Pengaruh Relationship Marketing, Business Communication Strategy dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepercayaan Sebagai Variable Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh relationship marketing, business communication strategy dan corporate social responsibility terhadap loyalitas nasabah dengan kepercayaan sebagai variable intervening. Subyek populasi dari penelitian ini adalah nasabah BSI di Cabang Fatmawati 1 Jakarta, sedangkan subyek yang dijadikan sampel sebanyak 97 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan relationship marketing berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah, corporate social responsibility berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah, business communication strategy berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah, kepercayaan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, corporate social responsibility berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, business communication strategy berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, relationship marketing berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayan nasabah, corporate social responsibility berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayan nasabah, dan business communication strategy berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayan nasabah.
Downloads
References
Afandi, A A., Supaijo., & Ningsih, N W. (2019). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia Periode 2014- 2017). Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah. 7(1)
Ahdiat, A. (2022). BSI Cetak Laba Rp3,2 Triliun sampai Kuartal III 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/31/bsi-cetak-laba-rp32-triliun-sampai-kuartal-iii-2022
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1977). Attitude-Behavior Relations: A Theoretical. Analysis and Review of Empirical Research, 84(5), 888–918
Alifah, N N. (2022). 10 Bank Terbaik di Indonesia Versi Forbes. https://goodstats.id/article/top-10-bank-terbaik-di-indonesia-duZ9U
Asiyah, S., et al. (2014). Relationship between shariah principles adherence, corporate social responsibility, trust and customer loyalty: theoretical study at Indonesia.
Atmaja, P D., & Yulianthini, N N. (2020). Pengaruh Relationship Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Pada PT. Telkom Datel Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2(2)
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Contini, Michele., Annunziata, Eleonora., Rizzi, Francesco., & Frey, Marco. (2019). Exploring The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) Domains on Consumers’ Loyalty: An Experiment In BRICS Countries. Journal of Cleaner Production, 247, p. 119-158
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Elvinaro, A., & Machfudz, D M. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Felenita, I. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Surabaya
Firmansyah, M A. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Sleman: DEEPUBLISH
Griffin. J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Hafid, I. (2019). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah BRI Amparita Kab. Sidrap. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Parepare
Halim., Sumiati., & Mintari. (2016). pengaruh persepsi karyawan terhadap penerapan CSR
Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD). 1(1) hlm. 14-28. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1
Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Irawan, W., & Nisa, P C. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Social Media. Jurnal Ilmiah Manajemen. 4(1) hlm. 243-259
Istiqomawati, A. (2017). Pengaruh dari aspek Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada BPR Argodana Pudak Payung Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 18(1)
Juliana, et al. (2023). Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Pasca Merger: Analisis Tingkat Kepercayaan, Kualitas Layanan, Religiusitas, dan Citra Perusahaan. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. 10(1)
Kandou, H A., Kalangi, J A F., & Rogahang, J J. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt. Bank Mandiri Kc. Dotulolong Lasut Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 1-10
Kotler, P., & Keller, K L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks
Lailiyah, N., & Chrismardani, Y. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan IM3 OOREDOO (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1)
Lestari, D N. (2014). Pengaruh Relationship Marketingterhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Palu. E-Jurnal Katalogis, 2(1)
Lubis, P., Margaretha, E., & Fitri, N. (2021). Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Peserta Event Kuliah Whatsapp Nestle Batita. Konferensi Nasional Sosial dan Engineering Politeknik Negeri Medan
Lussier, R N. (2015). Management. Ohio: South Western
Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal ElRiyasah, 4(1), 13-23.
Mahyaruddin. (2012). Pengambilan Pembiayaan Kilang Padi Program CSR Bagi Masyarakat Kecamatan Blang Bindang Kepada PT Angkasa Pura II (Analisis berdasarkan Konsep Qard Al-Hasan). Skripsi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri IAIN Ar-Raniry.
Makki, S. (2022). OJK Ungkap 2 Tantangan Perbankan Syariah di Indonesia
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220414155843-78-784925/ojk-ungkap-2-tantangan-perbankan-syariah-di-indonesia.
Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta
Merdeka. (2022). Data OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah Baru Capai 7,03 Persen per Agustus 2022. https://www.merdeka.com/perbankan/data-ojk-pangsa-pasar-perbankan-syariah-baru-capai-703-persen-per-agustus-2022.html
Moriarty, S. Et al. (2009). Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Morissan. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Ndubisi, Nelson O. 2007. Relationship Marketing and Customer. Loyalty. Marketing Intelligence and Planning. Vol 25. No.1. pg 98 –. 106
Nuary, F D. (2010). Implementasi Theory of Planned Behavior dalam Adopsi ECommerce oleh UKM (Studi pada UKM yang berada di Kota Surakarta Tahun 2009). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Pradita, I M. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di BEI. Tesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Prashella, et al. (2021). Corporate Social Responsibility Terhadap Customer Loyalty Yang Dimediasi Oleh Electronic Service Quality, Trust Dan Customer Satisfaction Pada Industri Perbankan Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 10(2)
Purwoko, B., & Astuti, H., K. (2017). Pengaruh Kepusan Dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Relasional Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Jurnal Economics and Sustainable Development, 2(2), 1-1.
