Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Efikasi Diri Terhadap Niat Berwirausaha Siswa

  • Andriana Ratna Winastiningsih Universitas Kristen Maranatha
  • Maya Malinda Universitas Kristen Maranatha
Keywords: Pendidikan kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, efikasi diri, niat berwirausaha

Abstract

Kewirausahaan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Pemerintah membuat kebijakan menciptakan wirausaha muda salah satunya melalui pendidikan kewirausahaan di SMA. Sekitar 38,6 persen pemilik perusahaan adalah lulusan SMA, pemilik usaha daring 75,36 persen merupakan lulusan SMA sederajat ke bawah serta 39,6 persen pemuda di Indonesia merupakan tamatan SMA. Melalui Maranatha Bussines Club (MBC) di SMA Santa Maria 1 Cirebon, pengetahuan, ketrampilan, pola pikir dan efikasi diri kewirausahaan berkembang, sehingga mampu menumbuhkan niat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, dan efikasi diri terhadap niat berwirausaha siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII yang telah mengikuti program MBC sebanyak 234 siswa selama kurang lebih dua tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data melalui SEM Smart PLS 3,29. Teknik random sampling menggunakan Microsoft excel dengan mengambil sampel sebanyak 148 siswa berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan e-questionnaire di Google form. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: pendidikan kewirausaaan dan pola pikir kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha pada tahap moderat. Sementara efikasi diri tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimursandi, D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1), 193–210. https://journal.feb.unmul.ac.id/index. php/KINERJA/article/view/63

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behaviour. Organizational behaviour and human decision processes, 179- 211. ScienceDirect, 50(2). https://doi.org/https:/ /doi.org/ 10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alexandria Valerio, Brent Parton, Alicia Robb. (2014). Entrepreneurship education and training programs around the world: dimensions for success. https:// doi.org/10.1596/978-1-4648-0202-7

Alfa, A. A. G. (2017). Analisis pengaruh faktor keputusan konsumen dengan structural equation modeling partial least square universitas pendidikan indonesia. http://repository.upi.edu/29292/

Artha, I. M. R., & Wahyudi, I. A. (2021). Analisis grit dan entrepreneurial mindset terhadap kesuksesan entrepreneur pada mahasiswa di wilayah surabaya. Performa, 4(5), 786–793. https://doi.org/10.37715/jp.v4i5.1699

Azizah, L. (2019). Pengaruh entrepreneurial mindset dan lingkungan terhadap keputusan berwirausaha dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi. Prosiding Business and Economic Conference In Utilizing of Modern (2018) 621-632, 621–632.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.2.191

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal Of Management, 38(1), 9–44.

Bataragoa, T. K., Massie, J. D. D., Bataragoa, T. K., Massie, J. D. D., & Gunawan, E. (2020). The impact of entrepreneurship education and family support toward student entrepreneurial intention dampak pendidikan wirausaha dan dukungan keluarga terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Jurnal EMBA, 8(3), 286–295.

Budi, R., Dan, L., Wijaya, T., & Mdp, S. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 1(2), 112–119.

Cao, V. Q., & Ngo, T. T. T. (2019). Linking entrepreneurial intentions and mindset models: A comparative study of public and private universities in Vietnam. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 115–133. https://search.informit.org/ doi/10.3316/informit.623241327460860

Chin, W. W., Chinn, W. W., & Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modelling. In Marcoulides G. A. (Ed.). Modern Methods for Business Research, 295(2), 295–336.

Drnovšek, M., Wincent, J., & Cardon, M. S. (2010). Entrepreneurial self-efficacy and business start-up: Developing a multi-dimensional definition. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 16(4), 329–348. https://doi.org/10.1108/ 13552551011054516

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. (2nd ed.). UNDIP.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (8th ed.). Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Handayati, P., Wulandari, D., Soetjipto, B. E., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurship education promote vocational students’ entrepreneurial mindset? Heliyon, 6(11), e05426. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05426

Hasanah, S. (2014). Kajian implementasi e-learning berdasarkan tingkat kesiapan peserta e-learning Universitas Pendidikan Indonesia - Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/14211/4/S_KOM_0905726_Chapter3.pdf

Hisrich, R. D., Peters, M. P., Shepherd, D. A., Sungkono, C., & Angelica, D. (2008). Entrepreneurship = Kewirausahaan / Robert D.Hisrich, Michael P. Peters. Dean A. Shepherd ; penerjemah, Chriswan Sungkono dan Diana Angelica (S. Empat (ed.); Ke-7). Salemba Empat.

Hutabarat, Z. (2020). Pengaruh theory of planned behaviour terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di tangerang. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.31937/manajemen.v12i2.1629

Indahsari, L., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh Pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi wirausaha mahasiswa universitas tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 267. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11320

Karnadi, A. (2021). Pengusaha Daring Paling Banyak Lulusan SMA ke Bawah. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengusaha-daring-paling-banyak-lulusan-sma-ke-bawah

Kawulur, A. F., Rumagit, M. C. N., & Tumiwa, R. A. F. (2019). Entrepreneurship Conceptual Model Based on Local Economic Potentials in Coastal Likupang Beach North Minahasa District, Indonesia. July. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.155

Kemendikbud. (2019). Pedoman Program Kewirausahaan SMA.

