang (Harw=
indito
& Aisyah, 2020). Sistem E-learning dapat
meningkatkan produktifitas kerja karyawan dan cenderung memberikan manfaat
kepada karyawan yang terlibat dalam pelatihan yang dilakukan dengan cara E-learning
karena karyawan dapat mengimplementasikan skill atau kemampuan yang
sudah didapat sesuai dengan materi yang didapatkan (Rijal
& Sholihah, 2022).
E-learning memiliki pengaruh penting terhadap
kinerja. Penerapan budaya E-learning di kalangan karyawan yang
terintegrasi secara menarik akan berujung kepada hasil kinerja yang tinggi =
dan
keberhasilan jangka panjang perusahaan (Purw=
anto
& Suratman, 2022). Penelitian oleh (Sila=
en,
Afrilianto, & Noor, 2021), menunjukkan bahwa penerapan sistem
e-learning pada perusahaan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan,
mempertahankan perusahaan, dan mempertahankan kinerja karyawan secara optim=
al.
E-learning sebagai media pelatihan dan pengemban=
gan
menjadi strategi utama dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia. E=
-learning
mampu mengevaluasi dan menganalisa kesulitan yang dimiliki oleh karyawan me=
reka
saat bekerja sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka sesuai posisi
masing-masing karyawan (Agar=
wal
& Lenka, 2018).
Penelitian
(Rao =
&
Fajri, 2022) membuktikan efektivitas pelatihan dar=
ing
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
4.&n=
bsp; E-Learning merupakan solusi terbaik da=
lam
pengembangan kompetensi karyawan
Saat
ini telah terjadi peningkatan penggunaan internet untuk pembelajaran (E<=
/i>-learning)
di berbagai satuan pendidikan maupun organisasi di Indonesia. Berbagai
perguruan tinggi dan lembaga pelatihan telah menerapkan E-learning d=
alam
meningkatkan layanan mereka secara masif dalam beberapa tahun terakhir. =
E-learning
menawarkan berbagai kelebihan yang dapat menjadikannya sebagai alternatif a=
tau
solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningkatan kompetensi karyawan.
Berbagai kelebihan tersebut antara lain dapat menjadikan peserta pelatihan
menjadi seorang active learner yang mandiri dan tidak terlalu bergan=
tung
kepada instruktur pelatihan. E-learning juga memperluas akses layanan
dan menekan biaya pelatihan yang selama ini sangat mahal (Widh=
iartha,
2009). Implementasi aplikasi pelatihan E=
-learning
karyawan secara cepat dan akurat dapat meningkatkan kompetensi karyawan (Yuli=
anti,
2021).
Adanya
platform E-learning akan memudahkan karyawan dalam peningkatan
kompetensi, tidak terbatas pada tugas dan fungsinya di perusahaan, tapi juga
tapi juga menciptakan budaya belajar bagi karyawan. Kemudahan mengakses =
E-learning
akan mempercepat proses transfer knowledge sehingga membuat karyawan
ingin terus menggali pengetahuan baru sehingga terciptalah budaya belajar d=
alam
dirinya. Menurut (Kapo,
Mujkic, Turulja, & Kovačević, 2020), E-learning merupakan solusi y=
ang
tepat untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Salah satu faktor penentu keberhas=
ilan
E-learning di perusahaan karena adanya dukungan organisasi, dan duku=
ngan
manajemen. Organisasi harus menyediakan sumber daya yang memadai untuk
pembelajaran berkelanjutan di tempat kerja, dan karenanya, dari sudut panda=
ng
karyawan e-learning bagian penting dari pembelajaran dalam organisas=
i.
Jika organisasi pada umumnya dan manajemen mendukung pendidikan berkelanjut=
an
karyawan, diharapkan karyawan akan lebih termotivasi dan akan lebih banyak
menggunakan E-learning secara terus menerus dan membantu karyawan
menjadi lebih produktif.