Rachman, R., & Oktavianti, R. (2032). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk UniPin). Prologia. 5(1). hlm 148-153
Rahayu, I F R. (2022). Industri Perbankan Syariah Tumbuh "Double Digit" hingga Juli 2022. https://money.kompas.com/read/2022/10/28/082251826/industri-perbankan-syariah-tumbuh-double-digit-hingga-juli-2022.
Rahmatullah. (2009). Pengaruh Komuniksi pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank XYZ Syariah Cabang Bogor), 4(2)
Ramadhan, V. F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Menginap Di Vila Lotus Bali. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 63–70.
Razak, A., Baheri, J., & Ramadhan, M I. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari. Sigma: Journal of Economic and Business, 1(2)
Rohana, et al. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Multilevel Marketing Oriflame Terhadap Kepercayaan Distributor Sebagai Mitra Usaha. Jurnal Komunikatio. 1(2)
Rozi et al., (2014). Dampak Elemen Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Bebek 88. UNEJ Jurnal. 1(1)
Samuel, H. (2012). Customer Relationship Marketing Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Perbankan Nasional. Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 33-41
Sangadji, E M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi.
Santouridis, I., & Veraki, A. (2017). Customer Relationship Management and Customer Satisfaction: The Mediating Role of Relationship Quality. Total Quality Management and Business Excellence 28 (9–10): 1122–33. https://doi.org/10.1080/14783363.2017.1303889.
Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba empat
Sapanang, A B A., Maupa, H., & Jusni (2022). Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada grapari telkomsel makassar. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 4(6) hlm. 2202-2210
Saputro, A. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi
Semuel, H. (2012). Customer Relaionship Marketing Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Perbankan Nasional. Jurnal Manajemen Pemasaran, 07(01), 33–41.
Sheth, Jagdish N, and Mona Sinha. (2015). The Conceptual Foundations of Relationship marketing: Review and Synthesis. Journal of Economic Sociology 16 (2): 119–49. https://doi.org/10.17323/1726-3247-2015-2-119-149.
Shimp, T A. (2003). Advertising Promotion and supplemental Aspek Of Integgarted Makrketting Communication. Penterjemah Refyani Sahrial, Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar
Sitorus, T., & Yustisia, M. (2018). The Influence Of Service Quality And Customer Trust Toward Customer Loyalty: The Role Of Customer Satisfaction. International Journal for Quality Research, 12(3).
Soelistiawan, H., Lukitaningsih, A., & Wiyono, G. (2021). Pentingnya Trust dalam Mediasi Citra Perusahaan dan Relationship marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 8(1)
Sucahyo, A D., Fauzi, A., & Arifin, Z. (2013). Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Pemasaran Hubungan Pelanggan Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas (Survei Pada Nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional Mitra Usaha Rakyat Kantor Cabang Bojonegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto., & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi. Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media
Syamsuddin, A. (2018). Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Briunit Tamalate Galesong Utara. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1)
Trisusanti, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). JOM FISIP, Vol. 4 No. 2.
Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(1), 64-79.
Velnampy, T & Sivesan. (2012). Customer Relationship Marketing Customer Satisfaction: A Study on Mobile Service Providing Companies in Srilanka. Global Journals Inc. (USA), 391-407
Wibowo, S. (2006). Implementasi Relationship Marketing pada Industry Hospitality. Jurnal Utilitas, 14(02), 178–196.
Wicaksana, A. (2021). 180 Juta Umat Muslim, Baru 30 Juta Jadi Nasabah Bank Syariah. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210210164446-78-604821/180-juta-umat-muslim-baru-30-juta-jadi-nasabah-bank-syariah.
Widjaja, Clarisha Octavia. 2016. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer loyalty dan Customer Satisfaction sebagai variabel intervening pada PT. Fuboru Indonesia di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 10, No2.
Widyastuty, L., & Kusuma, I W. (2021). Hubungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Earnings Management Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2019). Accounting and Business Information System. 9(4)
Wikamorys, D. A, & Rochmach, T. N. (2017). Aplikasi theory of planned behavior dalam membangkitkan niat pasien untuk melakukan operasi katarak
Wikanta, C., & Semuel, H. (2018). Analisis Marketing Communication, Customer Trust, Dan Customer Loyalty Pada Telkomsel
Yuniarti, V S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Yunita, M., Banga, W., & Abdullah, A. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1)
Yusuf, A M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2022 Rully Ristiawan, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.