Khaerani, S. N., & Handayanti, P. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan sosial dan motivasi terhadap minat berwirausaha. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(4), 738–749.

Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. In JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Vol. 12, Issue 1, pp. 25–0). http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Kinta Marini C, & Hamidah S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa smk jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Larkin, K. C. (1986). Self-efficacy in the prediction of academic performance and perceived career options. Journal of Counseling Psychology, 33(3), 265–269. https://doi.org/10.1037/0022-0167.33.3.265

Liñán, F., & Chen, Y.-W. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrument to measure entrepreneurial intentions. entrepreneurship theory and practice, 33, 593–617. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2009.00318.x

Loria, A., & Rodhiah, R. (2020). Pengaruh personal attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 653. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9577

Lundmark, E., Krzeminska, A., & Shepherd, D. A. (2019). Images of entrepreneurship: exploring root metaphors and expanding upon them. entrepreneurship: theory and practice, 43(1), 138–170. https://doi.org/10.1177/1042258717734369

MacMillan, R. G. M. and, & C., I. (2000). The entrepreneurial mindset: Strategies for continuously creating opportunity in an age of uncertainty. In The entrepreneurial mindset (H. B. S. Press (ed.)). Harvard Business School Press. https://doi.org/https://doi.org/10.237/259188

Mathisen, J.-E., & Arnulf, J. K. (2013). Competing mindsets in entrepreneurship: The cost of doubt. The International Journal of Management Education, 11(3), 132–141. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2013.03.003

McClelland, D. C. (2009). Entrepreneur behavior and characteristics of entrepreneurs.the achieving society. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1496181

Moore, C. B., McIntyre, N. H., & Lanivich, S. E. (2021). ADHD-related neurodiversity and the entrepreneurial mindset. entrepreneurship: theory and practice, 45(1), 64–91. https://doi.org/10.1177/1042258719890986

Mugiyatun, & Khafid, M. (2020). Pengaruh prakerin, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga dengan self efficacy sebagai variabel intervening terhadap minat berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 100–118. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37233

Neneh, N. B. (2012). An exploratory study on entrepreneurial mindset in the small and medium enterprise (SME) sector: A South African perspective on fostering small and medium enterprise (SME) success. African Journal of Business Management, 6(9), 3364–3372. https://doi.org/10.5897/AJBM10.1631

Pihie, Z. A. L., & Bagheri, A. (2010). Entrepreneurial attitude and entrepreneurial efficacy of technical secondary school students. Journal of Vocational Education and Training, 62(3), 351–366. https://doi.org/10.1080/13636820.2010.509806

Pihie, Z. A. L., & Bagheri, A. (2013). Self-efficacy and entrepreneurial intention: the mediation effect of self-regulation. Vocations and Learning, 6(3), 385–401. https://doi.org/10.1007/s12186-013-9101-9

Prianto, A. (2017). Various variables to trigger entrepreneurial intention for young entrepreneurs in east java indonesia. In International Journal of Business and Management Invention ISSN (Vol. 6). Online. www.ijbmi.org

Purnami, I. G. L. A. A. & N. M. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 1160–1188. https://media.neliti.com/media/publications/253915-pengaruh-pendidikan-kewirausahaan-self-e-18441d7f.pdf

Rahmadani, R., Suwatno, & Machmud, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship education) di perguruan tinggi negeri kota bandung. Sosio DIidaktika: Social Science Education Journal, 5(1), 47–53. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9522

Rizaty, M. A., Judul, A. ini telah tayang di D. i. dengan, "Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3, 68% pada Kuartal II/2022"., Rizaty., A. M. A., Bayu., E. D., & Https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-368-pada-kuartal-ii2022., K. selengkapnya di sini: (2022). No Title. In DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-368-pada-kuartal-ii2022

Romli, M. E. (2019). Analisis tentang faktor penyebab kewirausahaan belum dapat mensejahterakan kehidupan penduduk. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 15(4), 48–59.

Rosmiati, R., Siregar, N., & Efni, N. (2022). Pola pikir kewirausahaan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5668–5673. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3152

Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Jurnal norma-subjektif. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, 1(1), 63–74.

Santika, E. F. (2023). Pemuda bekerja lulusan sma lebih banyak dibanding tamatan perguruan tinggi. DataIndonesia.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2023/01/19/pemuda-bekerja-lulusan-sma-lebih-banyak-dibanding-tamatan-perguruan-tinggi

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/ j.heliyon. 2021.e07995

Scott Shane and Edwin A. Locke, C. J. C. (2003). Entrepreneurial motivation. human resource management review. ScienceDirect, 13(2), 257-279. https://doi.org/ https://doi.org/10.1016/S1053-4822(03)00017-2

Sheeran, P., Trafimow, D., & Armitage, C. J. (2003). Predicting behaviour from perceived behavioural control: Tests of the accuracy assumption of the theory of planned behaviour. British Journal of Social Psychology, 42(3), 393–410. https://- doi.org/10.1348/014466603322438224

Solesvik, M. Z. (2013). Entrepreneurial motivations and intentions: Investigating the role of education major. Education and Training, 55(3), 253–271. https://doi.org/ 10.1108/00400911311309314
Published
2022-10-20