Penggunaan
teknologi E-learning membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan,
serta dengan memastikan ketersediaan materi pelatihan. Urgensi transformasi
proses pelatihan E-learning karena struktur pasar tenaga kerja yang
berubah dengan cepat. Di perusahaan, sistem pembelajaran E-learning
perusahaan ditempatkan pada tingkat strategis. Hasil terbaik dari pelatihan
yang berhasil menggabungkan rencana pengembangan perusahaan dengan rencana
pengembangan pribadi untuk setiap karyawan. Hal ini memastikan motivasi dan
minat karyawan yang stabil untuk melatih dan memperoleh kompetensi baru, ya=
ng
diperlukan baik untuk perusahaan maupun untuk karyawan itu sendiri <=
!--[if supportFields]>ADDIN CSL_CITATION
{"citationItems":[{"id":"ITEM-1","itemDa=
ta":{"ISSN":"1877-0509","author":[{"=
;dropping-particle":"","family":"Anton",=
"given":"Chunaev","non-dropping-particle":&qu=
ot;","parse-names":false,"suffix":""},{&=
quot;dropping-particle":"","family":"Shikov&q=
uot;,"given":"Alexey","non-dropping-particle"=
:"","parse-names":false,"suffix":""=
}],"container-title":"Procedia
computer
science","id":"ITEM-1","issued":{"d=
ate-parts":[["2018"]]},"page":"511-521",=
"publisher":"Elsevier","title":"The
method of personalized corporate e-learning based on personal traits of
employees","type":"article-journal","volume&q=
uot;:"136"},"uris":["http://www.mendeley.com/docum=
ents/?uuid=3D8d51c797-5ed6-4ece-979e-748a182b5b4d"]}],"mendeley&q=
uot;:{"formattedCitation":"(Anton
& Shikov, 2018)","plainTextFormattedCitation":"(Ant=
on
& Shikov, 2018)","previouslyFormattedCitation":"(An=
ton
& Shikov, 2018)"},"properties":{"noteIndex":0}=
,"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema=
/raw/master/csl-citation.json"}(Anton
& Shikov, 2018).
Terdapat
tiga karakteristik penting dalam pengembangan kompetensi karyawan melalui <=
i>e-learning.
Pertama, E-learning berkaitan dengan jaringan elektronik yang
memungkinkan informasi dan instruksi disampaikan. Kedua, E-learning
disampaikan pada learner mengggunakan komputer dengan teknologi
internet. Ketiga, E-learning merupakan solusi pembelajaran untuk men=
ingkatkan
kinerja (Yuli=
anti,
2021).
Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari 61 artikel yang terpilih berdasarkan pencarian artikel pada tahun
2018-2019 (sebelum pandemi covid19), tahun 2020-2022 (saat pandemi covid-19=
),
pada bulan April tahun 2023 (setelah pandemi covid19), sehingga diperoleh 9
artikel yang memenuhi penilaian kualitas. Pemanfaatan E-learning seb=
agai
sarana pelatihan dan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi karyawan.
Dengan penerapan E-learning, karyawan dapat mengimplementasikan s=
kill
atau kemampuan yang sudah didapat yang membuat karyawan lebih mampu dalam
menanggapi tuntutan pekerjaan. Proses E-learning sebagai media pelat=
ihan
dan pengembangan karyawan mampu untuk memberikan learning experience
pada karyawan secara komprehensif. E-learning dijadikan sebagai
alternatif atau solusi pengganti pelatihan tatap muka bagi peningkatan
kompetensi karyawan sehingga dapat memberikan dampak kepada peningkatan
kinerjanya.
=
Agarwal, Sucheta, & Lenka, Usha.
(2018). Managing organization effectiveness through e-human resource manage=
ment
tool-e-learning: Indian cases a qualitative approach. PEOPLE: Internatio=
nal
Journal of Social Sciences, 4(1), 298–312.
=
=
Akigbe, B. I., Ikono, R. N., Ejidok=
un, A.
O., Aderibigbe, S. O., & Afolabi, B. S. (2017). An Architecture-Based
Technique To Mobile Contact Recommendation For Emergency Situation In Niger=
ia. Nigerian
Journal of Technology, 36(1), 186–195.
=
=
Anton, Chunaev, & Shikov, Alexe=
y.
(2018). The method of personalized corporate e-learning based on personal
traits of employees. Procedia Computer Science, 136,
511–521.
=
=
Artiyany, Megawhati. (2018). Pengar=
uh
Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN Pikitring
Sulawesi Selatan. Tangible Journal, 3(2), 103–119.
=
=
Ayuningtiyas, Hanny Andra, & Lu=
turlean,
Bachruddin Saleh. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan E-learning Terhadap Kompet=
ensi
Pegawai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Karawang=
. EProceedings
of Management, 8(5).
=
=
Chartika. (2018). Dampak Pemanfa=
atan
Sistem E-Learning Pada PT. Area Untuk Meningkatkan Kualitas SDM. Jurnal
Universitas Mercubuana.
=
=
Dos Santos, Luis M. (2022). Online =
learning
after the COVID-19 pandemic: Learners’ motivations. Frontiers in
Education, 7(September), 1–13.
https://doi.org/10.3389/feduc.2022.879091
=
=
Gustiana, Riska, Hidayat, Taufik, &=
amp;
Fauzi, Achmad. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu
Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekon=
omi
Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 657–666.
=
=
Hamza, Ibrahim, & Tóv&ou=
ml;lgyi,
Sarolta. (2023). The Effect of Gamified E-learning on Employees’
Engagement A Case Study of a Lebanese Bank. Periodica Polytechnica Social
and Management Sciences, 31(1), 80–89.
https://doi.org/10.3311/PPso.19616
=
=
Harwindito, Baskoro, & Aisyah, =
Dinda.
(2020). Implementasi E-Learning Berbasis Aerofood Learning Center Terhadap
Kinerja Karyawan (Studi Kasus: Pada Karyawan Di Divisi Hot Kitchen) Di Pt
Aerofood Acs Cengkareng. Jurnal Manajemen Dirgantara, 13(2),
132–143.
=
=
Heri, Heri, & Andayani, Fitri. =
(2020).
Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bidang Kepemudaan Dinas
Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung. Neo Politea, 1(2), 17–=
;29.
=
=
Husnussaadah, Husnussaadah. (2021).
Strategi Pembelajaran E-Learning di Era Digitalisasi. IQRA: Jurnal Magis=
ter
Pendidikan Islam, 1(1), 10–16.
=
=
Junaedi, Ifan, & Prasetyo, Roy.=
(2020).
Efektifitas Pengembangan E-Learning Terhadap Kompetensi Karyawan Dengan
Menggunakan Jquery, Php & Mysql Studi Kasus Pt Bank Mega, Tbk. Jisic=
om
(Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(1),
55–69.
=
=
Kapo, Amra, Mujkic, Alisa, Turulja,=
Lejla,
& Kovačević, Jasna. (2020). Continuous e-learning at the
workplace: the passport for the future of knowledge. Information Technol=
ogy
and People, 34(5), 1462–1489.
https://doi.org/10.1108/ITP-04-2020-0223
=
=
Kapo, Amra, Turulja, Lejla, Zaimovi=
ć,
Tarik, & Mehić, Senka. (2021). Examining the Effect of User
Satisfaction and Business Intelligence System Usage on Individual Job
Performance. Management (Croatia), 26(2), =
;43–62.
https://doi.org/10.30924/MJCMI.26.2.3
=
=
Krisnawati, Ni Komang Dewi, & B=
agia, I.
Wayan. (2021). Pengaruh kompetensi kerja terhadap kinerja karyawan. Bism=
a:
Jurnal Manajemen, 7(1), 29–38.
=
=
Lukito, Imam, & Haryono, Haryon=
o.
(2020). Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan Metode E-Learning di Lingkung=
an
Kementerian Hukum dan HAM. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 14(=
2),
339–360.
=
=
Lukvinda, Ruddiana, & Macella, =
Agatha
Debby Reiza. (2022). Pengembangan Kompetensi Karyawan Pada Bagian Keuangan =
dan
Umum PT. PLN (Persero) Upk Nagan Raya. Sawala: Jurnal Administrasi Negar=
a,
10(2), 207–223.
=
=
Milić, Dominika Crnjac, Krpi=
263;,
Zdravko, & Sušac, Filip. (2020). E-learning in Business Practice, a
Case Study During COVID-19 in Croatia. Informatica, 44(4).
=
=
Mohammadyari, Soheila, & Singh,
Harminder. (2015). Understanding the effect of e-learning on individual
performance: The role of digital literacy. Computers & Education=
, 82,
11–25.
=
=
Permatasari, Indah, & Hardiyan,
Hardiyan. (2018). Pengaruh E-learning sebagai media pelatihan dan pengemban=
gan
terhadap kinerja karyawan BCA KCU Tangerang. Jurnal Sisfokom (Sistem
Informasi Dan Komputer), 7(1), 1–8.
=
=
Purwanto, Reza, & Suratman,
Andriyastuti. (2022). Pengaruh Pelatihan & Pengembangan Melalui Metode
E-Learning Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia PT. Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Manado. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis &
Manajemen, 1(4), 254–266.
=
=
Rafiq, Karmila Rafiqah M., Hashim, =
Harwati,
& Md Yunus, Melor. (2019). MOOC for Training: How Far It Benefits
Employees? Journal of Physics: Conference Series, 1424(1),
1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012033
=
Rahayu, Sr, Malik, Djamaludin, &
Minarsih, Maria Magdalena. (2018). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Analisis Swot Divisi Cash Proces=
sing
Center (Studi Kasus Pada PT Advantage SCM Kota Semarang). Journal of
Management, 4(4).
=
=
Rahmawati, Cut, Meliyana, Meliyana,
Yuliana, Yuliana, & Zain, Helwiyah. (2018). Pelatihan Software Mendeley
Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian =
Kepada
Masyarakat, 8(1), 30–36.
=
=
Rao, Don Gusti, & Fajri, Salma
Athiyyah. (2022). Pengaruh Efektivitas Pelatihan Daring Terhadap Kinerja Di=
PT
Kalbe Milko Indonesia. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3),
286–297.
=
=
Ratnasari, Dewi, & Musadad, Anw=
ar.
(2022). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.
Mandiri Pratama Intilogam Cikarang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,=
8(15),
172–184.
=
=
Rijal, Muhammad Saifur, & Sholi=
hah,
Nida Anisatus. (2022). Penerapan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan
Produktifitas Kerja Karyawan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan =
Dan
Kewirausahaan, 10(1), 254–266.
=
=
Rukhvianti, NRukhvianti, Novi, Rosi=
da,
Rosida, & Ramdhani, Moch Ali. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembang=
an
melalui e-learning Terhadap Kompetensi Karyawan di Perusahaan X. Prosiding
Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1),
175–181.ovi, Rosida, Rosida, & Ramdhani, Moch Ali. (2021).
=
=
Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan=
melalui
e-learning Terhadap Kompetensi Karyawan di Perusahaan X. Prosiding Semin=
ar
Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1), 175–=
181.
=
=
Setiadiputra, R. Yudhy Pradityo. (2=
019).
Pemanfaatan Real Time Conference Dalam Bidang Pengembangan Kompetensi Pada =
Era
Disruptive Technology. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 2(2),
1–12.
=
=
Silaen, Sangkut Harpend Yohanes,
Afrilianto, Muhammad, & Noor, Agus Hasbi. (2021). Employee Performance
Improvement Through Dream (Digital Room For E-Learning Modules) Application
Training Based On E-Learning At Bank Btn Cimahi Branch. Empowerment: Jur=
nal
Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 149–1=
59.
=
=
Supriatna, Dasep, Purnawanti, Felis=
ia,
Arta, Deddy Novie Citra, Rais, Rinovian, & Saputra, Anggara Setya. (202=
3).
Pengaruh E-Learning Sebagai Pengembangan Karir Terhadap Karyawan Generasi
Milenial Di Bank Central Asia (BCA). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan
Manajemen, 4(3), 52–61.
=
=
Vagarinho, João Paulo, &
Llamas-Nistal, Martin. (2020). Process-Oriented Quality in e-Learning: A
Proposal for a Global Model. IEEE Access, 8, 13710–1373=
4.
=
=
=
Widhiartha, Putu Ashintya. (2009).
Pemanfaatan E-Learning Sebagai Alternatif Pengganti Pelatihan Tatap Muka Ba=
gi
Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal. JIV-Jurnal Ilmiah
Visi, 4(2), 189–196.
=
=
Yulianti, Henny. (2021). Pemanfaata=
n Sistem
Pelatihan E-learning pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi
Covid-19 dengan Pengujian ISO 9126. Multinetics, 7(1),
65–81.
Copyright holder: Irfan Haryant=
o,
Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta (2023) |
First publication right: Syntax Lit=
erate: Jurnal Ilmiah Indonesia |
This article is licensed under: |
Irfan Haryanto, Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta
E-Learning:=
Metode
Pembelajaran Masa Depan yang Efektif dan Efisien
2=
&=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; Syntax
Literate, Vol. 8, No. 7, Juli 2023
Syntax Literate=
, Vol. 8, No. 7, Juli 2023 &=
nbsp; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; 3
How
to cite: |
Irfan Haryan=
to,
Amelia Setiawan, Hamfri Djajadikerta(2023) E-Learning: Metode Pembelajaran Masa Depan yang Efe=
ktif
dan Efisien,<=
span
lang=3DEN-GB style=3D'font-size:11.0pt;font-family:"Calibri",sans-serif;
mso-fareast-font-family:Calibri;color:black'> (8) 7, |
E-ISSN: |
|
Published
by: |